8 Makanan Khas Kulon Progo Terpopuler Dengan Rasa Yang Lezat

Beberapa Makanan khas Kulon Progo bisa dijadikan buah tangan. Namun, jangan lupa juga menikmati kelezatan makanan khas yang saya ulas ini.

8 Makanan Khas Kulon Progo Terpopuler Dengan Rasa Yang Lezat

CEROBOH – Dari daerah Gunungkidul, kita beralih ke daerah Kulon Progo. Seperti daerah-daerah lain di Yogyakarta yang penuh dengan pesona wisata alam dan wisata kulinernya, Kulon Progo juga tak kalah menarik.

Apalagi kuliner-kuliner tradisionalnya yang masih terjaga citarasa aslinya. Ini dikarenakan pengolahannya yang masih menjaga ketradisionalan makanan.

Setelah kamu menikmati pantai dan wahana-wahana destinasi wisata di daerah Kulon Progo, tentu perutmu butuh diisi karena lapar.

Nah, kamu bisa mengisi perutmu dengan makanan-makanan khas yang ada di Kulon Progo yang lezatnya tiada tanding.

Lalu, apa saja makanan khas Kulon Progo  yang lezatnya bikin terbayang-bayang?

Berikut ini adalah makanan khas daerah Kulon Progo yang harus kamu coba:

Tempe Benguk Santen Kulon Progo

8 Makanan Khas Kulon Progo Terpopuler Dengan Rasa Yang Lezat
instagram/@ikachandrav

Makanan khas pertama Kulon Progo yang harus kamu coba kelezatannya yaitu tempe bengok. Orang-orang juga menyebutnya dengan nama benguk santen.

Karena citarasa yang luar biasa, benguk santen menjadi makanan yang difavoritkan masyarakat lokal Kulon Progo sendiri. Ukuran benguk santen di daerah Kulon Progo kecil, meski biasanya ukurannya besar-besar.

Gurih dan sedapnya benguk santen yang dihasilkan dari olahan santan kentalnya membuat lidahmu menari-nari. Kamu bisa menemukan benguk santen di pinggir-pinggir jalan menjelang maghrib di ibu-ibu lansia.

Cethot Khas Kulon Progo

8 Makanan Khas Kulon Progo Terpopuler Dengan Rasa Yang Lezat
instagram/@sisilia_revita

Makanan Kulon Progo selanjutnya masih berupa jajanan tradisional. Di daerah lain, makanan ini biasa disebut dengan cenil klanthig.

Cethot dibuat dari bahan utama tepung kanji yang dibentuk bulat lonjong kecil-kecil. Setelah itu direbus dan penyajiannya ditemani dengan parutan klapa yang gurih.

Rasanya manisnya yang khas membuat makanan ini masih digemari masyarakat di banyak tempat. Biasanya cethot dijual bersama dengan makanan khas lain seperti growol dan gathot.

Peyek Undur-undur

8 Makanan Khas Kulon Progo Terpopuler Dengan Rasa Yang Lezat
instagram/@meiliawury

Beralih ke makanan khas Kulon Progo berupa camilan ringan dan renyah. Makanan ini biasa disebut masyarakat dengan nama peyek undur-undur.

Bahan utama peyek undur-undur ini tentunya undur-undur. Biasanya undur-undur didapat dari pantai. Yang dicampur dengan tepung beras dan tepung kanji lalu digoreng.

Kamu bisa menemukan peyek undur-undur di daerah jajaran Pantai Glagah di Kulon Progo. Jangan lupa cobain, ya!

Baca juga: Makanan Khas Gunungkidul

Enting-enting Jahe

8 Makanan Khas Kulon Progo Terpopuler Dengan Rasa Yang Lezat
instagram/@snack_foodies

Enting-enting jahe biasa dibeli oleh para wisatawan untuk dibawa pulang dan dijadikan oleh-oleh buat kerabat di rumah. Sebab, makanan ini mudah ditemukan di pusat oleh-oleh Kulon Progo di pinggir-pinggir jalan.

Enting-enting jahe dibuat dari bahan utama kacang, wijen, kelapa, gula dan vanili. Tak lupa tentunya jahe. Beberapa orang mungkin tak asing lagi dengan enting-enting jahe.

Rasanya yang berpadu antara pedasnya jahe dan manisnya gula membuat kamu ingin terus mencicipinya, deh!

Dawet Sambel Kulon Progo

8 Makanan Khas Kulon Progo Terpopuler Dengan Rasa Yang Lezat
instagram/@kulinerwates

Sudah pernah mendengar makanan dawet sambel belum nih? Kalau belum, sepertinya kamu perlu mencobanya jika kamu berwisata di daerah Yogyakarta.

Dawet sambel merupakan minuman berupa dawet yang dicampur dengan sambal, kecambah dan bawang goreng. Kebayang nggak rasanya? Tentu saja rasanya sangat unik.

Kalau kamu penasaran, kamu bisa mencobanya di daerah Wisata Taman Sungai Mudal, Kulon Progo. Harganya nggak usah ditanya. Murah banget. Hanya 3000 ribu rupiah saja per mangkoknya.

Soto Bathok Wulung

8 Makanan Khas Kulon Progo Terpopuler Dengan Rasa Yang Lezat
instagram/@niaaa.ks_

Tak lengkap rasanya jika suatu daerah tak memiliki makanan khas berupa soto. Nah, di daerah Kulon Progo kamu akan menemukan soto bathok wulung.

Pernah denger nggak? Atau mungkin pernah mencicipinya? Kalau belum, sebaiknya kamu mencobanya juga deh. Makanan khas Kulon Progo yang satu ini wulung bisa dijadikan alternatif brunch.

Yang unik dari soto ini adalah, sesuai namanya soto ini disajikan di dalam mangkik yang terbuat dari cangkang kelapa. Atau disebut dengan bathok. Makanya dinamakan soto bathok.

Harga per porsinya murah kok. Hanya sekitar 5000 rupiah saja kamu sudah bisa menikmati kesegaran soto bathok wulung. Penikmat kuliner sejati akan rugi jika melewatkan soto satu ini.

Growol Khas Kulon Progo

8 Makanan Khas Kulon Progo Terpopuler Dengan Rasa Yang Lezat
instagram/@lunovuma

Kembali lagi ke makanan khas berupa makanan tradisional, yang dibuat dari bahan utama singkong. Growol biasa dijadikan pengganti nasi ketika makan.

Growol memiliki rasa yang khas dan sedap tiada dua. Ini dikarenakan tekstur growol lembut dan nikmat di lidah. Growol biasa dijual dengan harga sekitar 10 ribu-an saja per kilogramnya.

Buat kamu pecinta kuliner, jika mampir ke Kulon Progo jangan lupa cicipi growol, ya!

Lihat juga: Makanan Khas Bantul

Teh Sangrai Kulon Progo

8 Makanan Khas Kulon Progo Terpopuler Dengan Rasa Yang Lezat
instagram/@aromatics_jogja

Makanan khas Kulon Progo yang terakhir ini berupa minuman teh sangrai. Teh sangrai merupakan teh hijau yang sebelum diseduh, teh tersebut disangrai terlebih dahulu. Itulah kenapa teh ini disebut juga teh sangrai.

Setelah disangrai, teh tersebut kemudian diseduh dengan air panas. Aromanya yang khas akan membuat kamu segera menyeruputnya. Sebab rasa legitnya yang kuat membuat pecinta teh sangat menfavoritkan minuman satu ini.

Itulah beberapa makanan khas Kulon Progo yang harus kamu cicipi kelezatannya. Jangan lupa untuk mencoba salah satunya, ya. Selamat berkuliner di Yogyakarta!

BERI KOMENTAR