8 Makanan Khas Kuningan Yang Maknyus dan Populer

Kuliner Kuningan memang banyak banget pilihannya. Supaya nggak bingung, saya buat delapan makanan khas Kuningan yang paling enak rasanya.

8 Makanan Khas Kuningan Yang Mayknyus dan Populer

Ceroboh.com – Pernahkah kamu mendengar Waduk Darma? Jika belum, waduk ini menjadi salah satu pesona alam yang sangat populer di Jawa Barat. Ini baru salah satu pesona alamnya, lho. Belum wisata-wisata menarik lain.

Nah, selain tempat wisatanya yang menarik dan bikin excited, Kuningan juga menyimpan banyak sekali kekayaan kuliner dan makanan khas yang lezat dan akan menggoyang lidahmu.

Jika kamu sedang jalan-jalan di kawasan Kuningan bersama kerabat atau sahabatmu, kamu mungkin bisa mencoba beberapa makanan khasnya.

Lalu, apa saja sih makanan khas dari Kota Kuningan yang akan membuat lidahmu menari-nari?

Nah, inilah makanan khas Kuningan yang akan berhasil membuat lidahmu menari-nari:

1. Ketempling Khas Kuningan

8 Makanan Khas Kuningan Yang Mayknyus dan Populer
foto instagram/@ketempling.ibuumbara

Makanan khas pertama yang mungkin bisa kamu coba kelezatannya yaitu ketempling. Agak aneh ya, dengernya? Namun jangan ragukan kelezatannya.

Ketempling merupakan camilan renyah dari Kuningan yang terbuat dari bahan utama singkong.  Nah, singkong ini nantinya diolah dengan cara direbus, kemudian dibentuk-bentuk menjadi bundar pipih. Lalu dikeringkan dan terakhir digoreng, deh.

Jika kamu berkunjung ke Kuningan, jangan lupa cobain ketempling. Karena ini salah satu makanan favorit para wisatawan.

2. Kwecang Khas Kuningan

8 Makanan Khas Kuningan Yang Mayknyus dan Populer
foto instagram/@buburcaptiger

Makanan khas selanjutnya yang bisa kamu coba dari Kuningan yaitu kwecang. Kwecang masuk dalam kategori makanan khas berupa kue tradisional.

Kwecang dibuat dari bahan utama beras ketan. Nah beras ketan ini nantinya dipadatkan lalu dipadukan dengan air kapur sirih. Bungkusnya yang masih memanfaatkan daun bambu membuat kue kwecang terjaga citarasa tradisionalnya.

Tak beda jauh dengan ketupat, biasanya kwecang dijual per ikat. Nah, kamu bisa mencobanya langsung di Kuningan jika kamu berkunjung ke tempat ini.

Lihat juga: Makanan Khas Majalengka

3. Peuyeum Ketan Khas Kuningan

8 Makanan Khas Kuningan Yang Mayknyus dan Populer
foto instagram/@elsafooddiary

Hayooo siapa yang disini suka banget dengan peuyeum? Bagi kamu para pecinta peuyeum, selain peuyeum singkong kamu juga harus nyobain peyeum ketan dari Kuningan.

Cara pengolahannya, beras ketan putih dikukus lalu didiamkan sejenak sembari diberi bahan fermentasi (ragi). Kadang-kadang agar menarik beras ketan diberi warna hijau atau merah atau kuning.

Setelah ditaburi fermentasi, beras ketan kemudian dibungkus dengan daun jambu. Kadang peyeum ketan dikemas dengan ember kecil di toko-toko khas Kuningan ini. Jangan lupa mampir dan beli, ya!

4. Rujak Kangkung Khas Kuningan

8 Makanan Khas Kuningan Yang Mayknyus dan Populer
foto instagram/@yanticiwang

Bagi kamu yang menyukai rujak-rujakan, mungkin kamu bisa mencoba rujak kangkung khas Kuningan ini. Apalagi kamu juga suka pedas.

Sekali kamu mencobanya, kamu akan ketagihan untuk nyobain lagi. Sebab rasanya yang gurih campur pedas akan membuat lidahmu menari-nari. Ditambah asam jawa yang khas, membuat rujaknya makin terasa segar deh!

Kebetulan lewat Kuningan? Mampirlah dan cobain makanan khas Kota Kuningan satu ini!

5. Nasi Kasreng Khas Kuningan

8 Makanan Khas Kuningan Yang Mayknyus dan Populer
foto instagram/@kuninganfoodies

Masih dengan makanan dari Kuningan berupa kuliner. Nama makanan khasnya yaitu nasi kasreng. Nasi kasreng biasanya terdiri dari nasi, toge, udang rebon, gorengan dan ditamvmbah dengan segarnya lalapan khas Sunda.

Konon, nasi kasreng berasal dari nama seorang wanita yang membuatnya beberapa tahun silam. Namanya Kasrih yang berada di Terminal Luragung Kuningan.

Jika kamu penasaran dengan nasi kasreng, kamu bisa menjumpainya di Pasar Luragung.

6. Jeniper Khas Kuningan

8 Makanan Khas Kuningan Yang Mayknyus dan Populer
foto instagram/@papah.una

Jika mendengar nama makanan jeniper, pasti kamu akan bertanya-tanya. Jeniper ini makanan model kayak gimana, sih?

Nah, dijelaskan dikit ya. Jeniper adalah sejenis minuman yang mirip dengan sirup. Jeniper sendiri merupakan kependekan dari jeruk nipis peras. Nah, biasanya ditambahin gula untuk pemanisnya. Lalu dikemas dalam botol-botol.

Jeniper biasa diburu para wisatawan karena banyak manfaatnya. Untuk sakit tenggorokan atau untuk program diet. Buat kamu yang diet, kamu bisa nih manfaatin jeniper!

7. Tahu Lamping Khas Kuningan

8 Makanan Khas Kuningan Yang Mayknyus dan Populer
foto instagram/@nengindra

Makanan khas Kuningan selanjutnya yaitu berupa tahu lamping. Beberapa orang juga menyebut makanan ini dengan sebutan tahu kopeci. Kata beberapa yang pernah mencicipinya, tahu lamping lebih lezat dari tahu Sumedang yang terkenal di mana-mana.

Lamping sendiri berasal dari nama lokasi yang produksi tahu ini. Yaitu Lamping. Tepatnya berada di pinggiran Gunung Ciremai. Jangan lupa mampir dan beli untuk oleh-oleh, ya!

Baca juga: Makanan Khas Garut

8. Keripik Gadung Khas Kuningan

8 Makanan Khas Kuningan Yang Mayknyus dan Populer
foto instagram/@camilannusantara

Berikutnya kamu bisa mencoba makanan Khas Kuningan berupa camilan ringan. Yaitu kripik gadung. Sesuai dengan namanya, kripik gadung tentu terbuat dari tanaman gadung. Sebab, banyak perkebunan di Kuningan yang menanam tanaman gadung.

Tentu saja pengolahannya harus dengan teknis khusus. Sebab jika sembarangan malah bahaya. Pasalnya tanaman gadung merupakan tanaman beracun.

Kamu bisa menjadikan kripik gadung oleh-oleh untuk kerabat atau temanmu di rumah.

Itulah beberapa makanan khas Kuningan yang bisa kamu cicipi ketika mampir di kota satu ini. Selamat berkuliner, ya!

BERI KOMENTAR