8 Makanan Khas Lamongan Paling Enak dan Populer

Makanan khas Lamongan yang paling terkenal adalah soto lamongan, namun selain itu sebenarnya banyak sekali yang lebih enak, yuk simak!

Makanan Khas Lamongan

CEROBOH.COM – Pernahkah kamu mendengar klub sepakbola bernama Persela? Yups, Persela merupakan klub sepakbola yang berasal dari Lamongan. Salah satu kabupaten di Jawa Timur yang mungkin sebagian besar kita tak merasa asing lagi mendengar namanya.

Tahu nggak sih, kalau di Lamongan kamu akan menemukan berbagai makanan khas yang akan membuat lidahmu ketagihan? Rasa khasnya bahkan bikin kamu terbayang-bayang dan ingin mencicipinya lagi.

Penasaran kan, apa saja makanan khas yang berasal dari Lamongan? Yang tentu saja populer dan bikin ketagihan?

Langsung saja simak yuk, makanan khas Lamongan yang populer dan bikin lidahmu ketagihan ingin mencobanya lagi:

1. Wingko Babat Khas Lamongan

Makanan Khas Lamongan
foto instagram/@wingko_jowo

Makanan khas dari Lamongan pertama yang mungkin bisa kamu coba yaitu wingko babat khas Lamongan. Istilah Wingko berarti camilan yang mudah dibawa kemana-mana. Kemudian Babat sendiri diambil dari nama salah satu daerah di Lamongan.

Wingko babat dibuat dari bahan utama tepung ketan yang dipadukan dengan kelapa parut. Selebihnya diberi bumbu-bumbu khas yang bikin rasa wingko semakin spesial.

Wingko babat sangat cocok untuk kamu jadikan buah tangan untuk kerabat atau teman dekatmu di rumah. Harga satu tas kecil sendiri hanya dibandrol sekitar kurang dari 30 ribu rupiah.

2. Pecel Lele Khas Lamongan

Makanan Khas Lamongan
foto instagram/@the.lucky.belly

Selanjutnya beralih ke makanan khas berupa kuliner lezat. Sepertinya tak ada yang asing lagi dengan makanan lezat satu ini. Saya yakin di sudut-sudut kota, terutama kota besar kamu akan menemukan banyak sekali penjual pecel lele Lamongan.

Pecel lele adalah gorengan ikan lele yang kemudian dimakan ditemani dengan sambal terasi khas dengan bumbu khusus. Akan lebih segar lagi jika disantap dengan lalap seperti daun kemangi, mentimun dan kol.

Biasanya satu porsi pecel lele dibandrol dengan hanya sekitar 20 ribu-an ke bawah. Dengan uang 20 ribu kamu sudah bisa menyantap pecel lele dengan hangatnya nasi yang membuat lidahmu ketagihan!

Baca juga: Makanan Khas Ngawi Terpopuler dan Rasanya Lezat

3. Rawon Khas Lamongan

Makanan Khas Lamongan
foto instagram/@bumbujangkep8

Buat masyarakat yang tinggal di daerah Jawa Barat mungkin makanan bernama rawon ini terdengar asing. Namun, rawon ternyata sangat populer di daerah Jateng dan Jatim.

Nah, Lamongan juga termasuk salah satu daerah di Jatim yang juga memiliki makanan khas berupa rawon. Kuahnya yang hitam pekat berasal dari klueg/kluwak ini membuat rawon menjadi sangat populer di kalangan masyarakat.

Kalau penasaran, buruan langsung cuss deh. Mencoba rawon dari Lamongan yang rasanya akan menggugah selera makanmu.

4. Marning Khas Lamongan

Makanan Khas Lamongan
foto instagram/@saerah.snack

Di beberapa daerah, ada yang menyebut makanan ini dengan nama warning. Buat kamu yang suka nyemil, sebaiknya kamu juga mencoba marning khas Lamongan ini deh.

Marning sendiri dibuat dari jagung yang dikeringkan kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu khas yang akan membuat rasa marning semakin kriuk, gurih dan maknyuss di lidah.

Marning sangat cocok untuk dijadikan buah tangan jika kamu mampir di Lamongan. Jangan lupa cobain, ya!

5. Soto Khas Lamongan

Makanan Khas Lamongan
foto instagram/@luis_widarto

Selain coto Makassar, soto lain yang juga sangat populer di seluruh Indonesia yaitu soto Lamongan.

Yang membuat soto Lamongan berbeda dari yang lain adalah biasanya kuah soto Lamongan lebih berminyak dan berwarna kuning. Pula, bumbu soto Lamongan juga khas dan berbeda dengan soto lain.

Soto Lamongan akan semakin mantap jika disajikan ditemani dengan sate jeroan dan sate telur puyuh. Dijamin akan bikin kamu ketagihan deh!

6. Es Dawet Siwalan Lamongan

Makanan Khas Lamongan
foto instagram/@arumsarikomaladewi

Selanjutnya kamu akan menemukan minuman khas Lamongan berupa es dawet siwalan khas Lamongan. Seperti biasanya, namanya es tentu saja akan semakin segar jika disantap saat matahari sedang panas-panasnya.

Kamu bisa menjumpai es dawet siwalan di pedagang-pedagang pinggir jalan. Harga satu gelas es dawet siwalan juga tak mahal. Hanya sekitar 6 ribu rupiah saja per mangkuknya. Murah, kan?

7. Bandeng Colo Khas Lamongan

Makanan Khas Lamongan
foto instagram/@lamongantourism

Makanan khas Lamongan selanjutnya yaitu bandeng colo. Bandeng colo erupakan sejenis ikan bandeng yang dimassk dengan bumbu sup kuning serta dipadukan beberapa sayuran.

Bandeng Colo merupakan salah satu menu makanan yang sangat terkenal di Kota Lamongan. Makanan ini biasanya dihidangkan bersamaan dengan ikan bandeng, sayuran, serta sup kuning.

Kamu akan ketagihan dengan rasa bandeng colo yang bercampur antada masamnya jeruk nipis dan pedasnya sambal.

Baca juga: Makanan Khas Mojokerto Yang Lezatnya

8. Jumbrek Khas Lamongan

Makanan Khas Lamongan
foto instagram/@indah_yuli

Di beberapa daerah lain, makanan inj dikenal dengan nama dumbeg. Jumbrek sendiri merupakan sejenis camilan kue basah yang terbuat dari tepung beras, santan kelapa dan sekaligus gula merah yang khas.

Kamu bisa menjadikan jumbrek sebagai buah tangan jika kamu mampir ke Lamongan. Jadi, jangan lupa cobain, ya! Demikian beberapa makanan khas Lamonga. yang terke dan bisa bikin nagih. Jangan sampai menyesal karena melewatkannya. Selamat berkuliner!

BERI KOMENTAR