7 Makanan Khas Lumajang Terpopuler dan Lezat

Makanan khas Lumajang sangat beraneka ragam, tentu dengan rasa yang lezat dan menggugah selera. Berikut ini yang paling recommended!

Makanan Khas Lumajang

CEROBOH.COM – Lumajang merupakan salah satu kabupaten yang di Jatim yang berada di antara Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Jember. Tahukah kamu, bahwa Lumajang diberi julukan Kota Pisang?

Kota Lumajang dijuluki Kota Pisang dikarenakan sebagian besar kebutuhan buah pisang yang ada di Jawa diambil dari Kota Lumajang.

Lumajang sendiri memiliki berbagai macam destinasi wisata alam. Seperti misalnya tempat pemandian alami, air terjun dan sebagainya. Selain wisata alam, wisata kuliner Lumajang juga tak kalah menarik. Kelezatannya bahkan bisa bikin kamu ketagihan untuk mencicipinya lagi.

Nah, penasaran dengan makanan khas dari Lumajang yang akan membuatmu ketagihan buat mencicipinya lagi?

Yuk simak beberapa makanan khas Lumajang yang terkenal dan akan membuatmu ketagihan untuk mencicipinya lagi:

1. Bledus Khas Lumajang

Makanan Khas Lumajang
foto instagram/@liendhamuii

Makanan khas pertama dari Lumajang yang wajib kamu cicipi kelezatannya yaitu bledus. Bledus sendiri masuk dalam kategori camilan berat.

Bledus dibuat dari bahan dasar jagung tua yang sudah dipisah dari bonggolnya. Selanjutnya jagung dikukus empuk sembari ditaburi garam agar terasa gurih.

Lalu setelah matang bledus disajikan bersama dengan kelapa parut. Jika kamu mampir Lumajang, ada baiknya kamu mencicipi bledus. Kamu bisa menemukan bledus di pasar-pasar tradisional Lumajang.

2. Kue Lupis Khas Lumajang

Makanan Khas Lumajang
foto instagram/@nekusingaperi

Berikutnya kamu akan menemukan salah satu kue tradisional lezat dari Lumajang. Kue lupis dibuat dari bahan utama ketan. Nah, ketan tersebut kemudian dikukus lalu dihaluskan.

Biasanya kue lupis disajikan dengan ditemani maknyusnya saus gula merah dan juga gurihnya parutan kelapa.

Jika kamu penasaran kamu bisa langsung cuss mendatangi Jalan Panglima Besar Soedirman No. 51 Lumajang. Eitsss, tapi harus datang awal sebelum kehabisan!

Lihat juga: Makanan Khas Kediri Terpopuler Dan Rasanya Lezat

3. Pecel Godong Telo Khas Lumajang

Makanan Khas Lumajang
foto instagram/@pecelpincukgodong

Mau tahu rasanya pecel sengan bahan dasar ubi (telo)? Kuliner satu ini sangat cocok buatmu.

Jika biasanya pecel dibuat dari berbagai sayuran seperti taoge, kangkung dan juga kacang panjang. Maka pecel telo dibuat dari bahan dasar daun ubi jalar, jantung pisang, daun genjer dan juga semanggi.

Gizi yang terkandung dalam pecel telo juga tak kalah tinggi karena variasi jenis bahannya. Nah, kalau mampir Lumajang jangan lupa cobain pecel telo, ya!

4. Tape Pisang Khas Lumajang

Makanan Khas Lumajang
foto instagram/@toyibaturrochmah

Seperti yang telah kita ketahui, Lumajang merupakan kota penyuplai pisang terbesar si Pula Jawa. Jadi tak heran kalau makanan khas Lumajang pun, dibuat dari bahan utama pisang.

Termasuk makanan khas satu ini. Jika biasanya tape dibuat dari singkong atau ketan, tape satu ini dibuat dari bahan utama pisang. Tak heran kalau tekstur lembutnya terasa maknyus di mulut.

Jika kamu penasan kamu bisa mendatangi kawasan Kalibendo Pasirian. Di sini kamu akan menemukan tape pisang yang enak!

5. Latok Khas Lumajang

Makanan Khas Lumajang
foto instagram/@latokampang

Latok masuk dalam kategori makanan khas berupa camilan berat. Semacam kue basah yang memiliki rasa manis dan gurih serta bertekstur kenyal.

Agar menarik perhatian, ketika diolah latok diberi berbagai variasi warna. Jadi tak salah jika banyak yang tergoda dengan tampilannya. Apalagi setelah ditaburi kelapa parut di atasnya. Makin mantap deh pokoknya!

Jika kamu mampir Lumajang tapi tak mencicipi latok, kamu akan menyesal loh!

6. Lontong Petis Khas Lumajang

Makanan Khas Lumajang
foto instagram/@nadyabenzema

Makanan khas Lumajang selanjutnya yaitu lontong petis. Lontong petis sendiri merupakan sajian lontong yang dipadu dengan tempe, tahu, ayam dan sayuran yang kemudian disiram dengan kuah kacang yang telah dicampur dengan petis.

Rasa khas dari petis yang terkandung di dalam bumbu kacangnya menghasilkan rasa gurih dan pedas yang khas.

Jadi tak heran jika banyak para pelancong dari luar kota untuk mampir dan mencicipi lontong petis yang bikin nagih!

Baca juga: Makanan Khas Jepara Terenak Dan Banyak Dicari Wisatawan

7. Keripik Pisang Khas Lumajang

Makanan Khas Lumajang
foto instagram/@caesar_azumi

Selain diolah menjadi tape, pisang di Lumajang juga diolah menjadi keripik pisang. JIka mampir Lumajang, akan kurang kalau tak mencicipi lezatnya keripik pisang.

Kamu bisa menemukan keripik pisang di toko-toko pusat oleh-oleh khas Lumajang. Jangan lupa mampir dan beli, ya!

Demikian beberapa makanan khas Lumajang yang akan membuat lidahmu ketagihan. Jadi jangan sampai menyesal karena melewatkannya begitu saja. Selamat berkuliner!

BERI KOMENTAR