Makanan Khas Madiun

8 Makanan Khas Madiun Terpopuler dan Lezat

Makanan khas Madiun rasanya lezat-lezat, kamu bisa mencicipi beberapa diantaranya. Berikut ini kuliner khas yang paling populer dan enak.
Total
0
Shares

Makanan khas Madiun rasanya lezat-lezat, kamu bisa mencicipi beberapa diantaranya. Berikut ini kuliner khas yang paling populer dan enak.

Makanan Khas Madiun

CEROBOH.COM – Masih membahas seputar berbagai aneka jenis makanan khas yang ada di Provinsi Jawa Timur. Nah, kali ini saya akan mencoba mengulas mengenai sebuah kabupaten bernama Kabupaten Madiun.

Pasti kamu sudah tidak asing lagi, dengan nama makanan khas dari Madiun yaitu Pecel Madiun? Kelezatan dan kekhasan pecel Madiun ternyata mampu membuat para wisatawan sangat menfavoritkan hidangan ini.

Namun selain pecel Madiun, ternyata masih banyak makanan unik dan bikin lidahmu bergetar jika kamu berkuliner di kota satu ini.

Lalu, apa saja sih makanan khas dari Madiun yang terkenal dan bikin kamu ketagihan?

Inilah ulasan saya mengenai beberapa makanan khas Madiun yang terkenal dan akan bikin kamu ketagihan:

1. Madumongso Khas Madiun

Makanan Khas Madiun
foto instagram/@

Makanan pertama yang mungkin bisa kamu nikmati kelezatannya ini berupa camilan legit nan manis. Jadi cocok sekali kalau dijadikan buah tangan untuk orang rumah.

Madumongo dibuat dari bahan utama ketan hitam yang difermentasikan menjadi tape. Selanjutnya fermentasi ketan diolah bersama gula dan santan hingga membentuk adonan kenyal mirip dodol.

Madumongso sendiri merupakan sejenis jenang kalau di daerah Jateng, dan seringnya akan bisa dijumpai ketika hari raya tiba. Namun kamu juga bisa membelinya di toko pusat oleh-oleh yang tersebar di Kota Madiun.

2. Nasi Jotos Khas Madiun

Makanan Khas Madiun
foto instagram/@madiunlantai2

Selanjutnya kamu akan menjumpai makanan khas berupa nasi jotos. Memang sih, kuliner Madiun ini tak seterkenal nasi pecel yang melegenda tersebut.

Namun ternyata nasi jotos juga banyak diburu oleh para wisatawan maupun masyarakat lokal sendiri.

Nasi ini disebut dengan nasi jotos dikarenakan bentuk bungkusan nasinya mirip dengan kepalan tangan. Maka disebutlah nasi jotos.

Baca juga: Makanan Khas Purwakarta

3. Pecel Khas Madiun

Makanan Khas Madiun
foto instagram/@pecelrasarumah

Seperti yang telah dijelaskan di awal sekilas, tentu saja hampir semua mengenal kuliner legend dari Madiun satu ini. Yaitu pecel khas Madiun.

Yang membuat pecel madiun berbeda dari pecel lain yaitu, jika pecel daerah lain menggunakan lauk rempeyek. Maka di Madiun lauk yang digunakan yaitu kerupuk lempeng puli (di daerah Jateng banyak yang menyebut krupuk gendar)

Cara penyajian pecel Madiun yang memanfaatkan wadah pincuk daun pisang membuat citarasa nasi pecelnya masih terjaga.

4. Bluder Cokro Khas Madiun

Makanan Khas Madiun
foto instagram/@sarwokotiti

Makanan khas Madiun selanjutnya yaitu bluder cokro. Mungkin sebagian masih asing dengan istilah namanya.

Jadi, bluder cokro ini merupakan sejenis roti uang bertekstur lembut dan maknyus di mulut. Cara pembuatannya yang masih tradisional dan tidak memanfaatkan pengawet membuat bluder cokro ini menyehatkan.

Bluder cokro bisa kamu jadikan buah tangan yang bisa kamu bawa pulang untuk orang rumah. Seperti kerabat, keluarga dan tetangga.

5. Lontong Tahu Telur Madiun

Makanan Khas Madiun
foto instagram/@

Kuliner-kuliner dari Madiun memang sederhana. Namun kelezatannya tak kalah jauh dengan kuliner khas daerah lain yang terlihat mewah-mewah.

Nah, kuliner Madiun selanjutnya yaitu lontong tahu telur. Sesuai dengan namanya, lontong tahu telur terdiri dari potongan lontong yang dipadu dengan telur serta tahu.

Selanjutnya sajian siap disiram dengan sambal pecel (sambal kacang) dan diberi topping daun bawang dan bawang goreng. Lezat sambal kacangnya bikin lidahmu ketagihan deh!

6. Soto Kutilang Khas Madiun

Makanan Khas Madiun
foto instagram/@sam_kuliner

Sepertinya memang kurang lengkap jika suatu daerah tak memiliki makanan khas berupa soto kutilang. Tak terkecuali daerah Madiun.

Soto dari Madiun ini biasa disebut dengan soto kutilang. Soto kutilang memiliki kuah segar dengan bumbu khas yang tak ada di daerah lain.

Jika kamu penasaran kamu bisa mendatangi Soto Ayam Kampung Bu Topo.

7. Wedang Cemoe Khas Madiun

Makanan Khas Madiun
foto instagram/@fitri.sanuk

Berikutnya bukan berupa  makanan khas Madiun. Namun minuman khas Madiun. Nah, kali ini kamu akan menjumpai minuman berupa wedang cemoe.

Di beberapa daerah, ada yang menyebutnya wedang ronde atau sekoteng. Biasanya wedang cemoe terdiri dari potongan roti tawar,gorengan kacang tanah  dan juga dipadu dengan gurihnya kelapa.

Wedang cemoe sangat cocok dinikmati ketika malam hari. Atau mungkin ketika sedang hujan. Hangatnya wedang cemoe akan membuat tenggorokanmu terasa segar kembali.

Lihat juga: Makanan Khas Pacitan Terlezat

8. Lempeng Puli Khas Madiun

Makanan Khas Madiun
foto instagram/@ine.purnama01

Makanan khas selanjutnya lebih kepada camilan ringan yang bisa dijadikan lauk makan. Namanya lempeng puli khas Madiun.

Lempeng puli sendiri merupakan kerupuk yang terbuat dari nasi yang dicampur dengan bleng.

Setelah itu digilas tipis-tipis menyerupai kerupuk dan terakhir digoreng hingga kriuk. Di beberapa daerah lempeng puli sendiri biasa disebut dengan krupuk gendar.

Demikian makanan khas Madiun yang terkenal dan bikin nagih. Jangan lupa mencicipinya, ya. Selamat berkuliner!

4.9/5 - (8 votes)
Leave a Reply
You May Also Like