8 Makanan Khas Magelang, Cocok Dijadikan Buah Tangan

Main ke Magelang rasanya kurang afdol jika tidak membawa dodol, eh maksudnya kurang afdol jika tidak membawa oleh-oleh. Kamu bisa membawa makanan khas Magelang ini untuk dijadikan oleh-oleh.

Ceroboh.com – Halo cer! Sudah jalan-jalan dan mencoba makanan khas mana aja nih? Pastinya sudah banyak, ya! Nah, kali ini Saya akan membahas tentang satu kota yang ada di Jawa Tengah yang terkenal karena di kota ini ada salah satu keajaiban dunia, yaitu Candi Borobudur.

Yups! Kota tersebut adalah Kota Magelang. Kota Magelang merupakan jantung ibukota dari Kabupaten Magelang. Kota ini juga tidak terlalu luas karena hanya berkisar sekitar 20 kilometer.

Selain kota ini memiliki banyak sekali wisata yang akan memanjakan diri untuk melepas penat dari runititasmu sejenak, di sini juga banyak sekali makanan khas yang juga akan memanjakan lidahmu.

Karena selain kota ini dijuluki Kota Santri, Kota Magelang juga dijuluki Kota Gethuk karena ia terkenal sekali dengan makanan gethuknya yang akan membuat lidahmu menari-nari.

Berikut ini adalah makanan khas Magelang yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke kota ini:

Wajik Salaman Khas Magelang

Wajik Salaman Makanan Khas Magelang
Wajik Salaman Yang Enak

Wajik merupakan satu makanan tradisional berupa jajan pasar yang bahan utamanya terbuat dari ketan. Jadi ketannya nanti diolah menjadi sebuah makanan yang memiliki rasa legit dan bertekstur lembut jika sudah berada di mulut.

Dan tentu saja ini termasuk makanan sehat karena bahan pemanis dan bahan pewarnanya juga menggunakan bahan yang alami bukan bahan yang berbahaya.

Untuk bisa merasakan kelezatan jajanan tradisional Magelang satu ini, kamu bisa berkunjung di tempat wajik yang sudah populer dengan citarasanya di Magelang yaitu Wajik Salaman.

Wajik Salaman berada di kawasan Jalan Raya Salaman yang berada di Magelang kotanya. Jangan sampai menyesal karena tidak mencicipi makanan ini sebab keburu pulang duluan, ya. Rugi nanti. Hehehe ….

Baca juga: Makanan Khas Kendal

Geblek Makanan Khas Magelang

Geblek Adalah Makanan Khas Magelang
Geblek Disajikan Di Alam

Terdengar aneh dan negatif ya, makanan satu ini? Hehehe …. Tapi jangan salah, loh. Meskipun terdengar aneh dan bermakna negatif, makanan satu ini banyak sekali penggemarnya. Rasanya yang sangat khas dan unik tentu yang membuatnya menjadi sebuah makanan ikonik yang ada di kota Magelang.

Bahkan juga, jika kamu sekali mencicipi pasti kamu ingin terus mencicipinya lagi dan lagi karena nagih. Harganyapun tidak mahal, kok. Namanya makanan tradisional mah terjangkau pastinya. Buat kamu yang pengen nyobain, segera cobain sebelum menyesal karena pulang duluan.

Gethuk Trio Khas Magelang

Gethuk Trio Dari Magelang
Gethuk Trio Varian Rasa

Nah, ini nih makanan khas satu ini nih yang sangat wajib kamu coba kalau kamu berkunjung ke Kota Magelang. Karena julukannya saja sudah kota gethuk.

Tentu tidak afdhol dong, kalau pergi ke kota gethuk tapi tidak membawa oleh-oleh makanan khas berupa gethuk.Bagi kamu yang tidak tahu apa itu gethuk, gethuk merupakan makanan khas tradisional yang berbahan dasar singkong.

Konon, pada masa Indonesia orde lama, gethuk dibungkus di dalam besek. Gethuk yang sangat terkenal dan populer di Magelang adalah gethuk trio yang dirintis oleh Ibu Setiawitidi.  Untuk masalah citarasa, gethuk trio memiliki citarasa yang sangat legit dan bertekstur lembut di mulut.

Tapi sayangnya, karena gethuk trio tidak diberi pengawet supaya tetap terjaga kelezatannya, gethuk trio hanya bertahan hingga dua hari saja. buat kamu yang sekarang berkunjung ke Magelang, jangan lupa beli gethuk makanan ikonik satu ini!

Baca Juga : Makanan Khas Kudus

Tape Muntilan Khas Magelang

Tape Muntilan Makanan Khas Dari Magelang
Tape Muntilan Berwarna Hijau

Untuk menemukan makanan khas Magelang satu ini sebenarnya tidak sulit. Pasalnya, tape muntilan banyak ditemukan di banyak tempat yang tersebar di Magelang kota karena semakin hari produsen tape muntilan semakin bertambah banyak.

Jadi tidak perlu keroyokan dengan wisatawan lain untuk membeli tape muntilan ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah atau bisa jadi teman dekat.

Tape muntilan disebut juga tape ketan. Nah, untuk tape muntilan dari Magelang sendiri, tape muntilan dibungkus dengan dua jenis bungkusan. Biasanya dimasukkan pada stoples dengan berat sekitar 1 kilogram dan yang kedua yaitu dibungkus di dalam plastik yang biasanya muat setengah kilogram.

Potil Makanan Khas Magelang

Buat kamu yang belum mengetahui apa itu potil, potil merupakan jenis camilan dari Magelang yang bahan dasarnya sama dengan gethuk yaitu singkong. Bedanya potil diolah dengan citarasa yang gurih dan renyah yang kemudian orang-orang jadi menjadikannya sebagai lauk teman nasi.

Untuk masalah harga, tentu saja masih terjangkau. So, buat kamu yang sekarang sedang berkunjung ke Magelang, jangan lupa memasukkan potil dalam list oleh-oleh untuk dibawa sepulang dari kota Magelang.

Gethuk Bolen Khas Magelang

Gethuk Bolen Oleh-oleh Khas Magelang
Oleh-oleh Gethuk Bolen

Seperti halnya potil, gethuk trio dan makanan khas lain, kami rekomendasikan gethuk boleh ini kamu masukkan ke dalam list oleh-oleh yang wajib kamu bawa pulang nantinya.

Gethuk boleh merupakan gabungan dari gethuk yang dicampur dengan puff pastry yang melapisi gethuk tersebut. kalau puff pastry biasanya di dalamnya berisi pisang, maka untuk gethuk boleh ini diisi dengan gethuk. Kamu bisa banget menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh buat keluarga dan kerabat di rumah.

Lihat Juga : Makanan Khas Pati

Gula Kacang Khas Magelang

Gula Kacang Khas Magelang
Gula Kacang Asli Magelang

Di sebagian daerah di Magelang menyebut makanan gula kacang ini dengan sebutan ampyang. Buat kamu yang suka sekali dengan makanan manis nan legit, kamu bisa banget mencoba makanan ini.

Grubi Makanan Khas Magelang

Grubi Makanan Khas Kabupaten Magelang
Grubi Khas Magelang

Grubi merupakan makanan tradsional dari Magelang yang bahan utamanya terbuat dari ubi jalar.

Jadi, ubi jalar yang telah dikukus kemudian dihancurkan dan dbentuk seperti bola-bola yang adonannya dicampur dengan gula jawa. Kamu bisa menemukan grubi di banyak tempat yang tesebar di Magelang terutama di pusat oleh-oleh Magelang.

Itulah beberapa makanan khas Magelang yang tidak boleh kamu lewatkan kalau kamu berkunjung di daerah Jawa Tengah. Semoga bisa menjadi pengetahuan buat kamu yang sedang mencoba makanan khas daerah. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

BERI KOMENTAR