8 Makanan Khas Magetan Terlezat Dan Paling Digemari

Makanan khas Magetan memiliki cita rasa yang khas, sehingga ketika kamu main ke kota ini, akan sayang sekali jika tidak mencicipi kuliner khasnya.

Makanan Khas Magetan

CEROBOH.COM – Masih membahas wilayah Jawa Timur, kali ini saya akan mencoba mengulas sedikit mengenai Kota Magetan. Hayooo, tahu nggak letak Magetan di sebelah mana?

Nah. Magetan merupakan satu kabupaten kecil yang berada di lereng Gunung Lawu. Jadi tak heran jika di kota ini menawarkan udara yang sejuk, alam yang indah dan minim polusi udara. Magetan sendiri masuk dalam daerah ekskarisidenan Madiun.

Buat kamu yang sengaja berkunjung dan berwisata ke Magetan, ada baiknya kamu tahu informasi mengenai makanan khas serta kuliner endues. Yang tentu saja akan membuat lidahmu ketagihan untuk mencobanya lagi.

Penasaran kan, makanan khas apa saja yang bisa kamu cicipi ketika kamu berkunjung atau sekadar mampir di Magetan?

Yuk simak beberapa makanan khas Magetan yang terkenal dan tentunya bikin kamu nagih:

1. Tepo Tahu Khas Magetan

Makanan Khas Magetan
foto instagram/@sang_pensiunan

Buat kamu yang sekarang sedang berwisata di kawasan Magetan, ada baiknya kamu mencoba kuliner berupa tepo tahu khas Magetan. Tahu tidak apa itu tepo tahu?

Jika dilihat selayang pandang, tepo tahu mirio dengan lontong tahu khas Blora Jateng. Terdiri dari irisan lontong  dan tahu yang dipadu dengan sayuran kangkung, kubis, taoge dan lain-lain tentunya akan membuat rasanya semakin segar.

Setelah semua disajikan, tepo tahu kemudian disiram dengan sambal kacang yang rasa khasnya tak bisa ditemukan di daerah lain.

2. Getuk Lindri Khas Magetan

Makanan Khas Magetan
foto instagram/@dapur_keriting

Selanjutnya kamu akan menemukan makanan khas berupa getuk lindri. Getuk lindri dibuat dari bahan utama singkong yang dikukus lalu dibentuk-bentuk dan diberi warna agar menarik. Supaya semakin maknyus getuk lindri diberi topping berupa parutan kelapa yang gurih.

Jika kamu penasaran, kamu bisa berkunjung ke toko Getuk Diana yang beralamat di Jalan Timor Magetan.

Dijamin deh, kamu akan terbayang dengan kelezatan getuk lindri!

Lihat juga: Makanan Khas Lamongan Paling Enak

3. Jerangking Khas Magetan

Makanan Khas Magetan
foto instagram/@tezar07

Mungkin bagi sebagian besar masyarakat, nama jerangking masih terdengar asing di telinga. Namun, makanan khas berupa krupuk ini ternyata sangat populer di masyarakat lokal Magetan.

Jerangking dibuat dari bahan dasar beras ketan yang diolah sedemikian rupa menjadi krupuk lezat, kriuk dan gurih tak terkira.

Kamu bisa menjadikan jerangking sebagai buah tangan untuk kerabat dan teman dekatmu di rumah. Dijamin mereka akan senang deh!

4. Sate Kelinci Khas Magetan

Makanan Khas Magetan
foto instagram/@sate_kelinci_kumandang

Mungkin di beberapa daerah sate kelinci memang sudah menjadi sate yang biasa saja. Namun, tentu saja sate kelinci Magetan memiliki citarasa tradisional yang khas dan tak bisa ditemukan di daerah lain.

Sate kelinci khas Magetan biasanya disajikan bersama dengan irisan lontong dan juga sambal pecel yang endeus.

Bahkan dibanding dengan sate ayam atau sate kambing, sate kelinci dari Magetan ini menghasilkan rasa yang kenyal dan gurih bercampur menjadi satu.

5. Manisan Kulit Jeruk Pamelo

Makanan Khas Magetan
foto instagram/@emaklyfe_

Beralih ke makanan khas Magetan yang bisa dijadikan buah tangan. Kali ini kamu akan menemukan manisan yang terbuat dari kulit jeruk pamelo.

Rasa manisannya yang segar dipadu dengan manis asam, membuat makanan dari Magetan ini juga banyak digemari para wisatawan.

Kamu bisa menjadikan manisan ini sebagai buah tangan untuk orang-orang rumah.

6. Ayam Panggang Gandu

Makanan Khas Magetan
foto instagram/@kim_garry

Kuliner khas Magetan selanjutnya yaitu ayam panggang gandu. Gandu sendiri berasal dari sebuah desa di Magetan yang menjadi pusat ayam panggang. Desa Gandu.

Banyak dari penduduk Desa Gandu yang memroduksi ayam panggang. Pengolahan ayam panggang gandu juga masih menggunakan pengolahan yang tradisional. Yaitu dengan meletakkan ayam di tungku tanah liat.

Dan tentunya bahan bakar yang dimanfaatkan yaitu kayu bakar. Jadi tak heran jika citarasanya masih sangat terasa khas.

7. Sate Jamur Khas Magetan

Makanan Khas Magetan
foto instagram/@mirnadwiyanti

Jika di beberapa daerah kamu akan menemukan sate ayam atau sate kambing, kali ini di Magetan kamu akan menemukan sate dengan bahan dasar jamur.

Tak jauh berbeda, bumbu sate jamur menggunakan bumbu kacang seperti bumbu sate ayam. Aromanya yang khas membuat sate jamur semakin mantap untuk dikonsumsi.

Kalau mampir Magetan jangan lupa nyobain sate jamur, ya!

Baca juga: Makanan Khas Ngawi Terpopuler

8. Jenang Candi Khas Magetan

Makanan Khas Magetan
foto instagram/@tienkorniadi

Last but not least, makanan dari Magetan berikutnya berupa jenang candi khas Magetan. Candi sendiri berasal dari desa tempat jenang ini diproduksi. Yaitu Desa Candi.

Jenang candi dibuat dari bahan utama tepung ketan yang dicampur dengan santan dan gula. Yang bikin makin mantap, jenang candi dibuat dengan proses hingga 8 jam loh.

Jadi tak salah jika jenang candi sangat lezat dan masih terasa citarasa tradisionalnya. Jangan lupa untuk beli jenang candi kalau mampir Magetan, ya!

Demikian beberapa makanan khas Magetan yang terkenal di kalangan masyarakat. Jangan sampai menyesal karena melewatkannya. Selamat berkuliner!

BERI KOMENTAR