8 Makanan Khas Mojokerto Yang Lezatnya Tiada Tara

Ketika kamu main ke Mojokerto, maka akan disuguhkan dengan makanan khas mojokerto yang lezatnya tiada tara. Kira-kira apa saja?

Makanan Khas Mojokerto

CEROBOH.COM – Masih membahas mengenai makanan khas yang ada di kawasan Jawa Timur, kali ini saya akan mencoba mengulas mengenai makanan khas yang ada di satu daerah di Jawa Timur yang kini sedang berkembang pesat.

Apalagi kini Mojokerto mulai membangun banyak tempat wisata. Baik wisata alam ataupun wisata sejarah. Jadi Mojokerto sangat cocok dan recommended untuk dijadikan destinasi wisata. Termasuk dalam berwisata kuliner.

Faktanya, Mojokerto sendiri memiliki kekayaan kuliner tradisional yang khas dan tentu saja akan sangat menggodamu untuk segera mencicipinya.

Ingin tahu kan, apa saja makanan tradisional khas dari Mojokerto yang terkenal dan tentunya akan membuat lidahmu menari-hari?

Langsung saja inilah ulasan mengenai beberapa makanan khas Mojokerto yang terkenal dan populer di kalangan masyarakat:

1. Botok Tempe Khas Mojokerto

Makanan Khas Mojokerto
foro instagram/@dafiids

Makanan khas pertama yang perlu kamu coba cicipi kelezatannya ketika berwisata ke Mojokerto yaitu botok tempe khas Mojokerto. Tahu nggak sih, makanan ini sangat populer di kalangan masyarkat?

Botok tempe sendiri dibuat dari parutan kelapa yang dicampur tempe dan diberi bumbu botok khas dari Mojokerto sendiri.

Kadang agar semakin terasa lengkap dan maknyus, botok tempe ditambahkan teri dan udang di dalamnya. Jika kamu mampir ke Mojokerto jangan lupa untuk nyobain kelezatan botok tempe ya!

2. Gulai Menthok Khas Mojokerto

Makanan Khas Mojokerto
foro instagram/@resep_mamigaluh

Selanjutnya kamu akan menjumpai makanan khas yang diolah dari menthok. Di beberapa daerah, masyarakat menyebutnya enthok atau itik serati.

Gulai menthok diolah dengan bahan-bahan bumbu khas yang berbeda dengan daerah lain. Sehingga, gulai menthok menghasilkan citarasa yang lezat dan bikin nagih.

Tak salah jika gulai menthok sering diburu oleh para wisatawan yang berkunjung ke Mojokerto. Harga gulai menthok di Mojokerto hanya dibandrol sekitar 10 ribu saja satu porsinya. Terjangkau, kan?

Baca juga: Makanan Khas Lumajang Terpopuler dan Lezat

3. Onde-onde Khas Mojokerto

Makanan Khas Mojokerto
foro instagram/@mojoculiner_ncraft

Beralih ke makanan khas berupa jajajan tradisional. Tahukah kamu apa itu onde-onde? Mungkin sebagian dari kamu tak asing lagi dengan makanan populer di Indonesia ini.

Onde-onde dibuat dari dari tepung ketan yang dibentuk bulat-bulat yang kemudian di dalamnya beri isian berbagai macam variasi. Kalau di Mojokerto onde-onde diisi dengan isian berupa kacang hijau.Luatnya kemudian ditaburi dengan wijen.

Nah, sebenarnya onde-onde sendiri merupakan jajajan tradisional yang berasal dari Mojokerto. Kamu bisa menemukan onde-onde Mojokerto di Onde-onde Bu Liem yang sudah legend. Tepatnya berada di Jalan Empu Nala No. 43 Mojokerto.

4. Sate Keong Khas Mojokerto

Makanan Khas Mojokerto
foro instagram/@dolanwareg

Mungkin sate kambing atau sapi ayam sudah biasa. Namun di Mojokerto kamu akan menemukan sate khas yang dibuat dari keong. Hal ini dikarenakan, di Mojokerto banyak sekali ditemukan keong di persawahan.

Cara mengolah sate keong, biasanya keong direbus terlebih dahulu hingga matang. Setelah itu keong baru dilepaskan dari cangkangnya.

Selanjutnya keong ditusuk dengan tusukan berupa lidi. Terakhir dibakar dengan dilumuri bumbu sate keong yang khas.

5. Es Cendol Asli Mojokerto

Makanan Khas Mojokerto
foro instagram/@mimidoll_mimicendoll

Selanjutnya beralih ke yang segar-segar, ya. Nah, kali ini kamu akan menemukan es cendol asli dari Mojokerto.

Konon, es cendol asli Mojokerto sudah dikenal sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu loh. Tak salah jika minuman cendol ini menjadi minuman legendaris yang sangat populer.

6. Krupuk Upil Khas Mojokerto

Makanan Khas Mojokerto
foro instagram/@produkunggulandaerah

Pernahkah kamu mendengar nama krupuk upil? Atau mungkin baru pertama kali ini mendengarnya?

Well. Krupuk upil merupakan ini bukan terbuat dari upil loh ya. Krupuk upil sendiri digoreng tak menggunakan minyak goreng namun menggunakan pasir. Jadi buat yang diet lemak tak perlu khawatir dengan kandungan minyaknya.

Krupuk upil biasanya diberi variasi warna-warna seperti merah, kuning putih dan warna lain agar terlihat menarik.

7. Sambel Wader Khas Mojokerto

Makanan Khas Mojokerto
foro instagram/@kulinermojo

Berlanjut dengan makanan khas Mojokerto berupa sambel wader. Sesuai namanya, sambel wader merupakan sambel yang dipadukan dengan ikan wader. Sejenis ikan air tawar yang ditemukan di sungai-sungai.

Proses pembuatan sambel wader mudah kok. Cukup campur dan goreng bahan sambal dengan ikan wader.

Setelah digoreng selanjutnya dihaluskan. Biasanya sambel wader dimakan bersama dengan nasi hangat. Pedas dan gurihnya sungguh akan membuatmu ketagihan deh!

Lihat juga: Makanan Khas Kediri Terpopuler Dan Rasanya Lezat

8. Krupuk Rambak Khas Mojokerto

Selain krupuk upil, di Mojokerto kamu juga akan menemukan krupuk rambak. Rambak sendiri merupakan kulit sapi yang sudah dikeringkan.

Namun karena semakin mahalnya kulit sapi, ada beberapa krupuk rambak yang dibuat dari ikan, ketela pohon ataupun udang.

Krupuk rambak sangat cocok kamu jadikan oleh-oleh kalau kamu berkunjung ke Mojokerto.

Nah, demikianlah beberapa makanan khas Mojokerto yang terkenal dan akan membuat lidahmu merasa ketagihan. Selamat berkuliner!

BERI KOMENTAR