8 Makanan Khas Nganjuk Yang Populer Dan Bisa Bikin Ketagihan

Makanan khas Nganjuk banyak sekali ragamnya. Berikut ini saya rangkum menjadi delapan kuliner khas Nganjuk yang paling enak dan populer.

Makanan Khas Nganjuk Yang Populer Dan Bisa Bikin Ketagihan

CEROBOH – Tahukah kamu bahwa Indonesia memiliki beragam kekayaan kuliner yang lezat. Ditambah dengan citarasa yang ketradisionalannya yang masih terjaga, menjadikan kuliner Indonesia semakin banyak penggemarnya.

Tak terkecuali kuliner yang ada di daerah Nganjuk. Salah satu kabupaten yang berada di Jawa Timur. Nganjuk memiliki berbagai makanan khas yang unik-unik dan tentu saja bikin kamu ketagihan.

Penasaran, apa saja kuliner khas Nganjuk yang paling populer dan memiliki rasa yang lezat?

Inilah 8 makanan khas Nganjuk yang populer dan akan membuat lidahmu ketagihan:

1. Dumbleg Khas Nganjuk

Makanan Khas Nganjuk Yang Populer Dan Bisa Bikin Ketagihan
foto instagram/@cecilia_inge

Makanan khas dari Nganjuk pertama berupa camilan berat yaitu dumbleg. Dumbleg sendiri dibuat dari tepung ketan yang dipadukan dengan gula jawa dan santan kelapa.

Cara memasaknya yang masih tradisional membuat citarasa dumbleg masih terjaga kekhasan keunikannya. Rasa legit yang bercampur manis terasa maknyus di lidah.

Kamu bisa menemukan dumbleg di Pasar Gondang di Nganjuk.

2. Nasi Becek Khas Nganjuk

Makanan Khas Nganjuk Yang Populer Dan Bisa Bikin Ketagihan
foto instagram/@nganjukfoodhunter

Berikutnya kamu akan menemukan makanan khas dari Nganjuk berupa nasi becek. Memang nama makanan ini agak terdengar aneh di beberapa telinga.

Namun tahukah kamu bahwa kelezatan nasi becek menjadikan para wisatawan banyak yang memburu nasi becek?

Jika dilihat sekilas, nasi becek tak jauh berbeda dengan kari kambing. Namun justru isi yang digunakan justru hampir sama dengan soto babat. Bisa dikatakan sih, sego becek adalah perpaduan antara soto babat dengan kari kambing.

Lihat juga: Kuliner Khas Bogor

3. Asem-asem Kambing Nganjuk

Makanan Khas Nganjuk Yang Populer Dan Bisa Bikin Ketagihan
foto instagram/@liakenz

Masih dengan makanan khas dari Nganjuk yang berbahan dasar daging kambing. Selanjutnya kamu akan menjumpai kuliner lezat berupa asem-asem kambing.

Asem-asem kambing diolah dengan cara daging kambing dipotong-potong kecil. Kemudian dimasak dengan kuah yang sudah diberi rempah khas seperti bawang merah bawang putih, cabai, daun kedondong, asam, lengkuas dan tomat yang bikin asem-asem semakin segar.

Asem-asem kambing cocok dimakan untuk lunch atau makan siang ditemani dengan es teh yang segar.

4. Nasi Tumpang Khas Nganjuk

Makanan Khas Nganjuk Yang Populer Dan Bisa Bikin Ketagihan
foto instagram/@she__nal

Makanan khas Nganjuk berupa nasi tumpang ini memang ada juga di beberapa daerah di Jawa Timur. Misalnya saja kediri, Nganjuk atau mungkin Kertosono.

Tumpang sendiri merupakan tempe yang difermentasi selama kurang lebih tiga harian. Nah, nasi tumpang berarti nasi yang disiram dengan kuah sambal tumpang.

Biasanya nasi tumpang dilengkapi dengan sayuran sebagaimana sayuran yang ada di nasi pecel. Seperti kangkung, kacang panjang atau mungkin tauge. Lezat sekali pokoknya!

5. Sate Kenul Khas Nganjuk

Makanan Khas Nganjuk Yang Populer Dan Bisa Bikin Ketagihan
foto instagram/@nizza_co

Sate kenul sendiri sebenarnya adalah sate yang dibuat dari daging kambing. Namun, yang membuat sate kenul khas dan unik di Nganjuk ini yaitu, bumbu yang dipakai bukan bumbu kacang ataupun bumbu bawang yang dicampur kecap.

Namun sate kenul disajikan bersama dengan bumbu kelapa yang diparut, gula pasir dan ditambah cabe.

Tambahan lain dari penyajian sate kenul yaitu biasanya sate ini disiram dengan sayur usik yang berisi potongan tulang dengan rempah yang khas. Seger pokoke rek!

6. Krupuk Pecel Khas Nganjuk

Makanan Khas Nganjuk Yang Populer Dan Bisa Bikin Ketagihan
foto instagram/@amandawati

Kuliner khas Nganjuk selanjutnya yaitu krupuk pecel. Krupuk pecel ini merupakan kuliner Nganjuk yang diburu banyak orang. Baik wisatawan luar kota ataupun masyarakat lokal sendiri.

Sebenarnya kamu juga bisa menemukan makanan sejenis ini di beberapa daerah di Jatim. Seperti Madiun atau Kediri.

Yang khas dari krupuk pecel Nganjuk yaitu biasanya dicampur dengan rebung atau bamboo muda yang dirajang. Jangan tanya rasa. Mantap sekali pokoknya!

Baca juga: Kuliner Khas Malang

7. Onde-onde Ketawa Nganjuk

Makanan Khas Nganjuk Yang Populer Dan Bisa Bikin Ketagihan
foto instagram/@official_ayam_gpux

Selanjutnya kamu akan menemukan jajanan dari Nganjuk berupa onde-onde. Lebih tepatnya onde-onde Nganjuk. Nah, jika onde-onde di daerah lain diisi dengan kacang hijau namun di daerah Nganjuk onde-onde ketawa ini tak memiliki isian.

Teksturnya pun tidak kenyal seperti onde-onde pada umumnya. Onde-onde ketawa terasa lebih renyah. Dan bentuknya pun mekrok atau mengembang, tidak bulat.

8. Nasi Jagung Sedudo Nganjuk

Makanan Khas Nganjuk Yang Populer Dan Bisa Bikin Ketagihan
foto instagram/@wah_ayuni90

Terakhir makanan khas Nganjuk ini berupa nasi jagung sedudo. Nah jagung sedudo biasanya disajikan dengan wadah pincuk yang menggunakan daun pisang. Selanjutnya nasi jagung dipadukan dengan sayuran, sambal kelapa hingga renyahnya rempeyek.

Nasi jagung enak disantap saat hangat dalam keadaan dingin. Kamu bisa menemukan nasi jagung sedudo di warung-warung yang tersebar di kawasan Nganjuk.

Itulah beberapa ulasan mengenai kuliner khas Nganjuk yang populer dan kelezatannya tiada banding. Selamat berkuliner!

Tulisan lainnya: Tempat Wisata di Nganjuk

BERI KOMENTAR