8 Makanan Khas Ngawi Terpopuler dan Rasanya Lezat

Banyak sekali makanan khas Ngawi yang bisa kamu cicipi, baik dari makanan ringan, hingga makanan berat sebagai obat rasa lapar.

Makanan Khas Ngawi Terpopuler

CEROBOH – Masih membahas mengenai wilayah-wilayah ada di Jawa Timur, ya. Kali ini saya akan mencoba mengulas mengenai satu daerah Jatim bernama Kabupaten Ngawi.

Selain destinasi wisata alamnya yang seru-seru, ternyata Ngawi juga memiliki destinasi wisata kuliner yang populer dan tentu kelezatannya akan membuat lidahmu bergetar.

Lalu sebenarnya, apa saja sih makanan khas dari Ngawi yang populer dan lezatnya bisa bikin lidahmu bergetar?

Langsung saja simak beberapa makanan khas Ngawi yang tentunya lezat dan bikin lidahmu bergetar dan menari-nari:

1. Wedang Cemue Khas Ngawi

Makanan Khas Ngawi
foto instagram/@daneshken

Di beberapa daerah, wedang cemue biasa disebut dengan wedang ronde atau sekoteng. Jadi, wedang cemue ini sangat cocok jika diseruput ketika hawa dingin hujan.

Jika kamu mampir ke Ngawi dan malas makan kuliner berat seperti nasi, kamu bisa menjadikan wedang cemue sebagai alternatif pengganti nasi.

Sebab di dalam wedang cemue terdapat roti yang bisa bikin kamu kenyang. Apalagi ditambah hangatnya jahe dan segarnya susu, dijamin deh makin membuatmu kenyang sekaligus terasa hangat di badan.

2. Kripik Tempe Khas Ngawi

Makanan Khas Ngawi Terpopuler
foto instagram/@kripiktempenabilah

Berikutnya kamu akan menjumpai makanan khas camilan ringan berupa kripik tempe khas Ngawi. Sesuai dengan namanya, tentu saja kripik tempe ini dibuat dari bahan utama tempe.

Citarasa kripik tempe tentunya gurih bercampur kriuk yang bikin ketagihan. Cocok sekali deh, dimakan ketika sore hari bersama teman-teman sembari ngobrol ringan.

Kripik tempe Ngawi sangat cocok buat kamu jadikan buah tangan untuk para kerabat dan tetanggamu di rumah.

Baca juga: Makanan Khas Mojokerto Yang Lezatnya Tiada Tara

3. Sate Ayam Ngawi

Makanan Khas Ngawi
foto instagram/@ppknr_kab.ngawi

Selanjutnya adalah makanan khas berupa kuliner sate ayam. Memang sih, di tiap daerah kamu akan menemukan penjual sate ayam di mana-mana.

Namun, tentu saja setiap daerah memiliki ciri khas sate ayam asal daerahnya masing-masing. Tak terkecuali sate ayam Ngawi. Nah, kekhasan sate ayam Ngawi biasanya tak menggunakan banyak kecap. Berbeda dengan Madura yang justru sebaliknya.

Buat kamu yang sedang berwisata di Ngawi, jangan lupa cobain sate ayam Ngawi, ya. Dijamin rasanya endeus dan bikin kamu ketagihan!

4. Dodol Jambu Khas Ngawi

Makanan Khas Ngawi Terpopuler
foto instagram/@dodol_nonaeva

Sesuai dengan namanya, dodol jambu dibuat dari bahan dasar jambu. Lebih tepatnya jambu merah. Biasanya dodol jambu ini dikemas di dalam kemasan berupa besek bambu.

Dodol jambu awalnya diproduksi di sebuah desa bernama Desa Hargomulyo Ngawi. Jadi, di desa tersebut kamu akan menemukan banyak penjual dodol jambu.

Harga yang ditawarkan tak mahal kok. Hanya mulai 6 ribu-an saja. Jadi terjangkau buat semua tingkat masyarakat.

5. Lethok Khas Ngawi

Makanan Khas Ngawi Terpopuler
foto instagram/@umifidh

Makanan khas Ngawi selanjutnya yaitu lenthok. Di daerah-daerah tertentu, ada yang menyebut lenthok ini dengan sebutan sambal tumpang.

Kelezatannya yang bikin lidah bergoyang, menjadikan kuliner khas satu ini banyak diburu masyarakat. Baik masyarakat lokal ataupun wisatawan yang datang dari luar Kota Ngawi.

Lenthok diolah dengan bumbu-bumbu khas semakin membuat kelezatan lenthok naik bertingkat-tingkat. Jadi, kalau mampir jangan lupa cobain ya!

6. Nasi Pecel Khas Ngawi

Makanan Khas Ngawi Terpopuler
foto instagram/@geomnrlz

Di beberapa daerah di Jawa Timur, kamu mungkin tak asing lagi dengan makanan khas berupa nasi pecel. Hanya saja, setiap daerah memiliki ciri khas rasa yang berbeda-beda.

Untuk pecel yang berada di daerah Ngawi, wadah yang dipakai yaitu dengan memanfaatkan daun pisang yang dibentuk segitiga. Lalu, sambal pecelnya yang lebih halus membuat pecel Ngawi lebih khas dari pecel di daerah lain.

Jangan sampai rugi karena melewatkan pecel Ngawi. Sebab, citarasa ketradisionalan pecel masih sangat terasa.

7. Ledre Khas Ngawi

Makanan Khas Ngawi Terpopuler
foto instagram/@thoric.idn

Beralih kembali ke makanan khas Ngawi berupa buah tangan yang bisa dibawa pulang ke rumah. Kali ini kamu akan menjumpai ledre khas Ngawi.

Meski ledre terkenal berasal dari daerah Bojonegoro, namun tetap saja ledre yang berasal dari Ngawi memiliki kecirikhasan yang tak ditemukan pada ledre Bojonegoro.

Ledre sangat cocok disantap ketika sore hari sembari menikmati hangatnya teh atau kopi. Mantap dan maknyus sekali deh pokoknya!

Lihat juga: Makanan Khas Lumajang Terpopuler dan Lezat

8. Tepo Tahu Khas Ngawi

Makanan Khas Ngawi
foto instagram/@wijayanto.andi

Jika dipandang sekilas, tepo tahu mirip dengan lontong sambel dari daerah Blora Jaw Tengah. Hanya saja bentuk dari tepo tahu beda dan teksturnya sendiri lebih lembut.

Biasanya tepo tahu dari Ngawi disajikan nersama dengan kuah yang berbahan dasar kecap, asam jawa dan rempah lain yang membuatnya semakin gurih.

Kamu bisa menemukan penjual tepo tahu di berbagai daerah di Ngawi dengan harga yang terjangkau. Jangan lupa mampir dan cicipi ya!

Nah, itulah beberapa makanan khas Ngawi yang populer dan sangat digemari para wisatawan. Jangan sampai menyesal karena melewatkannya. Selamat berkuliner!

BERI KOMENTAR