8 Makanan Khas Pacitan Terlezat dan Banyak Dibeli

Makanan khas Pacitan sudah terkenal dengan kelezatannya yang bisa bikin ketagihan. Berikut ini merupakan kuliner Pacitan yang banyak dibeli wisatawan.

Makanan Khas Pacitan

CEROBOH.COM – Apakah sekarang kamu sedang berkunjung atau berwisata di daerah Jawa Timur? Kalau iya, sebaiknya kamu juga mampir ke Pacitan deh!

Selain terkenal dengan pantainya yang indah, Pacitan juga memiliki banyak kekayaan wisata kuliner yang tentunya akan membuatmu ketagihan untuk mencicipinya lagi.

Kamu bisa memilih berbagai makanan khas Kota Pacitan. Baik dalam bentuk kuliner maupun makanan yang bisa dijadikan buah tangan untuk orang-orang rumah.

Nggak perlu lama-lama deh. Penasaran kan, makanan khas apa saja yang bisa kamu cicipi ketika kamu berkunjung ke Pacitan?

Yuk simak beberapa makanan khas Pacitan yang terkenal dan akan membuatmu mencoba kelezatannya lagi dan lagi:

1. Rengginang Khas Pacitan

Makanan Khas Pacitan
Foto instagram/@mayandajayafood

Makanan khas pertama dari Pacitan yang mungkin bisa kamu coba kelezatannya yaitu rengginang. Tentu kamu tak asing lagi, kan dengan makanan satu ini?

Rasa yang dihasilkan rengginang khas Pacitan ini lebih ke gurih yang bercampur dengan manis. Proses pembuatannya pun masih dengan cara tradisional.

Jadi kamu tak menemukan pengawet terkandung dalam rengginang ini. Sehingga rengginang sangat aman untuk dikonsumsi. Tertarik dengan rengginang? Mampir cicipi dong!

2. Punten Khas Pacitan

Makanan Khas Pacitan
Foto instagram/@kabarepacitan

Selanjutnya kamu akan menemukan makanan khas berupa kuliner lezat. Nama makanannya yaitu punten khas Pacitan.

Punten sendiri terbuat dari bahan utama beras dan santan yang kemudian ditumbuk hingga halus. Berbicara tekstur, punten mirip dengan lontong atau ketupat. Hanya saja punten berbentuk kotak.

Jika kamu mampir Pacitan dan bingung mau nyobain kuliner apa, mungkin punten cocok untuk mengganjal perutmu.

Baca juga: Makanan Khas Magetan

3. Tahu Ikan Tuna Khas Pacitan

Makanan Khas Pacitan
Foto instagram/@rumahcakevinonino

Selanjutnya, beralih ke camilan-camilan berat. Nah, tahu ikan tuna merupakan makanan khas yang sepertinya wajib sekali kamu coba.

Soalnya kurang lengkap, jika berkunjung ke Pacitan namun tak mencicipi tahu ikan tuna. Karena, citarasa dari tahu ikan tuna ini gurih, empuk di mulut dan bikin pengen nyicipi terus terusan deh!

Kamu bisa menemukan tahu ikan tuna di Tahu Tuna Pak Ran di Jl. WR. Supratman No.08, Kriyan, Sidoharjo, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

4. Sego Gobyos Khas Pacitan

Makanan Khas Pacitan
Foto instagram/@wiraswastika

Sesuai dengan namanya yang unik ini, sego gobyos memiliki rasa yang superpedas. Jadi ketika menyantapnya akan bikin kamu gobyos-gobyos.

Sego gobyos sendiri merupakan nasi yang dihidangkan dengan sayur daun kenikir dan juga ditambah lauk lain seperti tempe bacem kerupuk hingga opor ayam.

Setelah semua bahan tersebut tersaji, kemudian disiram dengan kuah pedas dengan bumbu khas yang akan bikin lidahmu menari-nari.

5. Sale Anggur Khas Pacitan

Makanan Khas Pacitan
Foto instagram/@pujiyanto8

Makanan khas Pacitan selanjutnya yaitu sale anggur. Sale anggur sangat cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan untuk kamu bawa pulang kerumah.

Jangan salah, ya. Meskipun bernama sale anggur, tapi bahan dasar yang digunakan untuk mengolah sale anggur tetap pisang manis. Bentuknya saja yang mirip dengan anggur.

Jika kamu mampir Pacitan, ada baiknya kamu mencicipinya. Soalnya nyesel kalau nggak mencicipi. Lezatnya badass sekali!

6. Soto Khas Pacitan

Makanan Khas Pacitan
Foto instagram/@wiraswastika

Selain soto Lamongan, soto lain yang mendunia yaitu soto Pacitan. Di hampir seluruh kota di Indonesia kamu akan menemukan soto khas Pacitan.

Yang khas dari soto Pacitan yaitu, jika di daerah lain soto terdiri dari suwir daging ayam serta kuah bening, soto Pacitan ditambah dengan bahan kacang goreng, kecambah dan juga seledri.

Jika kamu mampir Pacitan, menikmati soto Pacitan untuk mengganjal perut lapar sangat recommended.

7. Sego Godong Jati

Makanan Khas Pacitan
Foto instagram/@listyfood

Sego godong merupakan makanan khas yang dulunya hanya disajikan ketika seorang mengadakan hajatan saja. Namun seiring berjalannya waktu, sego godong jati dijual dan bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional.

Sesuai dengan namanya, tentu sego godong jati ini disajikan dengan wadah menggunakan daun jati (godong jati).

Sego godong jati terdiri dari tumis tempe, urap, serundeng dan ditambah dengan peyek ikan asin. Lezat banget pokoknya!

Lihat juga: Makanan Khas Lamongan

8. Jadah Bakar Khas Pacitan

Makanan Khas Pacitan
Foto instagram/@mamamterus4

Seperti halnya gorengan, jadah bakar sangat cocok dinikmati di sore hari ketika hujan. Dengan ditemani secangkir kopi hangat, jadah bakar yang baru matang akan semakin mantap.

Citarasa yang dihasilkan jadah bakar berpadu antara rasa gurih dari kelapanya dengan manis campuran dari gula.

Nah, itulah beberapa makanan khas Pacitan yang akan membuat lidahmu ketagihan. Jangan lupa untuk mencicipi satu atau dua makanan khasnya ya!

BERI KOMENTAR