8 Makanan Khas Pamekasan Yang Paling Lezat dan Populer

Makanan khas Pamekasan ada banyak pilihannya. Pada tulisan ini saya rangkum menjadi delapan kuliner khas Pamekasan yang banyak diminati.

Makanan Khas Pamekasan Yang Paling Lezat dan Populer

CEROBOH – Mungkin bagi sebagian dari kamu daerah Pamekasan agak terdengar kurang familiar di telinga. Sebab, salah satu kabupaten di Jawa Timur ini tak seterkenal Malang, atau mungkin Surabaya.

Pamekasan sendiri adalah satu kabupaten yang ada di daerah Pulau Madura. Dan tahukah kamu bahwa Pamekasan ini ternyata memiliki banyak sekali kekayaan makanan khas yang unik dan menarik?

Penasaran kan, apa saja kuliner khas Pamekasan yang populer dan bikin kamu pingin nyoba lagi dan lagi?

Inilah 8 makanan khas Pamekasan yang populer dan bisa bikin kamu ketagihan:

1. Sate Lalat Khas Pamekasan

Makanan Khas Pamekasan Yang Paling Lezat dan Populer
foto instagram/@plasa.cake

Makanan khas dari Pamekasan yang pertama musti kamu coba yaitu sate lalat. Eits! Jangan dulu jijik mendengar namanya, ya.

Sebab, meskipun namanya adalah sate lalat, bahan dasar yang digunakan nggak menggunakan sate lalat, kok. Nama sate lalat digunakan dalam penyebutannya dikarenakan ukuran sate lalat ini kecil-kecil bak lalat.

Seperti sate pada umumnya, sate lalat dibuat dari daging ayam ataupun daging kambing. Jika kamu penasaran, kamu bisa berkunjung di Sate Lalat Pak Ento di kawasan Sae Salera, Jl. Niaga, RW 03, Barurambat Kota Pamekasan.

2. Nasi Jajan Khas Pamekasan

Makanan Khas Pamekasan Yang Paling Lezat dan Populer
foto instagram/@pecelmadiunpameksan

Berikutnya kamu akan menjumpai kuliner Pamekasan bernama nasi jajan. Jika dilihat selayang pandang, nasi jajan lebih mirip dengan nasi campur.

Komposisi nasi jajan di di antaranya terdiri dari daging, telur kuah petis, acar, sambal dan tak lupa daging dendeng serundeng. Selanjutnya nasi jajan dibungkus dengan cara tradisional menggunakan daun pisang.

Jadi tak heran kalau citarasa khasnya masih terjaga. Nasi jajan akan lebih lezat disantap ketika pagi hari untuk menu sarapan.

Baca juga: Makanan Khas Nganjuk

3. Keripik Tette Khas Pamekasan

Makanan Khas Pamekasan Yang Paling Lezat dan Populer
foto instagram/@camilan_aslimadura

Beralih ke makanan khas berupa keripik tette. Nah, keripik tette ini dibuat dari bahan dasar singkong yang dikukus dan ditumbuk.

Tumbukan singkong tersebut kemudian dibentuk menjadi pipih dan tipis layaknya kerupuk.

Selanjutnya singkong pipih dikeringkan dan terakhir digoreng hingga terasa renyah. Keripik tempe biasa dimakan ditemani dengan sambal petis ikan tuna. Yang juga merupakan sambal khas dari Pamekasan.

4. Rujak Tajin Khas Pamekasan

Makanan Khas Pamekasan Yang Paling Lezat dan Populer
foto instagram/@olipe_story

Istilah tajin di daerah Madura sebenarnya berarti bubur. Rujak tajin artinya bubur yang dipadu dengan sayuran rujak.

Pengolahan rujak tajin pertama-tama beras dimasak dengan dicampur santan hingga lunak. Setelah lunak, bubur ditambah irisan daun bawang dan garam.

Seperti rujak-rujak lain di Madura, bumbu khas yang digunakan tentunya adalah petis ikan tuna yang dicampur dengan cabe rawit, gula dan garam. Untuk sayurnya biasanya ditambahkan tauge dan potongan tomat.

5. Soto Lorjuk Khas Pamekasan

Makanan Khas Pamekasan Yang Paling Lezat dan Populer
foto instagram/@dianesayank

Makanan khas Pamekasan selanjutnya yaitu kuliner soto lorjuk. Lorjuk sendiri dalam istilah Madura berarti karang laut bercangkang yang memiliki ukuran tubuh sekitar 3 cm.

Soto lorjuk Pamekasan disajikan bersama dengan lontong. Untuk sayurnya, lorjuk menggunakan kecambah rebus. Bahan lainnya menggunakan mihun. Lalu, soto lorjuk semakin krenyes ketika dipadu remahan rempeyek.

Untuk menikmati soto lorjuk, kamu bisa mendatangi Campur Lorjuk Bu Hamidah di kawasan Sawah, Majungan Pademawu.

6. Nasi Kotep Khas Pamekasan

Makanan Khas Pamekasan Yang Paling Lezat dan Populer
ksmtour.com

Nasi kotep masuk dalam kategori kuliner legendaris di Pemekasan. Sebab, ternyata nasi kotep sudah ada sejak 55 tahun yang lalu, loh!

Nasi kotep ini sebenarnya merupakan perpaduan antara beras dengan ketan. Sehingga gabungan dua nasi ini menjadikannya tidak pulen dan tidak ambyar.

Nasi kotep biasanya disajikan bersama dengan aneka lauk seperti daging sapi, rempelo ati dan sebagainya. Lezatnya nasi kotep membuat nasi ini digemari banyak sekali wisatawan.

7. Petis Ikan Khas Pamekasan

Makanan Khas Pamekasan Yang Paling Lezat dan Populer
foto instagram/@hasbuna_foods

Seperti yang pernah disinggung pada poin ketiga, petis merupakan makanan khas berupa kuah ikan yang sudah diolah kembali menjadi sedemikian rupa.

Biasanya petis ikan ini dicampurkan dengan rujak, dimakan bersama kerupuk dan dicampur ke masakan khas Pamekasan lain.

Banyak juga loh ternyata yang menggemari petis satu ini.

Lihat juga: Makanan Khas Bogor

8. Kacang Lorjuk Khas Pamekasan

Makanan Khas Pamekasan Yang Paling Lezat dan Populer
foto instagram/@whestyputri

Kuliner khas Pamekasan terakhir yang saya rekomendasikan kali ini berupa oleh-oleh. Yaitu kacang lorjuk.

Kacang lorjuk sendiri memiliki bentuk kecil dan terasa renyah berpadu gurih. Apalagi ditambah dengan lorjuk, kerang bambu ini, membuat kacang lorjuk semakin kriuk dan sedap.

Kamu bisa menjadikan kacang lorjuk sebagai oleh-oleh untuk orang rumah. Baik itu kerabat, tetangga atau mungkin teman dekatmu.

Demikian mmakanan khas Pamekasan yang populer dan memiliki citarasa yang sedap. Jangan lupa mencicipinya, ya. Selamat berkuliner!

BERI KOMENTAR