8 Makanan Khas Pangandaran Terpopuler dan Lezat

Makanan khas Pangandaran biasanya tak jauh dari makanan laut, alias ikan-ikanan. Nah, berikut ini kuliner Pangandar yang paling lezat.

Makanan Khas Pangandaran

CEROBOH.COM – Kini kita beralih ke Kota Pangandaran. Pangandaran merupakan sebuah kota di Jawa Barat yang terkenal dengan pesona pantainya. Bahkan hampir setiap weekend Pangandaran menjadi tempat kunjungan travelling para wisatawan.

Ketika liburan sekolah tiba, banyak anak-anak sekolah yang datang dari seluruh penjuru Indonesia untuk menikmati birunya pantai selatan di Pangandaran.

Selain berburu indahnya pantai di Pangandaran, para pengunjung tentunya juga berburu makanan khasnya juga, dong. Baik makanan khas berupa wisata kuliner, atau makanan khas berupa oleh-oleh yang bisa dibawa pulang ke rumah.

Coba tebak! Kira-kira apa saja ya makanan khas Pangandaran yang lezat sekaligus terkenal?

 Yuk simak beberapa makanan khas dari Pangandaran yang lezat dan paling terkenal:

1. Sate Galunggung Khas Pangandaran

Makanan Khas Pangandaran
Foto dari Instagram/@pangandaran_eatery

Makanan khas pertama yang bisa kamu cicipi kelezatannya yaitu sate galunggung. Meski Pangandaran terkenal dengan kelezatan seafoodnya, ternyata ada kuliner pangandaran berupa sate loh.

Sebenarnya istilah galunggung ini nama sebuah warung sate. Namun seiring waktu, nama ini dijadikan istilah nama sate. Tak hanya satu jenis daging, sate galunggung memiliki tiga jenis varian sate. Mulai dari sate kambing, sate ayam ataupun ikan.

Sate galunggung disajikan bersama dengan bumbu-bumbu khas yang akan membuat lidahmu ketagihan. Kamu bisa menjumpai sate galunggung di Rumah Makan Sate Galunggung di daerah Pananjang Pangandaran.

2. Pindang Gunung Khas Pangandaran

Makanan Khas Pangandaran
Foto dari Instagram/@pangandarankulineri

Selanjutnya kamu akan menemukan makanan Pangandaran berupa pindang gunung. Nah, pindang gunung ini semacam sup ikan yang diberi kuah dengan bumbu khas Sunda.

Biasanya ikan yang diolah pindang gunung adalah ikan kakap. Sebab tekstur dagingnya yang kenyal dan tebal sekaligus tak menguarkan baru anyir, membuat ikan ini cocok untuk diolah menjadi hidangan pindang gunung.

Banyak wisatawan luar kota yang berburu lezatnya pindang gunung karena kekhasan citarasanya. Satu porsi pindang gunung biasanya dibandrol dengan harga sekitar 15 ribu-an.

Baca juga: Makanan Khas Tuban Paling Enak 

3. Dawet Dawala Khas Pangandaran

Makanan Khas Pangandaran
Foto dari Instagram/@dawetdawala

Beralih ke minuman khas Pangandaran. Kali ini kamu akan menjumpai segarnya dawet  dawala khas Pangandaran. Dawet ini berasal dari bahan utama cincau.

Nah, biasanya dawet dawala disajikan bersama dengan gula aren dan santan. Segarnya dawet dawala sangat cocok jika disantap siang-siang ketika matahari sedang terik-teriknya.

Jangan sampai melewatkan dawet dawala, ya. Jika kamu travelling ke Pangandaran.

4. Kepiting Soka Krispi

Makanan Khas Pangandaran
Foto dari Instagram/@the_angry_crab

Makanan khas Pangandaran berikutnya kamu akan menjumpai makanan laut berupa kepiting soka krispi. Jadi, kamu tak perlu takut lagi dengan tajamnya cangkang kepiting.

Sebab, jika sudah diolah menjadi kepiting soka krispi, tentu saja rasa cangkangnya menjadi renyah di mulut. Kamu bisa menjadikan kepiting soka krispi sebagai oleh-oleh untuk orang rumah.

Harga yang dibandrol untuk satu kilogram soka krispi biasanya berkisar sekitar 80 ribu rupiah.

5. Ikan Asin Jambal Roti

Makanan Khas Pangandaran
Foto dari Instagram/

Makanan khas Kota Pangandaran yang bisa kamu jadikan oleh-oleh selanjutnya yaitu ikan asin jambal roti. Buat para penggila ikan asin, tentu saja ikan asin satu ini sudah tak asing lagi di telinga mereka.

Apalagi proses pengolahannya hanya dikeringkan, lalu diawetkan dengan hanya ditaburi garam saja.

Beberapa orang menjuluki jambal roti dengan si raja ikan asin. Sebab, jambal roti adalah ikan paling besar jika dibandingkan dengan ikan asin jenis lain.

Biasanya harga ikan asin ini dipatok rata-rata sebesar 140 ribuan per kilogramnya.

6. Soto Khas Pangandaran

Makanan Khas Pangandaran
Foto dari Instagram/@dolphinzagoan

Tak lengkap rasanya ya, jika satu daerah di Indonesia tak memiliki makanan khas berupa soto. Tak terkecuali soto Pangandaran ini.

Setiap daerah memiliki ciri kekhasan soto tersendiri. Nah, kekhasan dari soto Pangandaran ini, kuahnya tak berwarna putih, bening atau kuning. Namun berwarna merah jambu (pink). Warna ini berasal dari warna pink kerupuk yang dicampurkan ke dalam soto tersebut.

Kamu bisa menjumpai soto Pangandaran di pantai barat Pangandaran. Dijamin deh, kesegaran kuah serta kegurihan rasanya akan membuat lidahmu ketagihan!

7.Seafood Khas Pangandaran

Foto dari Instagram/@yunitamagdalena2

Makanan khas Pangandaran selanjutnya adalah seafood khas Pangandaran. Kita tahu bukan, kota ini adalah kota di Jawa Barat yang dekat dengan pantai. Jadi, sepertinya akan kurang sempurna jika tak mencicipi kelezatan seafoodnya.

Banyak variasi dan berbagai macam seafood yang bisa kamu jumpai di Pangandaran. Harganya yang dibandrol pun paling rendah hanya berkisar 15 ribu-an saja. Dan kamu bisa memilih sesuai seleramu.

Jika kamu kebetulan sedang berlibur ke Pangandaran, jangan lupa cobain seafoodnya, ya!

Lihat juga: Makanan Khas Pasuruan Paling Enak

8. Noga Kelapa Aroma Jahe

Makanan Khas Pangandaran
Foto dari Instagram/@maya.a.p

Noga kelapa aroma jahe merupakan makanan khas dari Pangandaran yang dibuat dari bahan utama kelapa. Nah, kelapa ini nantinya diolah dengan cara diparut kasar.

Selanjutnya kelapa akan dicampur dengan jahe dan gula merah. Nah, kamu bisa menjadikan noga kelapa sebagai alternatif oleh-oleh jika kamu tak suka dengan seafoondnya.

Demikian beberapa makanan khas Pangandaran  yang populer dan terkenal. Selamat berkuliner!

BERI KOMENTAR