Makanan Khas Pasuruan

8 Makanan Khas Pasuruan Paling Enak Dan Terkenal

Makanan khas Pasuruan banyak aneka ragamnya, berikut ini beberapa kuliner khas yang wajib kamu nikmati kelezatan rasanya.
Total
0
Shares

Makanan khas Pasuruan banyak aneka ragamnya, berikut ini beberapa kuliner khas yang wajib kamu nikmati kelezatan rasanya.

Makanan Khas Pasuruan

CEROBOH.COM – Masih membahas seputar daerah yang berada di Jawa Timur. Kali ini saya akan mencoba mengulas mengenai salah satu kabupaten bernama Pasuruan. Pernah denger nama Pasuruan, kan?

Nah, jika kamu berkunjung ke Pasuruan, kamu akan menemukan berbagai macam makanan khas yang lezat. Hal ini dikarenakan, makanan dari Pasuruan memiliki citarasa yang khas dan tentunya akan membuatmu ketagihan untuk mencicipi kembali

Penasaran kan, apa saja makanan khas dari Pasuruan yang populer dan membuatmu ketagihan untuk mencicipinya lagi?

Tak perlu lama-lama. Langsung saja yuk simak beberapa makanan khas Pasuruan yang populer dan bikin lidahmu ketagihan:

1. Lontong Balap Khas Pasuruan

Makanan Khas Pasuruan Paling Enak
foto dari instagram/@andreemiraja

Makanan Pasuruan yang pertama yang mungkin bisa kamu coba yaitu lontong balap khas Pasuruan.

Lontong balap Pasuruan disajikan dengan diiris kecil-kecil. Selanjutnya lontong disiram dengan kuah kuning yang berbumbu khusus. Mulai dari jeruk purut, bawang putih hingga kunyit.

Buat kamu pecinta rasa pedas, kamu bisa menambahkan cabe rawit. Segar dan gurihnya kuah lontong dijamin bikin lidahmu menari-nari!

2. Klepon Khas Pasuruan

Makanan Khas Pasuruan
foto dari instagram/@myfood_gallery18

Beralih ke makanan khas berupa klepon. Bagi sebagian besar orang mungkin sudah tak asing lagi dengan jajanan klepon. Biasanya klepon dibuat dari tepung beras ketan yang dibentuk menjadi bulat-bulat kecil.

Selanjutnya klepon diisi dengan gula merah dan direbus hingga matang. Terakhir, klepon disajikan dengan ditaburi parutan kelapa yang menciptakan citasa gurih tersendiri.

Tekstur klepon yang kenyal dengan isian gula merah di dalamnya, dijamin bikin kamu ketagihan untuk mencobanya lagi dan lagi deh. Lumer pokoknya!

Baca juga: Makanan Khas Madiun Terpopuler dan Lezat

3. Rawon Sate Komoh Pasuruan

Makanan Khas Pasuruan
foto dari instagram/@dhaniculinary

Makanan selanjutnya yaitu rawon sate komoh. Rawon sate komoh sendiri merupakan rawon dari Pasuruan yang disajikan dengan sate komoh.

Sate komoh dibuat dari daging sapi yang sudah dibumbui khusus. Biasanya rawon satw komoh disajikan bersama dengan toge dan irisan bawang. Kalau pengen pedes bisa ditambahkan sambal cabe.

Rawon sate komoh sangat nikmat disantap dalam keadaan masih hangat dan nasi hangat. Ditambah lauk krupuk undang, tentu bikin rasa rawon semakin endeus di mulut.

4. Kupang Kraton Khas Pasuruan

Makanan Khas Pasuruan Paling Enak
foto dari instagram/@kriselanggraeni

Mungkin bagi sebagian orang, kupang kraton masih terdengar asing di telinga mereka. Namun, siapa sangka makanan khas Pasuruan satu ini memiliki citarasa yang lezat.

Kupang kraton sendiri merupakan makanan yang dibuat dari kerang. Selanjutnya kerang dicampur dengan bumbu khusus seperti petis, jeruk nipis, bawang putih, lontong dan irisan lento. Jika ingin pedas bisa ditambahkan cabe rawit.

Jika kamu penasaran kamu bisa langsung mendatangi kawasan Jalan Ir. Juanda Pasuruan di sekitar Pasar Keraton.

5. Botok Tempe Khas Pasuruan

Makanan Khas Pasuruan
foto dari instagram/@fitarohmana

Sesuai dengan namanya, botok tempe tentunya botok yang terbuat dari tempe. Botok tempe Pasuruan biasanya diolah dengan cara membumbui tempe dengan rempah-rempah khusus.

Selanjutnya botok tempe dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Nah, karena inilah botok tempe masih terjaga citarasa tradisionalnya.

Seiring waktu, botok tempe kini memiliki banyak variasi rasa. Mulai dari rasa teri lamtoro, kerang, daun pisanh hingga udang. Penasaran? Langsung saja datang ke Pasuruan.

6. Nasi Punel Khas Pasuruan

Makanan Khas Pasuruan Paling Terkenal
foto dari instagram/@aini_noors

Makanan khas Pasuruan selanjutnya berupa kuliner mengenyangkan. Yaitu nasi punel. Dinamakan nasi punel dikarenakan nasi yang disajikan berupa nasi yang lembek, seperti nasi liwet.

Nasi punel biasa disajikan bersama dengan aneka macam sayuran atau lauk pauk. Mulai dari sambal kacang panjang, tahu, tempe, sayur nangka hinhga usus dan paru-paru.

Jika kamu penasaran, kamu bisa mendatangi penjual nasi punel yang tersebar di berbagai tempat seperti warung makan-warung makan yang ada di daerah Bangil, Pasuruan.

7. Cenil Khas Pasuruan

Makanan Khas Pasuruan
foto dari instagram/@aniktriwina

Cenil adalah jajanan tradisional yang berbahan dasar tepung tapioka. Biasanya cenil disajikan dengan warna yang beraneka ragam seperti warna merah, hijau dan warna kuning.

Bentuk dari cenel yaitu bulat. Di beberapa daerah cenil juga berbentuk bulat lonjong. Nah, setelah dibentuk cenil kemudian direbus hingga matang.

Cenel kemudian disajikan dengan ditaburi parutan kelapa. Kadang-kadang ada juga yang ditambah dengan gula pasir. Soal rasa tak usah nanya deh. Lezat tiada tara!

Lihat juga: Makanan Khas Purwakarta Paling Populer

8. Jamu Kebonagung Pasuruan

Makanan Khas Pasuruan
foto dari instagram/@pakbrengofficial

Terakhir saya akan membahas mengenai minuman khas Pasuruan. Minuman khas ini bernama jamu kebonagung.

Jamu kebonagung Pasuruan tak sekadar minuman khas. Namun juga berkhasiat menyembuhkan sakit tenggorokan, kolesterol, batuk berdahak dan buat orang sehat jamu kebonagung bisa menjaga kebugaran tubuh.

Tak heran. Karena bahan-bahan yang digunakan terdiri dari rempah khusus seperti kayu manis, cengkeh, kapulaga, gula jawa, serai, lada hingga bunga pala.

Itulah beberapa ulasan mengenI makanan khas Pasuruan yang populer dan lezat. Jangan sampai menyesal karena melewatkannya. Selamat berkuliner!

4.9/5 - (9 votes)
Leave a Reply
You May Also Like