8 Makanan Khas Pati Terenak dan Paling Populer

Bingung ya menceri makanan enak yang ada di Kabupaten Pati? Berikut adalah makanan khas pati yang sangat kami rekomendasikan.

8 Makanan Khas Pati Terenak dan Paling Populer

Ceroboh.com – Halo Cer! Refreshing atau berwisata adalah kebutuhan setiap manusia. Bahkan sekarang hampir setiap orang selalu menjadikan berwisata menjadi suatu agenda yang wajib dan tidak boleh terlewat.

Baik itu wisata mengunjungi destinasi wisata hiburannya, juga wisata berupa berburu makanan khas suatu daerah yang saat itu seadang dikunjungi.

Nah, kali ini saya akan memberikan uraian tentang makanan khas yang ada di Kabupaten Pati, salah satu nama kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah.

Berikut ini adalah makanan khas Pati yang paling asoy dinikmati bersama-sama:

Soto Kemiri Khas Pati

8 Makanan Khas Pati Terenak dan Paling Populer
Soto Kemiri Yang Enak

Makanan yang ada di daftar pertama ketika kamu berkunjung ke Pati adalah soto kemiri. Dinamakan soto kemiri dikarenakan soto khas satu ini rasa rempahnya lebih identik ke bumbu kemiri.

Sebenarnya juga tidak jauh berbeda dengan sajian soto lain. Bedanya, untuk daging yang digunakan buat isi dari soto kemiri adalah daging ayam muda yang menjadikan potongan dagingnya juga jadi kecil-kecil dan porsi yang dipakai juga porsi mangkok kecil. Jadi jangan heran ya, makan satu piring tidak membuatmu menjadi kenyang jika porsi makanmu adalah porsi besar. Hehehe ….

Untuk rasa, soto kemiri tentu saja memiliki kelezatan dan citarasa yang berbeda dari soto kebanyakan. Jadi, jangan sampai menyesal karena tidak sempat mencicipi makanan khas satu ini!

Baca juga: Makanan Khas Kendal

Mangut Kepala Manyung Khas Pati

8 Makanan Khas Pati Terenak dan Paling Populer
Mangut Kepala Manyung

Karena Pati juga sebagian berada di kawasan pantai utara yaitu Pati bagian Batangan dan bagian Juwana, maka makanan khasnya juga tidak jauh jauh dengan ikan. Yups! Mangut kepala manyung khas Pati!

Untuk citarasa dan kelezatan mangut satu ini sudah tidak diragukan lagi deh, keunggulan dan kekhasannya. Karena sebelum dimasak, ikan manyung terlebih dahulu diasap sempurna sampai membuat aroma yang ada sangat harum dan menggugah seleramu.

Tidak jauh berbeda dengan bumbu mangut lain, mangut satu ini berwarna kekuningan yang dihasilkan dari rempah kunyit. Yang membuat makanan ini menjadi lebih sempurna kelezatannya adalah santannya yang kental dan banyaknya cabai yang dipakai sehingga cocok sekali bagi kamu pecinta kuliner pedas.

Nasi Gandul Khas Pati

8 Makanan Khas Pati Terenak dan Paling Populer

Nah, makanan yang satu ini nih yang tidak boleh ketinggalan banget kalau kamu melancong ke Pati. Nasi ini berbahan dasar utama yaitu daging sapi. Yups! Nasi gandul. Nasi gandul disajikan dengan cara diberi alas daun pisang. Inilah yang membuat nasi gandul khas dan unik dari makanan khas daerah lain.

Nasi gandul biasanya disajikan sembari ditemani dengan beraneka ragam sayuran bersantan, tempet goreng, bakwan sayur/heci, perkedel ataupun telur yang dibacem.

Nasi gandul begitu sedap dan agak sedikit manis dikarenakan rempah yang digunakan adalah rempah pilihan seperti terasi bakar, jahe, kencur, gula merah dan jinten.

Sego Tewel Khas Pati

8 Makanan Khas Pati Terenak dan Paling Populer
Sego Tewel Enak

Yang unik dari sego tewel ini adalah cara penyajiannya yang ditemani dengan lauk pauk yang digoreng ketika sedang memesan. Jadi tentu saja sajian lauknya jadi hangat ketika akan dimakan. Dan piringnya diberi alas daun jati gitu. Jadi terasa lebih enak dan lezat saja, sih.

Sego tewel berasal dari Bahasa Jawa. Sego berarti nasi dan tewel berarti nangka muda. Jadi, sego tewel merupakan satu makanan hasil perpaduan antara nasi dan sayur lodeh yang isinya adalah nangka muda.

Santan kental dan bumbu-bumbu yang menghasilkan rasa pedas tapi tetap terasa gurihnya dijamin membuat lidahmu ketagihan, deh.

Lihat juga: Makanan Khas Lasem

Petis Kambing Khas Pati

8 Makanan Khas Pati Terenak dan Paling Populer
Petis Kambing Khas Pati

Petis kambing khas Pati biasa disebut petis kambing runting karena berasal dari daerah Desa Runting, Pati. Seperti namanya, petis kambing berbahan dasar daging kambing.

Petis kambing ini penyajiannya tidak jauh berbeda dengan gulai kambing yang ada di tempat-tempat makan. Yang membuatnya unik dari petis kambing ini adalah, kuah yang dihasilkan dari campuran bumbu petis ini lebih berwarna gelap dan kental karena dilengkapi dengan tepung beras di dalamnya.

Jangan Merico Khas Pati

8 Makanan Khas Pati Terenak dan Paling Populer
Lezatnya Jangan Merico

Jika kamu ingin mencoba makanan satu ini, kamu bisa berkunjung ke daerah Pati bagian Batangan ataupun daerah Juwana. Seperti namanya, rempah dari jangan merico banyak didominasi oleh merica.

Yang membuat jangan merico lebih khas dan lebih unik dari makanan lain adalah, salah satu bumbu yang dipakai yaitu daun yang bernama daun singkil.

Daun ini biasa tumbuh disepanjang pesisir pantai yang berada di kawasan Pati. Kegunaan dari daun ini sih, katanya buat melenyapkan aroma amis yang ada di ikan yang dimasak.

Oh iya, ikan-ikan yang diolah menjadi jangan merico adalah ikan kerapu, ikan kakap dan ikan manyung. Jangan tanya tingkat kelezatannya, ya.

Jangan merico merupakan perpaduan dari rasa pedas merica yang dicampur dengan asamnya tomat dan asam jawa yang dimasukkan ke dalam sayurnya. So, sangat lezat dong rasanyanya.

Jangan Tempe Khas Pati

8 Makanan Khas Pati Terenak dan Paling Populer
Jangan Tempe Khas Pati

Kamu bisa menemukan pedas satu ini di kawasan Pati utara tepatnya berada di Kecamatan Wesarijaksa.

Bahan utama dari jangan tempe adalah semangit atau tempe yang sudah busuk. Rasa dalam jangan tempe merupakan perpaduan rasa pedas dari merica dan dan cabai.

Jangan tempet sangat cocok buat kamu yang suka makanan pedas. Selamat mencoba makanan satu ini.

Baca juga: Makanan Khas Klaten

Swike Kerang Khas Pati

8 Makanan Khas Pati Terenak dan Paling Populer
Swike dari Kerang Khas Pati

Jika di Purwodadi terkenal dengan swike yang berbahan dasar katak, maka Pati memiliki swike yang berbahan dasar kerang. Cocok sekali buat kamu yang sangat mem-favoritkan makanan ala-ala seafood.

Swike kerang dimasak dengan cara kerang dicuci bersih kemudian direbus bersama dengan kuah yang sudah dibumbui. Jadi tentu saja roma yang dihasilkan akan membuat kamu menjadi ingin sekali untuk mencicipinya.

Nah, itulah 8 makanan khas yang kami uraikan. Kamu tidak harus mencicipi semuanya kok. Satu atau dua makanan juga sudah cukup. Semoga menjadi pengetahuan dan selamat berlibur di Pati!

BERI KOMENTAR