8 Makanan Khas Pekalongan yang Enaknya Bikin Nagih

Jalan-jalan ke Pekalongan akan kurang lengkap jika tidak berkuliner. Yuk cicipi makanan khas Pekalongan yang enaknya bikin nagih berikut ini.

Ceroboh.com – Kini kita akan beralih ke pembahasan tentang makanan khas yang masih ada di kawasan Jawa Tengah. Tepatnya di daerah Kabupaten Pekalongan? Tak asing lagi, kan dengan kota yang terkenal dengan batiknya ini?

Jika kamu kebetulan sedang berjalan-jalan di kawasan Jawa Tengah kamu bisa mampir di Pekalongan untuk membeli dan mencicipi makanan khas yang ada di kota satu ini.

Sebab, di Pekalongan ada beragam makanan khas yang sangat direkomendasikan untuk dicoba. Jika tak mencicipinya, tentu saja kamu akan rugi sendiri dan akan menyesal ketika sudah sampai rumah.

Nah. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi makanan khas yang bisa kamu cicipi kelezatannya. Simak baik-baik makanan khas Pekalongan yang menggugah selera:

1. Pindang Tetel Khas Pekalongan

Pindang Tetel Khas Pekalongan
Fotonya @cemal.cemil88

Makanan khas Pekalongan yang pertama yang mungkin bisa kamu cicipi adalah pindang tetel khas Pekalongan. Tak sesuai dengan namanya. Justru makanan khas pindang tetel tak mengandung pindang loh.

Alih-alih ada pindangnya justru malah yang diolah adalah tetel sapi. Tak jauh berbeda dengan rawon yang dimasak dengan kluek/kluak guna memberikan warna coklat.

Namun yang membuat pindang tetel berbeda dari rawon adalah biasanya pindang tetel ditaburi kerupuk warna-warni yang membuatnya semakin terasa lezat dan menggoyang lidah.

Jika kamu berkunjung ke Pekalongan, jangan lupa untuk mencicipi lezatnya pindang tetel, ya!

Baca juga: Makanan Khas Brebes

2. Kue Lumpang Khas Pekalongan

Makanan Khas Pekalongan
Fotonya @tabbo.co

Makanan selanjutnya yang wajib kamu cicip adalah kue lumpang khas Pekalongan. Yang merupakan kue tradisional khas Pekalongan sendiri.

Pengolahan kue lumpang biasanya dimasak menggunakan santan kelapa. Digodok hingga mengental. Kemudian dibentuk di sebuah wadah. Tak lupa ditambahkan daun bawang di atas kuenya.

Nantinya kue ini akan disantap dengan ditemani dengan parutan kelapa yang bercampur antara gurih dan manis menjadi satu.

Jika kamu ingin mencicipi makanan khas Pekalongan berupa jajanan tradisional, mungkin makanan ini cocok untuk kamu.

3. Kue Ongol-ongol Khas Pekalongan

ue Ongol-ongol Khas Pekalongan
Fotonya @kue.peranakan

Masih dengan makanan khas berupa kue tradisional. Makanan khas Pekalongan selanjutnya adalah kue ongol-ongol.

Ongol-ongol dibuat dari bahan utama tepung sagu yang dicampur dengan gula jawa untuk pelengkap menu agar lebih lezat. Biasanya ketika menyantap ditemani dengan parutan kelapa, sama seperti kue lumpang.

Kamu bisa menemukannya di pasar-pasar tradisional jika kamu ingin mencobanya. Harganya pun bisa dibilang terjangkau.

Kamu nggak akan tahan deh, dengan rasanya yang gurih bercampur dengan manis tiada banding.

Lihat juga: Makanan Khas Wonosobo

4. Sego Megono Khas Pekalongan

Sego Megono Khas Pekalongan
Fotonya @bundanisadotcom

Beralih ke makanan berat. Makanan khas Pekalongan satu ini bernama sago megono. Sego dalam Bahasa Jawa berarti nasi.

Sego megono berarti nasi khas Pekalongan dengan dihidangkan bersama dengan olahan sayur nangka muda yang diiris-iris kecil.

Seringnya sego megono dijadikan masyarakat Pekalongan sebagai sarapan pagi. Tapi tetap saja selain bisa dijadikan sarapan, makanan ini juga bisa kok dijadikan menu makan siang ataupun makan malam.

Kamu bisa menemukan penjual sego megono di sepanjang jalan yang ada di Kota Pekalongan.

5. Lontong Lemprak Khas Pekalongan

Lontong Lemprak Khas Pekalongan
Fotonya @embunyan_m

Lontong lemprak merupakan makanan khas pekalongan yang memiliki kuah kental yang sangat khas. Menggunakan bumbu rempah nusantara.

Bahan utamanya adalah dari ayam kampung goreng. Goreng ayam ini diberikan bumbu kental. Kurang lebih seperti soto, bedanya makanan dari pekalongan ini menggunakan lontong sebagai pelengkapnya.

6. Tauto Khas Pekalongan

Tauto Khas Pekalongan
Fotonya @nikypal1989

Makanan khas Pekalongan yang hampir mirip dengan soto berikutnya adalah bernama Tauto. Tauto ini lebih unik dari soto, karena ditambah dengan menggunakan Tauco. Jadi unik banget rasanya ada rasa soto dan ada rasa tautonya.

Nah, karena hampir sama dengan soto, jadi sebagai pelengkap tauto pasti mengunakan bahan tambahan daging. Daging yang digunakan bisa merupakan daging sapi, kambing atau daging ayam.

Tauto ini sangat lezat, sangat recommended. Dijamin enaknya nggak ketulungan.

7. Kluban Makanan Khas Pekalongan

Kluban Makanan Khas Pekalongan
Fotonya @mencariresep

Kluban hampir mirip dengan lotek atau urab, kalo di Jawa Barat. Namun kluban sayurannya tersajikan lebih lengkap.

Sayuran rebus yang digunakan pada makanan khas Pekalongan ini diantarnaya adalah tauge, kol, kacang panjang, bayam dan kangkung. Yang  menjadi pembeda, jika lotek ditabuuri dengan bumbu kacang, kluban ditaburi dengan parutan kelapa.

Kluban rasanya enak. Cocok untuk kamu yang baru berkunjung ke Pekalongan. Wajib mencicipi makanan yang satu ini.

Makanan lain: Makanan Khas Rembang

8. Garang Asem Khas Pekalongan

Garang Asem Khas Pekalongan
Fotonya @anthurium.id

Ketika sedang mampir ke Pekalongan, jangan lupa untuk menikmati lezatnya hidangan garang asem. Menu makanan ini cocok banget disantap ketika makan siang.

Garang asem terbuat dari bahan baku tetelan sapi. Kemudian dilengkapi dengan bumbu kuah asem yang rasanya segar.

Makin lengkap jika dinikmati dengan tambahan telur ayam. Oia, jika kamu suka rasa pedas, akan makin segar ditambahkan sedikit sambal.

Dijamin, makanan khas ini rasanya bikin nagih dan makan dengan lahap. Silahkan untuk mencicipinya bersama keluarga.

Itulah 8 rekomendasi makanan khas pekalongan yang rasanya enak nggak ketulungan. Kalau kamu main ke Pekalongan, jangan lupa untuk mencicipi salah satunya. Dijamin bikin kangen Pekaongan. Ciee, kangen.