9 Makanan Khas Pemalang Yang Paling Populer dan Lezat

Lagi main ke Pemalang? Sudah cicipi makanan khas Pemalang belum? Kalo belum, silahkan dicoba makanan khas berikut, paling enak dan recommended!.

9 Makanan Khas Pemalang Yang Paling Populer dan Lezat

CEROBOH – Pemalang memang tak sepopuler Kota Pekalongan yang khas akan batiknya, juga Tegal yang terkenal dengan wartegnya yang sudah berdiri di mana-mana.

Namun, kuliner dan makanan khas yang ada di salah satu daerah di Provinsi Jawa Tengah ini ternyata juga memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri.

Jika diperhatikan, ternyata masih banyak sekali wisatawan dari luar kota Pemalang yang keluar masuk Pemalang hanya untuk menikmati makanan khasnya yang menggoyang lidah.

Jika mereka ada urusan tertentu di Pemalang, mereka kebanyakan tetap menyempatkan memborong makanan khasnya atau sekadar mencicipi kulinernya.

Apa saja sih kuliner khas Pemalang yang wajib dinikmati kelezatannya?

Berikut ini adalah makanan khas Pemalang paling populer dan enak rasanya:

1. Khamir Khas Pemalang

Makanan Khas Pemalang Yang Paling Populer dan Lezat
Fotonya @unnamed

Makanan khas Pemalang pertama yang wajib kamu coba bernama khamir. Khamir ini adalah jajanan yang terbuat dari tepung terigu dan tepung besar yang kemudian dicampur dengan mentega, telur dan juga tape.

Kudapan khas Pemalang satu ini namanya berasal dari istilah “Khamir” yang memiliki arti ragi. Kamu bisa mencobanya jika kamu mampir di Pemalang.

Lihat juga: Makanan Khas Gianyar

2. Grombyang Khas Pemalang

Makanan Khas Pemalang Yang Paling Populer dan Lezat
Fotonya @ali_mkjoko

Untuk makanan khas Pemalang sebenarnya mirip dengan rawon.

Grombyang terbuat dari daging kerbau atau daging sapi yang dimasak empuk lalu diberi kuah dengan bumbu-bumbu rahasia yang khas. Rasa kuahnya lebih ke rasa manis sedap.

Bentuk penyajiannya, setelah disiram kuahnya yang sedap manis, kemudian diberi toppingberupa daun bawang dan bawang goreng.

Karena makanan ini sangat populer di Pemalang, tak salah jika banyak masyarakat Pemalang yang menjualnya.

3. Lontong Dekem Khas Pemalang

Makanan Khas Pemalang Yang Paling Populer dan Lezat
Fotonya @dikkisgetaway

Lontong dekem merupakan sajian lontong dai Pemalang yang disajikan dengan cara disiram kuah yang terasa gurih dan ditaburi kerupuk di atasnya. Biasanya dinikmati bersama dengan sate dekem.

Jika kamu mampir di Pemalang, sebaiknya kamu tak melewatkan lontong khas satu ini. Kamu akan rugi nanti kalau sudah sampai rumah.

4. Apem Comal Khas Pemalang

Makanan Khas Pemalang Yang Paling Populer dan Lezat
Fotonya @pekalonganpost

Seperti apem biasanya, apem comal juga dibuat dari bahan utama yaitu tepung beras yang dicampur dengan gula merah.

Comal sendiri adalah nama satu daerah di Pemalang sebenarnya. Rasa gurih yang bercampur dengan manis akan menggugah lidahmu untuk terus ingin mencicipinya.

Apalagi proses pembuatannya yang masih diolah dengan cara yang tradisional, tentunya lebih membuat kekhasan jajanan tradisional ini menjadi lebih nikmat untuk dicoba.

5. Ogel-ogel Khas Pemalang

Makanan Khas Pemalang Yang Paling Populer dan Lezat
Fotonya @purwaningretnowati

Ogel-ogel adalah makanan khas Pemalang yang berupa makanan ringan. Dan ini bisa dijadikan oleh-oleh jika kamu mampir di kota satu ini. Bisa juga kamu jadikan camilan ringan ketika sedang perjalanan pulang.

Ogel-ogel sendiri terbuat dari bahan utama tepung ketan yang dibumbui dengan keju, gula, garam dan beberapa bahan lain. Untuk masalah rasa, tak perlu dipertanyakan lagi. Karena snack khas satu ini memiliki rasa yang renyah dan gurih.

Artikel lainnya: Makanan Khas Aceh

6. Kepiting Lemburi Khas Pemalang

Makanan Khas Pemalang Yang Paling Populer dan Lezat
Fotonya @dolpiting.solo

Kepiting lemburi sebenarnya hampir mirip dengan kepiting lainnya. Biasanya diolah dengan cara daging kepiting direbus hingga empuk dan lunak. Tapi tetap saja rasa khasnya tak bisa ditemukan di daerah lainnya.

Jika kamu ingin merasakan kelezatan rasanya, kamu bisa menemukannya di tempat kuliner Pemalang yang menjual kepiting lemburi.

Tepatnya di sepanjang jalan Pantura yang ada di Kota Pemalang. Kamu penggemar seafood? Coba deh, kepiting lembiri!

7. Bongko Mento Khas Pemalang

Makanan Khas Pemalang Yang Paling Populer dan Lezat
Fotonya @masakan_eyang

Seperti bongko yang ada di daerah lainnya, bongko mento juga terbuat dari bahan utama tepung terigu. Bongko mento biasanya diolah dengan cara dibungkus dengan daun pisang. Setelah dibungkus lalu dikucur dengan satan dan dikukus.

Isi dari bongko di setiap daerah biasanya berbeda-beda. Untuk bongko mento sendiri isinya adalah suwiran ayam yang dicampur dengan tumisan pepaya.

Kamu akan rugi jika tak merasakan nikmatnya bongko mento khas Pemalang ini, deh!

8. Pecak Belut Khas Pemalang

Makanan Khas Pemalang Yang Paling Populer dan Lezat
Fotonya @bsr_id

Pecak belut disajikan dengan cara diletakkan dicobek yang dilapisi daun pisang. Inilah yang kemudian membuat olahan belut makanan khas Pemalang ini memiliki kelezatan yang berbeda dengan daerah lainnya.

Memang. Sebagian orang akan geli mendengar belut yang menyerupai luar. Jadinya, orang merasa enggan memakannya. Tapi jika kamu mencobanya, kamu akan ketagihan karena rasa gurihnya yang menggoyang lidah.

Apalagi jika dimakan dengan nasi hangat dan sambal goreng. Tiada dua nikmatnya barang pasti!

Cicipi juga: Makanan Khas Pati

9. Tahu Pletok Khas Pemalang

Makanan Khas Pemalang Yang Paling Populer dan Lezat
Fotonya @laoban.kitchenbar

Tahu pletok merupakan kudapan khas yang mungkin bisa kamu nikmati ketika santai. Seperti namanya, tahu ini tentunya bahan utamanya adalah tahu. Biasanya disajikan dengan cara dibelah dua dan digoreng hingga kering.

Kamu bisa menikmati tahu pletok ditemani dengan lalapan cabai dan kecap pedas. Jika kamu mampir Pemalang, jangan lupa untuk mencoba tahu pletok, ya!

Sebenarnya masih ada banyak makanan khas Pemalang lain. Tapi beberapa yang disajikan di atas adalah yang paling populer yang banyak wisatawan cari. Jadi, jangan lupa mampir jika kamu sempat lewat di kota Pemalang, ya!

BERI KOMENTAR