8 Makanan Khas Ponorogo Yang Lezat, Bisa Bikin Ketagihan!

Apa saja makanan khas Ponorogo yang bisa menggugah selera? Nah, pada artikel ini saya jelaskan 8 kuliner khas Ponorogo paling lezat dan populer.

Makanan Khas Ponorogo Yang Lezat, Bisa Bikin Ketagihan!

CEROBOH – Pernahkah kamu mendengar kesenian bernama reog Ponorogo? Tentu sudah tidak asing lagi kan, ya?

Nah, kali ini saya akan membahas mengenai makanan khas kota yang terkenal akan kesenian reognya. Tahu nggak sih bahwa Ponorogo memiliki segudang makanan khas yang bikin lidahmu menari-nari?

Tentunya kamu penasaran dong, sebenarnya apa saja sih kuliner khas Ponogoro? Barang pasti, makanan yang populer dan terkenal.

Well, berikut ini adalah ulasan saya mengenai 8 makanan khas Ponorogo yang populer dan terkenal akan kelezatannya:

1. Rujak Petis Welirang Ponorogo

Makanan Khas Ponorogo Yang Lezat, Bisa Bikin Ketagihan!
foto instagram/@foto dari 7terbaik.com

Makanan khas pertama yang musti kamu coba kelezatannya yaitu rujak petis welirang.

Meski memang banyak sekali makanan khas rujak di berbagai daerah, tentunya rujak petis welirang punya ciri khas sendiri dong. Gurih dan mantap pokoknya.

Rujak petis welirang sangat cocok buat kamu yang suka dengan makanan berupa gado-gado, lotek ataupun makanan sejenis rujak lainnya.

2. Gethuk Golan Ponorogo

Makanan Khas Ponorogo Yang Lezat, Bisa Bikin Ketagihan!
foto instagram/@nindiapuuus

Selanjutnya beralih ke makanan khas dalam bentuk jajanan tradisional yang mengenyangkan, yaitu gethuk golan. Dinamakan gethuk golan dikarenakan produksi gethuk ini berasal dari Desa Golan Sukorejo.

Yang khas dari gethuk golan adalah kalau gethuk di daerah lain mengolah singkong tumbuk kemudian diberi gula merah. Namun gethuk golan disajikan bersama dengan ketan hitam, saus gula merah dan juga ditaburi parutan kelapa.

Harga yang dipathok untuk satu bungkus gethuk golan hanya sekitar 2 ribu rupiah saja. Murah  banget kan?

Lihat juga: Makanan Khas Probolinggo

3. Tiwul Goreng Khas Ponorogo

Makanan Khas Ponorogo Yang Lezat, Bisa Bikin Ketagihan!
foto instagram/@esty.n_92

Selanjutnya masih dengan makanan khas berupa jajajan tradisional. Kali ini kamu akan menjumpai jajanan bernama tiwul goreng.

Tiwul dibuat dari singkong yang direndam dengan waktu tertentu. Nanti singkong akan berubah menjadi gaplek. Meski jajanan ini sederhana tentunya rasanya tidak kalah luar biasa.

4. Dawet Jabung Khas Ponorogo

Makanan Khas Ponorogo Yang Lezat, Bisa Bikin Ketagihan!
foto instagram/@photoexplorerid

Kini beralih ke minuman khas. Minuman khas Ponorogo satu ini bernama dawet jabung. Dawet jabung dibuat dari bahan utama tepung beras. Jadi, warna yang dihasilkan adalah warna putih.

Biasanya es dawet jabung disajikan bersama dengan ketan hitam dan juga nangka. Cocok sekali disantap ketika siang hari. Saat matahari sedang terik-teriknya.

Harga yang ditawarkan hanya sekitar 5 ribu rupiah saja satu gelasnya. Murah, kan?

5. Jenang Mirah Khas Ponorogo

Makanan Khas Ponorogo Yang Lezat, Bisa Bikin Ketagihan!
foto instagram/@furaida_rahma

Makanan khas Ponorogo berikutnya yaitu jenang mirah. Kalau di daerah Jawa Barat, jenang sering disebut dengan dodol.

Mirah sendiri sebenarnya nama pendiri dari usaha jenang di Ponorogo. Dan pada akhirnya namanya malah dijadikan nama makanan khas dari Ponorogo.

Jenang mirah memiliki tekstur yang lengket dan kenyal. Sehingga jika sudah digigit, akan terasa lembut, manis dan legit bercampur menjadi satu.

6. Sate Ayam Khas Ponorogo

Makanan Khas Ponorogo Yang Lezat, Bisa Bikin Ketagihan!
foto instagram/@monkeylabie

Sate ayam mungkin sudah biasa. Namun memang sate ayam dari Ponorogo ini sudah populer dan terkenal di mana-mana. Sama halnya seperti sate kambing dari Madura.

Yang membedakan sate ayam Ponorogo dengan sate ayam lain. Jika sate ayam lain dipotong dadu, maka sate ayam Ponorogo dipotong-potong dalam bentuk tipis.

Jika kamu mampir Ponorogo namun tak mencicipi sate ayam Ponorogo, kamu tentu akan menyesal nantinya. Jadi jangan sampai dilewatkan ya!

7. Sate Kopok Khas Ponorogo

Makanan Khas Ponorogo Yang Lezat, Bisa Bikin Ketagihan!
foto instagram/@risangdananjaya

Kuliner khas Ponorogo selanjutnya yaitu sate kopok. Mungkin jika kamu orang jawa, kamu akan merasa agak tidak enak mendengarnya.

Sebab kopok sendiri dalam Bahasa Jawa berarti lendir telinga. Atau bisa jadi orang yang tuli. Nah, tampilan corak warna sate kopok inilah yang mirip dengan lendir telinga.

Namun kamu tak perlu jijik. Sebab, kelezatan sate kopok sendiri berhasil membuat para wisatawan juga berburu sate kopok selain sate ayamnya.

Baca juga: Makanan Khas Sampang

8. Sego Tahu Khas Ponorogo

Makanan Khas Ponorogo Yang Lezat, Bisa Bikin Ketagihan!
foto instagram/@angelina.tina

Terakhir adalah makanan khas berupa kuliner lezat bernama sego tahu/nasi tahu. Namanya nasi tahu, tentunha nasinya ditemani dengan lauk tahu.

Namun selain tahu, ada lauk lain yaitu telur setengah matang. Setelah itu nasi ditaburi bawang goreng, seledri, dan juga kacang tanah goreng. Lalu disiram dengan dengan kecap manis.

Kelezatan rasa sego tahu tak kalah maknyus meski makanan ini adalah makanamn sederhana.

Demikian beberapa makanan khas Ponorogo yang populer dan terkenal. Jangan lupa cobain, ya. Selamat berkuliner!

BERI KOMENTAR