8 Makanan Khas Probolinggo Paling Enak, Dijamin Ketagihan!

Apa sih makanan khas Probolinggo yang paling enak? Pada artikel ini saya bahas 8 pilihan kuliner khas Probolinggo yang paling banyak diburu wisatawan.

Makanan Khas Probolinggo Paling Enak

CEROBOH – Jika Purbalingga berada di Jawa Tengah, maka Probolinggo berada di Provinsi Jawa Timur. Tahu nggak sih, kalau Probolinggo ini merupakan kawasan di Jawa Timur yang juga memiliki banyak destinasi wisatanya?

Tak heran jika para wisatawan banyak sekali yang berkunjung ke Probolinggo dengan tujuan untuk berwisata. Nah, rasa-rasanya kurang lengkap dong, kalau ke Probolinggo namun tak mencicipi kuliner khasnya juga.

Tentunya kamu penasaran juga dong, sebenarnya apa saja kuliner khas Probolinggo yang enak dan bisa bikin ketagihan?

Berikut ini adalah 8 makanan khas Probolinggo yang populer dan terkenal di kalangan wisatawan:

1. Kepiting Olok Khas Probolinggo

Makanan Khas Probolinggo Paling Enak
foto dari pegipegicom

Makanan khas dari Probolinggo pertama yang harus kamu cobain kelezatannya yaitu kepiting olok khas Probolinggo. Ini adalah kuliner yang cocok sekali buat kamu seafood lovers.

Kepiting olok diolah dengan cara kepiting yang sudah dibersihkan kemudian dikukus. Lalu setelah itu barulah kepiting dipisah dari cangkangnya. Selanjutnya kepiting disajikan bersama bumbu tertentu dan kadang dicampur dengan udang.

Karena olahan olok kepiting ini adalah kepiting yang muda, maka rasa yang dihasilkan bercampur antara gurih dan manis. Mantap dan maknyus deh!

2. Nasi Campur Nyak Nyong

Makanan Khas Probolinggo Paling Enak
foto instagram/@myokinor

Selanjutnya kamu akan menemukan makanan khas berupa nasi campur nyang nyong.

Meskipun terlihat sederhana, namun nasi campur ini ternyata digemari masyarakat. Mulai dari wisatawan hingga masyarakat lokal Probolinggo sendiri.

Nasi campur nyak nyong biasanya terdiri dari empal, mie, dendeng dan serondeng. Selanjutnya nasi disiram dengan kuah santan kental yang sangat gurih.

 Untuk bisa menikmati nasi campur nyak nyong kamu hanya merogoh kocek sekitar 12 ribu rupiah untuk satu porsinya.

Baca juga: Makanan Khas Sampang

3. Soto Kraksaan Khas Probolinggo

Makanan Khas Probolinggo Paling Enak
foto instagram/@sotobutiwi

Tak lengkap rasanya jika satu daerah tak memiliki makanan khas berupa soto. Tak jauh berbeda, soto kraksaan memang hampir sama dengan soto lain.

Namun tentu saja soto kraksaan berbeda. Sebab, kuahnya menggunakan santan. Kemudian ayam yang dimasak di soto kraksaan adalah ayam jantan.

Jika kamu penasaran, kamu bisa mendatangi Soto Pak Koya Kraksaan Probolinggo.

4. Anggur Prabu Bestari

Makanan Khas Probolinggo Paling Enak
foto instagram/@anisah_faiq

Makanan khas selanjutnya berupa buah. Well, buah khas yang berasal dari Probolinggo yaitu buah anggur prabu bestari. Bahkan menjadi satu ikon khas tersendiri di Probolinggo.

Ada tempat pembudidayaan anggur yang telah berjalan selama 80 dekade bernama Mastrip Desa Wonoasih. Tempat ini menjadi tempat pembudidayaan anggur terbesar di Probolinggo.

5. Ketan Kratok Khas Probolinggo

Makanan Khas Probolinggo Paling Enak
foto instagram/@by_pawonfitri

Selanjutnya kamu akan menemukan makanan khas Probolinggo berupa ketan katrok. Ketan katrok sendiri adalah sejenis makanan ringan yang berbahan dasar beras ketan yang dicampur dengan parutan kelapa.

Rasanya yang gurih dari parutan kelapanya membuat lidahmu ketagihan deh. Nah, kalau kamu penasaran, kamu bisa mendatangi pasar-pasar tradisional yang ada di Probolinggo atau di rumah-rumah makan.

Kalau kamu sedang berkunjung ke Probolinggo, jangan lupa mampir dan membeli jajanan ini ya.

6. Nasi Jagung Merpati

Makanan Khas Probolinggo Paling Enak
foto instagram/@cecelemu_

Makanan ini semestinya juga harus kamu coba kelezatannya. Meskipun memang banyak ditemukan olahan nasi jagung di beberapa daerah, namun tetap saja nasi jagung merpati memiliki rasa yang tak kalah lezat.

Kelezatan tradisional nasi jagung merpati inilah justru membuat nasi jagung banyak diburu oleh para wisatawan luar kita.

Jangan lupa untuk mencicipi nasi jagung merpati kalau mampir Probolinggo yaaa.

7. Proll Tape Khas Probolinggo

Makanan Khas Probolinggo Paling Enak
foto instagram/@solocakesnack

Apakah kamu pernah mendengar makanan khas bernama proll tape? Seperti yang orang-orang bilang, tak lengkap rasanya kalau berkunjung ke Probolinggo namun tak mencoba proll tape.

Proll tape sendiri adalah jenis makanan tradisional yang dibuat dari singkong yang dipadukan dengan tepung terigu, susu sapi, gula, telur serta mentega. Tak lupa proll tape diberi topping berupa kismis dan keju.

Kamu bisa menemukan proll tape di berbagai pusat toko oleh-oleh di daerah Probolinggo.

Lihat juga: Makanan Khas Pamekasan

8. Sirup Pokak Khas Probolinggo

Makanan Khas Probolinggo Paling Enak
foto instagram/@isnaisyahida

Kuliner khas Probolinggo berikutnya ini berupa minuman sirup. Tepatnya sirup pokak. Sirup pokak biasanya dibeli oleh para wisatawan untuk dijadikan buah tangan untuk orang-orang rumah.

Sirup pokak sendiri dibuat dari bahan utama jahe yang dipadukan dengan gula merah. Sirup pokak sangat nikmat jika disajikan dalam keadaan hangat ketika sedang hujan.

Tambahan aneka rempah lain seperti daun pandan dan kayu manis membuat sirup pokak terasa semakin segar ditenggorokan. Dan tentunya baik untuk kesehatan.

Demikian makanan khas Probolinggo yang populer dan terkenal di kalangan wisatawan. Jangan lupa cobain, ya. Selamat berkuliner!

BERI KOMENTAR