10 Makanan Khas Purbalingga Paling Lezat dan Populer

Mau menikmati makanan khas Purbalingga? Nih saya kasih 10 rekomendasi pilihan makanan paling enak dan lezat di Purbalingga. DIjamin Ketagihan!

Makanan Khas Purbalingga Paling Lezat dan Populer

CEROBOH – Masih membahas mengenai makanan khas yang ada di Jawa Tengah, kali ini saya akan membahas mengenai makanan khas yang ada di salah satu Kota Ngapak: Purbalingga.

Apakah dalam waktu dekat kamu ingin mengunjungi Purbalingga? Atau mungkin kini kamu sedang berada di sana dan bingung ingin mencicipi makanan khas Purbalingga yang kayak gimana?

Memang, jika kita mengunjungi Purbalingga tapi tak mencicipi kuliner makanan khasnya, rasanya kurang sempurna deh. Pasalnya, makanan Purbalingga itu lezat-lezat dan bikin nagih.

Lalu, apa saja sih makanan khas Purbalingga yang bisa dicicipi ketika mampir di kota ini?

Nah, buat kamu yang ingin berselancar untuk mencicipi kuliner Purbalingga, berikut ini adalah makanan khas yang wajib kamu coba:

1. Tempe Mendoan Purbalingga

Makanan Khas Purbalingga Paling Lezat dan Populer
Instagram/@khoerul_lc.ma__

Makanan khas pertama yang wajib kamu cicipi ketika mampir di Purbalingga adalah tempe mendoan Purbalingga.

Mendoan khas Purbalingga adalah tempe yang diiris tipis kemudian dicelupkan ke dalam tepung yang sudah dibumbui rempah khas seperti ketumbar, bawang putih dan haram. Tak lupa dicampur juga dengan daun bawang.

Kamu bisa menemukan mendoan Purbalingga di pinggir jalan. Karena memang banyak yang menjualnya. Harganya juga terjangkau. Hanya sekitar seribu rupiah saja.

Lihat juga: Makanan Khas Cilacap

2. Gecot Khas Purbalingga

Makanan Khas Purbalingga Paling Lezat dan Populer
Instagram/@tanandreass

Pengolahan gecot hampir mirip dengan pengolahan lontong tahu dari Blora. Bedanya, gecot dimakan bersama dengan ketupat.

Gecot biasanya disajikan bersama dengan kecambah rebus, kol mentah, tahu goreng dan kol mentah.

Setelah semua diiris, lalu disiram dengan sambal kacang yang khas. Dan gecot siap disantap.

3. Gulai Melung Khas Purbalingga

Makanan Khas Purbalingga Paling Lezat dan Populer
Instagram/@joe.airlangga

Makanan selanjutnya berupa gulai melung. Bahan utama dari gulai melung adalah daging kambing. Tak hanya dagingnya, di dalam gulai melung juga ada babat, kaki kambing, jeroan dan kepala kambing.

Intinya sih, semua yang ada pada kambing dimanfaatkan. Biasanya gulai kelung dinikmati bersama dengan ketupat. Citarasanya yang khas membuat gulai melung dicari banyak pelanggan.

Kamu bisa menemukannya di  warung gulai Bu Hadi di daerah Larangan, Pengadegan. Untuk masalah harga, seimbang kok, dengan kelezatannya. Hanya sekitar 15 ribu saja!

4. Es Durian Purbalingga

Makanan Khas Purbalingga Paling Lezat dan Populer
Instagram/@pempekgputra

Beralih ke makanan khas berupa minuman. Kamu bisa mencoba es durian khas Purbalingga. Sebab, seperti berasa kurang pas jika berkunjung ke Purbalingga tapi tak mencicipi es duriannya.

Untuk menambah kesegarannya, es durian dicampur dengan serutan es batu. Tak lupa, lezatnya daging durian ini disiram dengan santan dan gula merah.

Kamu bisa menemukan es durian yang enak di warung Pak Kasdi di daerah Tugu Bancar. Harga semangkuknya dipatok sekitar 15 ribu satu mangkoknya.

Baca juga: Makanan Khas Wonogiri

5. Sroto Kriyik Purbalingga

Makanan Khas Purbalingga Paling Lezat dan Populer
Instagram/@rofita_ningrum

Sroto atau soto kriyik biasa disajikan bersama sambal kacang manis pedas. Bedanya, jika di daerah lain sroto dimakan ditemani dengan nasi, sroto kriyik ditemani dengan ketupat.

Selanjutnya sroto ditaburi suwiran daging dan krupuk yang sudah diremas-remas. Disebut sroto kriyik karena tulang lunak dari dagingnya digoreng kering dan dijadikan lauk. Makanya, disebutnya sroto kriyik. Harganya hanya sekitar 10 ribu-an saja. Terjangkau, kan?

6. Ondol-ondol Khas Purbalingga

Makanan Khas Purbalingga Paling Lezat dan Populer
Instagram/@congokkali_medan

Ondol-ondol merupakan makanan khas Purbalingga berupa jajanan berat. Ondol-ondol terbuat dari singkong yang dilembutkan.

Bentuknya seperti kelereng namun agak lebih besar. Setelah dibentuk, ondol-ondol akan dilumuri bumbu khas dan selanjutnya digoreng.

Coba deh, jajanan khas Purbalingga satu ini. Dijamin akan membuat lidahmu bergetar deh!

7. Nopia Khas Purbalingga

Makanan Khas Purbalingga Paling Lezat dan Populer
Instagram/@chordfoodblog

Selanjutnya makanan khas Purbalingga yang masih berupa jajanan. Sebuah kue khas yang dibuat dari bahan dasar tepung terigu.

Bentuknya bulat dan memiliki banyak sekali varian rasa di dalamnya. Misalnya saja varian keju, gula merah dan susu.

Nopia diolah dengan cara ditempelkan di dinding gentong. Unik, kan? Harganya pun hanya sekitar rata-rata 8 ribu-an. Tergantung varian rasanya.

8. Buntil Khas Purbalingga

Makanan Khas Purbalingga Paling Lezat dan Populer
Instagram/@dapoerimeh

Buntil adalah makanan khas Purbalingga yang terbuat dari bahan utama daun pepaya dan daun singkong. Banyak sekali wisatawan yang berburu makanan satu ini.

Isi dari buntil berupa kepala yang telah dibumbui rempah seperti bawang, cabe, lengkuas, garam dan sebagainya. Cocok sekali dimakan bersama dengan nasi hangat.

Kamu bisa menemukan buntil di pasar-pasar tradisional saat pagi hari. Harga per porsinya pun hanya dibandrol sekitar 5 ribu rupiah saja. Murah, kan?

9. Sate Blater Khas Purbalingga

Makanan Khas Purbalingga Paling Lezat dan Populer
Instagram/@massigitsate

Disebut sate blater dikarenakan makanan khas satu ini berasal dari salah satu desa di Purbalingga bernama Desa Blater.

Sate Blater biasa dimakan ditemani dengan lontong. Yang bikin unik adalah pengolahan sate blater yang lama.

Sebelum dibakar, sate ini direndam dulu dengan bumbu khusus. Kemudian ketika membakarnya pun sate ini dilumuri bumbu lagi berulang kali hingga bumbunya benar-benar meresap.

Rasanya tak kalah lezat. Bahkan sate ini bisa bertahan hingga tiga hari karena pengolahannya yang lama. Harganya hanya dibandrol sekitar 12 ribu-an perporsi.

Baca juga: Makanan yang Dapat Meningkatkan Konsentrasi

10. Soto Bancar Purbalingga

Makanan Khas Purbalingga Paling Lezat dan Populer
Instagram/@kulinermancap

Selain sroto kriyik, sroto atau soto khas lain di Purbalingga adalah soto bancar. Biasanya soto bancar disajikan dalam porsi besar. Bahkan satu porsi bisa dimakan dua orang.

Karena porsinya besar, harga yang dipatok sekitar 20 ribu per mangkok besarnya. Jika kamu berada di daerah Bancar Purbalingga, kamu bisa sekali mencicipi makanan khas satu ini!

Itulah beberapa makanan khas Purbalingga yang bisa kamu cicipi kelezatannya. Kamu bisa mencoba dua atau tiga makanan khas Purbalingga jika mampir, ya. Selamat berwisata kuliner!

BERI KOMENTAR