8 Makanan Khas Purwakarta Paling Populer dan Lezat

Ada banyak makanan khas Purwakarta yang bisa kamu cicipi ketika main ke kota ini. Berikut ini beberapa kuliner khas yang paling terkenal kelezatannya.

Makanan Khas Purwakarta

CEROBOH.COM – Dari daerah Subang, kita akan beralih ke daerah Purwakarta. Perlu diingat, ya. Purwakarta berbeda dengan Purwokerto. Jika Purwokerto adalah daerah Jateng, Purwakarta adalah daerah Jawa Barat.

Purwakarta merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang berbatasan dengan Subang, Bandung, Cianjur dan Karawang. Letak Purwakarta yang strategis membuat daerah ini ramai dan sering dilewati mobil dari berbagai penjuru.

Nah, Purwakarta ini ternyata menyimpan banyak kekayaan makanan khas yang lezatnya tak kalah dengan daerah-daerah lain. Keanekaragaman sekaligus keunikan kulinernya membuat Purwakarta sering dikunjungi banyak lapisan masyarakat.

 Lalu, apa saja ya makanan khas Purwakarta yang wajib dicicipi ketika mampir ke kota ini?

Yuk simak beberapa makanan khas Purwakarta yang wajib kamu cicipi kelezatannya:

1. Gula Aren Cikeris

Makanan Khas Purwakarta
foto instagram/@galerimenong

Makanan khas pertama berupa oleh-oleh, yaitu gula aren cikeris. Konon, gula aren cikeris ini memiliki khasiat bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti urat dan mungkin penyakit yang menyerang pencernaan.

Tentu saja gula cikeris ini memiliki rasa yang khas dan berbeda dari gula aren biasanya. Jika kamu berkunjung ke Purwakarta, kamu bisa mampir membeli gula aren.

Kamu bisa menjadikan gula aren untuk oleh-oleh untuk keluarga dan tetangga di rumah. Dijamin manisnya khas deh!

2. Peuyeum Bendul Purwakarta

Makanan Khas Purwakarta
foto instagram/@palugada.bsd

Purwakarta juga terkenal dengan makanan khasnya berupa peuyeum. Tepatnya peuyeum bendul. Meski di beberapa daerah Jawa Barat punya makanan khas berupa peuyeum, namun peuyeum bendul khas dan berbeda dengan peuyeum daerah lain.

Peuyeum biasanya dijual di outlet-outlet di pinggir jalan di sepanjang Kota Purwakarta. Kebanyakan sih, di daerah Sukatani. Biasanya dijual dengan cara digantungin gitu.

Harga peuyeum bendul terjangkau, kok. Hanya berkisar antara 6 ribu hingga 7 ribu rupiah per kilogram. Jangan lupa mampir dan beli, ya!

Baca juga: Makanan Khas Pacitan Terlezat

3. Sate Maranggi Purwakarta

Makanan Khas Purwakarta
foto instagram/@bundnina_kitchen

Mungkin sebagian besar sudah tak asing lagi dengan sate khas Purwakarta ini. Sebab, sate marangfu sudah ada sejak tahun 1990 hingga sekarang, loh. Jadi tak salah jika para pelancong tak melewatkan kuliner berupa sate maranggi.

Sate maranggi berbahan dasar berbagai macam daging mulai dari daging sapi, ayam atau pun daging kambing. Yang membuatnya berbeda dengan sate lain adalah sebelum daging sate maranggi dibakar, daging tersebut direndam dulu dengan rempah khas.

Biasanya sate maranggi disajikan dengan kecap yang dicampur irisan sabai, bawang merah dan tomat mentah. Jangan lupa untuk mampir dan cobain sate maranggi, ya!

4. Simping Khas Purwakarta

Makanan Khas Purwakarta
foto instagram/@fikkofikkazo

Mari beralih ke makanan khas Purwakarta berupa camilan simping. Makanan simping dibuat dari bahan utama tepung terigu dan juga tepung tapioka. Kemudian tepung diolah dan dicetak dalam bentuk bundar pipih.

Nah setelah terbentuk simping kemudian dipanggang. Kelezatan simping semakin terasa karena seiring perkembangan zaman, varian rasanya mulai beragam.

Mulai dari simping pandan, nangka, stroberi, pisang, keju dan masih banyak varian rasa lain yang bisa kamu coba kelezatannya. Kamu bisa menjadikan simping sebagai oleh-oleh untuk kerabat di rumah.

5. Colenak Khas Purwakarta

Makanan Khas Purwakarta
foto instagram/@sembarangfood

Makanan khas Purwakarta selanjutnya kamu akan menjumpai camilan berat berupa colenak. Nah, karena Purwakarta juga penghasil peuyeum bandul, maka colenak ini berasal dari peuyeum tersebut.

Colenak diolah dengan cara dibakar, kemudian ditambah gula merah serta kelapa yang telah disangrai. Jangan lupa cobain colenak Purwakarta ini, ya!

6. Es Ciming

Makanan Khas Purwakarta
foto instagram/@karimaania

Beralih ke yang segar-segar, ya. Makanan khas selanjutnya kamu akan menjumpai minuman khas bernama es ciming.

Jika dilihat sekilas, es ciming memang mirip dengan es serut. Namun tentu saja rasanya khas dan unik. Topping yang biasa digunakan dalam es ciming bermacam-macam loh.

Misalnya saja kelapa, jelly, cendol, kacang hijau dan juga potongan cincau. Kamu bisa meminum es ciming saat siang hari ketika cuaca sedang panas-panasnya. Dijamin terasa segar, deh!

7. Soto Sadang Purwakarta

Makanan Khas Purwakarta
foto instagram/@paqueena

Bisa dikatakan, hampir daerah di Indonesia sejatinya memiliki makanan khas berupa soto. Termasuk Purwakarta. Tepatnya bernama soto sadang khas Purwakarta.

Soto sadang biasanya disajikan dengan berbagai macam daging. Misalnya saja babat, kikil, ayam dan juga buntut. Kamu bisa memilih salah satunya.

Kuah pun memiliki dua varian. Kuah santan dan kuah bening. Pun kamu bisa memilih salah satunya. Buruan cobain kesegaran soto sadang yuk!

Lihat juga: Makanan Khas Magetan Terlezat

8. Ayam Goreng Sajolna

Makanan Khas Purwakarta
foto instagram/@emmaeryanti

Buat kamu pecinta ayam goreng, kamu sebaiknya tak melewatkan makanan khas ini ketika mampir di Purwakarta. Namanya ayam goreng saljona.

Biasanya ayam goreng ini disantap bersama dengan sambal dadak yang pedasnya membuat lidahmu menari-nari dan justru bikin kamu ketagihan.

Jangan lupa mampir di ayam goreng saljona kalau mampir di Kota Purwakarta, ya!

Demikian beberapa makanan khas Purwakarta yang wajib kamu cobain. Mungkin kamu juga bisa membawanya sebagai oleh-oleh untuk kerabat ataupun temanmu di rumah. Selamat berkuliner!

BERI KOMENTAR