9 Makanan Khas Purworejo Paling Enak Dan Populer

Apa sih yang paling enak di Purworejo? Berikut akan saya jelaskan makanan khas purworejo pilihan terbaik dengan rasa yang enak dan lezat.

9 Makanan Khas Purworejo Paling Enak Dan Populer

CEROBOH – Makanan khas daerah selanjutnya yang akan saya bahas yaitu makanan khas Purworejo.

Jika kamu tak tahu di mana Purworejo, kota ini terletak  Provinsi Jawa Tengah. Jika ditempuh dari Yogyakarta, kira-kira akan memakan waktu sekitar satu jam.

Tahu nggak sih, kalau ternyata di Purworejo banyak sekali makanan khas yang yang sayang sekali kalau dilewati begitu saja? Apalagi tak sulit jika kita menjelajahi kuliner-kulinernya. Sebab, banyak tempat kuliner yang strategis.

Lalu, apa saja sih makanan khas Purworejo yang bisa kita nikmati kelezatannya?

Nah, buat kamu yang ingin berwisata kuliner atau sekadar mampir saja di Purworejo, berikut ini adalah makanan khas asli Purworejo yang wajib kamu cicipi kelezatannya:

1. Cenil Khas Purworejo

Makanan Khas Purworejo Paling Enak Dan Populer
Instagram/@alananggeraini

Makanan khas pertama yang mungkin bisa kamu nikmati kelezatannya adalah makanan cenil. Selain unik, makanan camilan berat ini memang menggugah selera makan karena warna warni.

Cenil dibuat dari bahan utama tepung pati singkong yang berbentuk kota dan bulat, diberi warna-warna seperti warna merah, kuning dan hijau. Kemudian direbus deh.

Penyajiannya diberi topping berupa gula pasir yang dicampur dengan parutan kelapa. Rasa gurih yang bercampur manis akan membuatmu ingin mencicipinya terus deh, pokoknya!

2. Sate Winong Khas Purworejo

Makanan Khas Purworejo Paling Enak Dan Populer
Instagram/@purworejoku

Makanan khas Purworejo selanjutnya berupa sate. Sate winong dibuat dari bahan utama daging kambing yang masih muda. Jika dipandang sepintas, sante winong memang tak jauh berbeda dengan sate yang lain.

Namun jangan salah. Sate winong memiliki bumbu khas yang tak dimiliki di daerah lain.

Jika di daerah lain sate diolah dengan menggunakan kecap manis, sate winong diolah dengan menggunakan bumbu khusus yang terbuat dari rebusan gula jawa.

Nah, rebusan gula jawa tersebut kemudian dicampur dengan bahan rempah khas Purworejo. Karena diolah dengan cara inilah, sate winong digemari banyak orang. Sebab, rasanya unik, khas dan nagih.

Baca juga: Makanan Khas Purbalingga

3. Kue Clorot Khas Purworejo

Makanan Khas Purworejo Paling Enak Dan Populer
Instagram/@ainimappedeceng

Tak jauh berbeda dengan kue dumbeg dari Blora, kue clorot khas Purworejo ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan gula merah dan santan.

Setelah semua adonan dicampur sampai encer, bahan tersebut dituangkan ke janur yang telah dibentuk seperti semacam terompet. Rasanya manis campur gurih, juga nagih.

4. Jenang Krasikan Purworejo

Makanan Khas Purworejo Paling Enak Dan Populer
Instagram/@sololeholeh

Makanan khas selanjutnya berupa jenang krasikan. Jenang krasikan dibuat dari bahan utama beras ketan yang sebelumnya diolah dengan cara disangrai.

Sama seperti clorot, jenang krasikan juga dicampur dengan gula merah dalam pengolahannya.

Biasanya orang-orang membeli makanan khas Purworejo ini untuk oleh-oleh dan dibawakan kepada sanak saudara di rumah.

Tekstur jenangnya yang kasar justru yang membuatnya khas dan unik. Sebab, rasa manisnya juga khas. Jenang krasikan bisa kamu temukan di pusat oleh-oleh Purworejo.

5. Geblek Khas Purworejo

Makanan Khas Purworejo Paling Enak Dan Populer
Instagram/@anisas_familys.jpg

Pada beberapa daerah seperti Purworejo dan Wonosobo sebetulnya juga memiliki makanan khas berupa geblek, atau gelangan.

Namun, tentu saja setiap daerah memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Termasuk geblek yang berasal dari Purworejo ini.

Geblek merupakan makanan yang dibuat dari bahan utama tepung singkong. Bahan ini kemudian akan dicampuri bawang yang digoreng gurih. Biasanya geblek Purworejo dinikmati bersama dengan cocolan saus kacang.

6. Kue Lompong Khas Purworejo

Makanan Khas Purworejo Paling Enak Dan Populer
Instagram/@meilientanbudiharto

Makanan khas Purworejo selanjutnya adalah kue lompong. Kue lompong merupakan kue basah yang menggunakan bahan dasar batang daun talas yang dilumatkan. Atau disebut dengan lompong.

Lompong dicampur dengan tepung merah, gula dan juga tepung ketan. Kue lompong memiliki isian berupa kacang tanah yang telah dihaluskan dan dicampur gula merah. Kue lompong kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus.

Warna hitam yang berasal dari lompong inilah yang membuat kue ini khas dan berbeda dari kue-kue pada umumnya.

7. Dawet Ireng Khas Purworejo

Makanan Khas Purworejo Paling Enak Dan Populer
Instagram/@soebagyo93

Lanjut ke kuliner berupa minuman. Minuman khas Purworejo satu ini bernama dawet ireng. Memang, dawet ireng tak hanya ditemukan di Purworejo, namun juga di daerah lain.

Namun rasanya tidak afdhol jika tak mencicipi dawet ireng yang berasal dari Purworejo, yang tentunya memiliki citarasa tersendiri dibandingkan dengan yang lain. Yang membuat dawetnya berwarna hitam adalah abu jerami yang dibakar.

Lalu yang menjadikan dawet ireng khas karena dawet ireng memanfaatkan gula jawa dan santan.

8. Kue Satu Khas Purworejo

Makanan Khas Purworejo Paling Enak Dan Populer
Instagram/@wildainas

Kalau di daerah lain, ada yang menyebut kue ini dengan sebutan kue kroya. Kue satu terbuat dari kacang hijau panggang yang dihaluskan dengan cara ditumbuk. Kue satu merupakan makanan khas Purworejo yang enak.

Tumbukan kacang hijau ini kemudian dicampur dengan air, perasa vanila dan gula. Biasanya kue satu disajikan ketika Hari Raya Idul Fitri.

Kue satu juga cocok jika dihidangkan di sore hari ditemani teh hangat.

Lihat juga: Makanan Khas Cilacap

9. Kupat Tahu Khas Purworejo

Makanan Khas Purworejo Paling Enak Dan Populer
Instagram/@dibalik_layarku

Mungkin sebagian besar dari kamu tak asing dengan makanan satu ini. Ya, kupat tahu. Kupat tahu didominasi kupat, tahu dan saus kacang.

Tak jauh berbeda dengan karedok atau ketoprak, namun sedikit berbeda karena saus yang digunakan adalah saus yang dibuat dari gula jawa cair, rempah pedas kemudian ditambah dengan kol dan kecambah.

Itulah beberapa makanan khas Purworejo yang bisa kamu cicipi kelezatannya. Jika sekarang kamu sedang melewati daerah Purworejo, jangan lupa mampir dan mencicipi salah satu makanan khasnya. Selamat berkuliner!

BERI KOMENTAR