8 Makanan Khas Rembang Yang Paling Enak

Akan banyak sekali cerita jika kamu main ke Rembang, lengkapi cerita liburanmu dengan mencicipi makanan khas Rembang yang maknyus ini.

8 Makanan Khas Rembang Yang Paling Enak

Ceroboh.com – Halo Cer!tahu nggak sih, bahwa Kota Rembang adalah nama satu kabupaten di Jawa Tengah yang berada di jalur pantura sehingga banyak pantai-pantai memesona? Baik pantai yang ramai ataupun pantai indie yang masih belum banyak dikunjungi dan dikotori para pengunjung.

Karena banyak sekali pantai yang tersebar di sepanjang Kabupaten Rembang, tentunya wisatawan juga akan mencari makanan khas yang ada di sana. Kan, katanya belum afdhol jika berkunjung ke suatu daerah tapi belum mencicipi makanan khas sana. Nanti menyesal kalau udah sampe rumah. Hehehe ….

Berikut ini adalah delapan makanan khas Kabupaten Rembangyang wajib kamu cicipi jika kamu sedang berwisata di Rembang:

Sate Serepeh Khas Rembang

8 Makanan Khas Rembang Yang Paling Enak
Sate Serepeh Rembang

Buat kamu yang sekarang sedang berkunjung ke daerah Rembang, makanan khas pertama yang wajib kamu coba dulu adalah sate serepeh. Sate ini berbahan dasar daging ayam.

Yang membuat sate serepeh unik ada pada sambalnya yang kemudian dicampur dengan sedapnya santan kental. Bayangin aja sate disiram dengan sambal kacang yang dipadu santan kental yang enak dan gurih.

Buat kamu pecinta sate, akan rugi kalau kamu tidak mencoba makanan unik satu ini. Untuk menemukan sate satu ini, kamu bisa menemukan di warung sate juga tidak sulit dan harganya juga tejangkau. Sesuai lah, dengan rasa. Hehehe ….

Lihat juga: Makanan Khas Batang

Lontong Tuyuhan Makanan Khas Rembang

8 Makanan Khas Rembang Yang Paling Enak
Lontong Tuyuhan dari Rembang

Tidak seperti bentuk lontong biasanya yaitu bulat memanjang, lontong satu ini justru berbentuk segitiga. Dinamakan tuyuhan, karena lontong ini berasal dari salah satu daerah di Desa Pamotan yaitu Tuyuhan.

Yang spesial lagi dari lontong tuyuhan ada pada penyajiannya. Setelah lontong diiris-iris menjadi potongan kecil, kemudian ia disiram dengan opor segar dengan isi daging ayam kampung. Uniknya, jika ayam kampung biasanya tekstur dagingnya alot, pada sayur opor lontong tuyuhan tekstur dagingnya terasa empuk dan sedap.

Lontong tuyuhan enak jika ditemani dengan minuman khas lasem yaitu kawista yang segar buah kawistanya akan membuatmu terbayang-bayang sampai rumah. Hahaha … Untuk bisa menikmati satu porsi lontong tuyuhan, kocek yang perlu kamu rogoh sebesar Rp. 20.000,- saja dan kamu sudah dijamin kenyang dan puas.

Asem-Asem Khas Rembang

8 Makanan Khas Rembang Yang Paling Enak
Asem-Asem Enak

Jika kamu penyuka sayur yang segar, kamu bisa mencoba asem-asem sapi khas Rembang satu ini. Bahan utama dari asem-asem adalah daging sapi yang dipotong-potong menjadi kecil. Untuk rempah yang dipakai adalah cabai rawit utuh, tomat, lengkuas, dan garam serta daun kedondong yang melengkapi kesedapannya.

Lihat juga: Makanan Khas Sragen

Kuahnya yang bening seperti kuah bakso akan terasa lebih segar dan nikmat jika dijadikan sebagai santapan siang. Nunggu apa lagi? Segera coba! Tapi hati-hati buat yang darah tinggi, makanan ini tidak direkomendasikan, ya.

Telur Rajungan Khas Rembang

8 Makanan Khas Rembang Yang Paling Enak
Telur Rajungan Makanan Khas Kabupaten Rembang

Seperti namanya, bahan utama dari telur rajungan khas Rembang adalah telur-telur dari hewan bernama rajungan. Masakan digadang-gadang menjadi makanan “mewah” ini, biasa ditumis bersama dengan bumbu-bumbu pilihan yang tidak jauh dari bawang merah bawang putih, tomat dan cabai serta bumbu lain yang membuat masakan telur rajungan ini menjadi hilang rasa amisnya sekaligus lebih terasa spesial.

Jika dilihat dari gizi dan khasiat, konon telur rajungan memiliki manfaat mampu menambah vitalitas tubuh.

Untuk harga, penjual telur rajungan mematok harga terjangkau, kok. Meski kata orang-orang mahal, kamu bisa membuktikannya sendiri di tempat makanan yang menjual masakan telur rajungan yang berada di Jalan Gajah Mada tepatnya di Warung Bu Joyo dengan harga per porsi berkisar Rp. 10.000,- saja.

Jadah Makanan Khas Rembang

8 Makanan Khas Rembang Yang Paling Enak
Jadah Yang Enak

Di satu daerah di Rembang ada yang menyebutnya jadah, di daerah lain yang juga masih daerah Rembang, kadang ada yang menyebutnya gemblong. Jadah terbuat dari bahan dasar beras ketan dan juga dicampur dengan santan. Cara memasak jadah adalah dengan dengan mencuci bersih beras ketan kemudian dikukus lalu ditumbuk dan dijadikan satu menjadi satu bentuk.

Kalau versi mungilnya sih, mirip dengan leper tapi tidak memakai isi abon. Hehehe …. Untuk rasa, jadah merupakan perpaduan rasa gurih yang berasal dari santannya dan manis. Lezat deh, pokoknya!

Soto Santan Khas Rembang

8 Makanan Khas Rembang Yang Paling Enak
Soto Santan dari Rembang

Seperti di daerah lain yang memiliki kekhasan soto tersendiri, soto Rembang juga tidak kalah unik, loh. Tahu nggak, apa yang berbeda? Yups! Jika soto pada umumnya memiliki kuah yang bening, soto Rembang justru memiliki kuah yang kental karena diberi santan sehingga membuat kesedapan kuahnya semakin terasa di lidah.

Untuk bumbu, seperti biasa terdiri dari daun bawang, seledri, kol mie suon putih dan tauge. Makanan ini biasa dijadikan menu sarapan atau makan siang. Dan harganya jangan diragukan. ya. Murah dan sedap pokoknya.

Kelo Mrico Khas Rembang

8 Makanan Khas Rembang Yang Paling Enak
Kelo Mrico Siap Makan

Kelo mrico berasal dari Bahasa Jawa. Kelo artinya sayur dan mrico artinya merica. Tapi jangan salah, ya. Bahan dasar dari kelo mrico bukan merica. Tapi ikan laut. Cuma, kuahnya aja yang lebih dominan terasa mricanya daripada rasa rempah yang lain.

Jadi kalau kamu makan sayur satu ini, dijamin akan terasa pedas tapi dicampur segar karena kuah beningnya. Harganyapun terjangkau. Cobain deh.

Lainnya: Makanan Khas Karanganyar

Krupuk Rajungan Khas Rembang

8 Makanan Khas Rembang Yang Paling Enak
Krupuk Rajungan Yang Renyah

Krupuk rajungan berbahan dasar rajungan. Dipanaskan di bawah sinar matahari tanpa bahan pengawet. Kamu bisa menemukan krupuk ini di toko-toko yang menjual oleh-oleh khas Rembang. Harganya seperempat kilogramnya dipatok Rp. 13.000,-

Itulah 8 makanan khas Rembang yang bisa kamu cicipi jika kamu sekarang ini sedang berkunjung di Kabupaten Rembang. Semoga menambah wawasan tentang makanan khas Rembang, ya. Selamat berlibur di Rembang!