Mau Yang Enak? Inilah 8 Makanan Khas Salatiga Terpopuler

Mau makan yang enak pas main di Salatiga? Silahkan dipilih beberapa makanan khas Salatiga yang saya rekomendasikan berikut ini. Dijamin enak!

Mau Yang Enak? Inilah 8 Makanan Khas Salatiga Terpopuler

Ceroboh.com – Masih membahas seputar makanan khas yang ada di daerah Jawa Tengah. Kali ini saya akan mencoba sedikit mengulas tentang kuliner khas Salatiga.

Salatiga merupakan salah satu kota Jateng yang biasa digunakan sebagai kota transit jalur Pantura. Jika kamu kebetulan melewati Jalan Pantura, sebaiknya kamu mampir dan mencicipi makanan khasnya, deh.

Karena banyak sekali makanan di Salatiga yang memiliki citarasa khas yang menggugah selera. Jadi, kamu akan rugi sekali kalau cuma lewat saja.

Nah, lalu apa saja sih makanan yang enak di Salatiga dan banyak diburu orang-orang?

Inilah 8 makanan khas Salatiga yang rasanya enak tiada banding:

1. Sambal Tumpang Koyor Salatiga

Mau Yang Enak? Inilah 8 Makanan Khas Salatiga Terpopuler
Instagram/@fitrienuzuliyah

Makanan khas pertama yang bisa kamu coba kelezatannya yaitu sambal tumpang koyor Salatiga. Proses pembuatannya yang masih tradisional membuat citarasanya tetap kuat.

Sambal tumpang koyor diolah dari rempah Indonesia seperti bawang kencur, salam, lengkuas, cabai dan juta daun jeruk. Setelah itu dicampur dengan santan kental. Koyor sendiri berarti urat sapi bagian mulut, pipi dan dengkul.

Sambal tumpang biasa dinikmati dengan nasi hangat atau bubur yang ditambah serutan pepaya muda. Jangan lupa cobain, ya!

Lihat juga: Makanan Khas Temanggung

2. Gecok Kambing Salatiga

Mau Yang Enak? Inilah 8 Makanan Khas Salatiga Terpopuler
Instagram/@tyagapranagata_nagato

Sepertinya kamu akan rugi jika melewatkan salah satu kuliner terlezat di Salatiga ini. Siapa coba yang tidak suka olahan daging kambing?

Gecok kambing mirip dengan tongseng di daerah lain. Namun bedanya, gecok ini menggunakan bahan utama daging kambing.

Gecok kambing berisi kuah santan yang telah dibumbui dengan rempah yang khas. Dijamin rasanya akan membuat lidahmu menari-nari. Apalagi ditambah sangraian kelapa.

Jangan lupa mencicipinya jika mampir ke Salatiga, ya. Supaya nggak rugi.

3. Sate Sapi Suruh Salatiga

Mau Yang Enak? Inilah 8 Makanan Khas Salatiga Terpopuler
Instagram/@mrachefo

Selanjutnya, mungkin beberapa orang yang sering ke Salatiga tak asing dengan makanan khas satu ini. Ya, sate sapi suruh khas Salatiga.

Tidak umum memang. Daging sapi diolah menjadi sate. Namun jangan salah. Sate sapi suruh bahkan sudah ada sejak tahun 1987 loh. Makanan khas Salatiga ini harganya hanya 30 ribu-an saja per 10 tusuk.

Dijamin lidahmu akan dimanjakan dengan citarasanya yang bikin terbayang-bayang setelah mencobanya.Tentu saja bikin kamu ketagihan mencoba lagi.

Kamu bisa menjumpai kuliner Salatiga ini di jalan Jenderal Sudirman no 16F yang buka mulai 10.00-22.00.

4. Wedang Ronde Sekoteng Jago

Mau Yang Enak? Inilah 8 Makanan Khas Salatiga Terpopuler
Instagram/@kuliner.ria

Wedang ronde sekoteng jago memang sudah terkenal di seantero jagad Salatiga. Sebab kuliner ini merupakan kuliner tempo dulu dari salatiga sendiri.

Ronde sendiri merupakan tepung beras berisi gula merah yang dibentuk seperti bola-bola. Lalu ronde dicampur kacang dan juga kuah jahe.

Cocok disantap saat hujan-hujan atau ketika malam hari. Dijamin akan menghangatkan tenggorokanmu. Ciamik pokoke!

Baca juga: Makanan Khas Solo

5. Enting-enting Gepuk

Mau Yang Enak? Inilah 8 Makanan Khas Salatiga Terpopuler
Instagram/@fasahatsalatiga

Kita beralih ke makanan khas Salatiga berupa camilan yang bisa dijadikan oleh-oleh. Jadi, jika kamu mampir Salatiga namun tak sempat mampir mencoba kulinernya, kamu bisa membeli oleh-olehnya. Yaitu enting-enting gepuk.

Enting gepuk sendiri dibuat dari bahan utama kacang yang ditumbuk dengan gula merah, kemudian dipanaskan. Kamu bisa menjumpainya di pusat oleh-oleh Salatiga. Tepatnya di Roko Oom Tan.

6. Kopi Babah Salatiga

Mau Yang Enak? Inilah 8 Makanan Khas Salatiga Terpopuler
Instagram/@ubiebiet

Buat kamu coffe addict, kamu bisa mencoba kopi khas Salatiga bernama Kopi Babah. Kopi babah dibuat dari biji kopi asli yang pengolahannya pun masih tradisional.

Kamu bisa menjadikan kopi babah oleh-oleh untuk orang rumah yang juga suka minum kopi. Harganya juga sesuai kualitas, kok. Cobain kuy!

7. Soto Esto Salatiga

Mau Yang Enak? Inilah 8 Makanan Khas Salatiga Terpopuler
Instagram/@mu_faiz

Tak lengkap memang jika suatu daerah tak memiliki makanan khas berupa soto. Nah, Salatiga juga memiliki kuliner soto khasnya, nih. Namanya soto esto khas Salatiga.

Soto esto biasa disajikan dengan semangkok nasi soto, irisan ayam, mie beras dan juga kerupuk kerak. Atau daerah lain ada yang menyebutnya kerupuk gendar.

Salatiga terletak di lereng gunung. Jadi, tentunya akan nikmat jika menyantap soto esto. Apalagi saat malam hari. Hangatnya sampai ke hati!

Lihat juga: Makanan Khas Sragen

8. Gudeg Koyor Salatiga

Mau Yang Enak? Inilah 8 Makanan Khas Salatiga Terpopuler
Instagram/@dad_dish

Makanan khas Salatiga selanjutnya kamu bisa mencoba gudeg koyor. Memang sih, gudeg koyor bisa ditemui di beberapa daerah. Tapi tetap saja kurang lengkap jika tak mencoba gudeg koyor dari Salatiga langsung.

Gudeg koyor memiliki tekstur padat, tapi juga tak memiliki banyak lemak. Santannya yang pekat kekuningan akan sangat mantap kalau dicampur dengan otot sapinya yang maknyus. Buruan deh cobain!

Itulah beberapa makanan khas Salatiga yang bisa kamu cicipi atau kamu bawa oleh-oleh untuk orang rumah. Selamat berkuliner!