8 Makanan Khas Semarang Terlezat Dan Paling Populer

Mau tau makanan khas Semarang yang paling terkenal kelezatannya? Yuk, cicipi salah satu kuliner khas Semarang berikut ini. Dijamin ketagihan!

8 Makanan Khas Semarang Terlezat Dan Paling Populer

CEROBOH – Masih seputaran Jawa Tengah, sekarang yang kita bahas adalah beberapa makanan khas yang ada di Kota Semarang.

Apakah kamu pernah mengunjungi Semarang? Pasti kebanyakan sudah pernah. Karena Semarang adalah sebuah kota yang seringkali dijadikan transit jika seseorang ingin pergi ke suatu kota, terutama di sekitaran Jawa Tengah.

Nah, jika kamu sedang berada di Semarang, sebaiknya kamu mencoba untuk mencicipi beberapa makanan khas dari Semarang yang dijamin akan membuat lidahmu ketagihan.

Apa saja sih kuliner khas Semarang yang paling lezat dan banyak diburu wisatawan?

Berikut ini adalah 8 makanan khas Semarang yang bisa dicicipi jika kamu sedang berkunjung ke Semarang:

1. Garang Asem Khas Semarang

Makanan Khas Semarang Terlezat Dan Paling Populer

Makanan khas Semarang yang pertama adalah garang asem. Meskipun namanya ada asemnya, tapi rasa asamnya tak berasal dari asam. Tapi berasal dari belimbing wuluh.

Biasanya bahan utamanya yaitu daging ayam atau ikan. Tapi seringnya sih, daging ayam. Nah, ayam ini dimasak dengan kuah santan yang aromanya harum dan memikat.

Agar citarasa tradisionalnya masih alami, garang asem dimasak dengan dibungkus daun pisang yang ditutup dengan lidi.

Garang asem enak dinikmati dengan ditemani perkedel, tempe goreng atau jeroan ayam. Gimana? Ngiler kan melihatnya?

2. Bandeng Presto Khas Semarang

Makanan Khas Semarang Terlezat Dan Paling Populer

Makanan khas ini juga wajib kamu cicipi jika mampir di Semarang. Jika kamu mencobanya kamu akan ketagihan deh!

Sesuai dengan namanya, bandeng presto biasanya dimasak dengan cara mengolah ikan bandeng yang kemudian dipresto. Ketika di presto bandeng dicampur dengan gila hingga lunak dan menghilangkan duri ikannya.

Bumbu-bumbu khas yang telah dilumurkan ke ikan bandeng sebelum dipresto, akan membuat aromanya menguar. Dan akan membuat kamu ingin segera menyantapnya.

Jangan lupa mencicipinya ketika berkunjung ke Kota Lumpia ini, ya!

Lihat juga: Makanan Khas Pekalongan

3. Tahu Petis Khas Semarang

Makanan Khas Semarang Terlezat Dan Paling Populer

Pernah mendengar petis nggak? Makanan khas Semarang ini adalah olahan sisa rebusan cairan ikan dan udang yang dipanaskan hingga mengental dan berwarna hitam.

Nah, nantinya tahu yang mirip dengan tahu Sumedang ini diiris tengahnya sedikit lalu diselipkan petis hitam. Biasanya tahu petis disantap dengan ditemani cabai rawit.

Buat kamu yang suka dengan camilan pedas, mungkin tahu petis adalah solusi ketika kamu berkunjung ke Semarang. Dan kamu ingin makan camilan pedas.

4. Lumpia Makanan Khas Semarang

Makanan Khas Semarang Terlezat Dan Paling Populer

Sebagian besar orang, tak asing lagi dengan kudapan satu ini. Bahkan dijadikan julukan nama kota Semarang. Yaitu Kota Lumpia.

Dan lumpia ternyata ada istilah Bahasa Inggrisnya, loh. Yaitu spring roll. Ini dikarenakan lumpia dibuat dalam bentuk bundar.

Lumpia dibuat dari bahan utama adonan tepung sebagai kulitnya. Kulit ini kemudian diisi dengan berbagai variasi isian seperti bawang putih, rebung, daging ayam, potongan sayuran hingga telur orak-arik.

Jangan sampai melewatkan makanan khas wajib dari Semarang satu ini, ya!

5. Mie Kopyok Khas Semarang

Makanan Khas Semarang Terlezat Dan Paling Populer

Makanan khas Semarang selanjutnya beralih ke makanan berat lagi. Yaitu mie kopyok. Kamu juga sebaiknya mencicipi mie khas Semarang yang memiliki rasa lezat ini.

Selain mie kopyok, beberapa orang juga menyebut mie ini dengan nama mie lontong atau mie teng-teng.

Sesuai namanya mie kopyok dibuat dari bahan utama mie yang ditambahkan dengan beberapa lauk seperti tetelan daging.

Yang membuat mie kopyok memiliki kekhasan tersendiri adalah karena tambahan kerupuk gendar. Kerupuk dari nasi yang rasanya juga tak kalah renyah dengan kerupuk lain.

6. Nasi Ayam Makanan Khas Semarang

Makanan Khas Semarang Terlezat Dan Paling Populer

Nasi ayam biasanya dibuat dari nasi liwet yang dicampur dengan suwiran ayam. Untuk menambah kekhasannya lagi, nasi ayam juga ditambah dengan telur.

Selanjutnya semua menu yang ditaruh piring akan disiram dengan kuah santan yang bumbunya mirip dengan opor. Sambalnya pun sambal jipan yang khas.

Berbeda dari nasi liwet Solo, nasi ayam Semarang biasa ditemani dengan telur puyuh dan usus. Lalu dilengkapi dengan minuman teh hangat.

Biasanya nasi ayam Semarang bisa ditemukan di pagi hari karena seringnya dijadikan menu sarapan.

7. Pisang Plenet Khas Semarang

Makanan Khas Semarang Terlezat Dan Paling Populer

Kembali ke makanan khas Semarang dalam bentuk camilan yang mengenyangkan. Menu selanjutnya adalah pisang plenet. Olahan pisang plenet memang tak seterkenal lumpia yang bahkan sudah mendunia.

Tapi jangan salah. Cita rasanya yang menggoyang lidah akan membuat kamu ketagihan untuk mencobanya berkali-kali.

Pisang plenet diolah dengan cara diiris lalu dibakar di atas api yang sedang. Tunggu sampai pisangnya berwarna kecoklatan. Setelah matang, pisang akan dibalur dengan margarin lalu ditambah beberapa varian rasa.

Misalnya saja rasa mesis, atau selai berbagai variasi buah dan sebagainya. Selanjutnya ditutup kembali dengan pisang. Jadi deh, pisang plenetnya.

Nikmati juga: Makanan Khas Kendal

8. Tahu Pong Khas Semarang

Makanan Khas Semarang Terlezat Dan Paling Populer

Bentuk tahu pong menyerupai tahu bulat. Bedanya tahu pong memilii isian udang dan cabe rawit.

Untuk rasa tak perlu kamu tanyakan. Karena tahu pong memiliki rasa yang gurih sekaligus empuk di lidah.

Kamu jangan lupa mencicipi tahu pong ketika di Semarang, ya. Atau mungkin bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk orang rumah.

Itulah beberapa makanan khas Semarang yang bisa kamu jadikan oleh-oleh dan juga kamu cicipi di sini. Kamu akan rugi kalau melewatkannya!

BERI KOMENTAR