8 Makanan Khas Sidoarjo Yang Enak dan Paling Populer

Makanan khas Sidoarjo banyak sekali ragamnya. Kamu bisa mencicipi delapan kuliner khas Sidoarjo yang paling enak dan populer berikut ini.

Makanan Khas Sidoarjo Yang Enak dan Paling Populer

CEROBOH – Apa sih, yang terbesit di kelapamu ketika mendengar Kota Sidoarjo? Yups! Lumpur Lapindo. Lumpur lapindo selalu identik dengan Sidoarjo sejak kejadian beberapa tahun silam.

Sidoarjo sendiri merupakan kota di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Surabaya. Jadi, tak heran jika Sidoarjo sendiri dijadikan salah satu kota kota penyangga utama dari Kota Surabaya itu sendiri.

Nah, kalau kamu sedang bepergian ke Sidoarjo, tak ada salahnya dong mampir untuk mencicipi berbagai kuliner makanan khas yang tentunya akan membuat lidahmu ketagihan. Sebab, Sidoarjo memiliki banyak sekali ragam makanan khas yang unik dan populer.

Penasaran kan, apa saja sih kuliner khas Sidoarjo yang unik dan populer di kalangan para wisatawan?

Tanpa basa-basi, langsung saja yuk simak penjelasan di bawah ini mengenai beberapa makanan khas Sidoarjo yang populer di kalangan wisatawan:

1. Kue Lumpur Bakar Khas Sidoarjo

Makanan Khas Sidoarjo Yang Enak dan Paling Populer
foto instagram/@sya_nyssa

Makanan khas dari Sidoarjo yang tentunya harus kamu cicipi kelezatannya yaitu kue lumpur khas Sidoarjo. Kue lumpur ini  adalah sejenis kue basah yang biasanya dijadikan buah tangan oleh para wisatawan.

Untuk rasa, kue lumpur memiliki dua variasi rasa. Ada rasa kelapa, adapula rasa original. Tektur kue lumpur yang lembek membuat kelembutan rasa di setiap gigitannya.

Jika kamu penasaran, kamu bisa mencicipi kue lumpur bakar di Kue Lumpur Bu Lilik yang berada di Jalan Hangtuah dengan harga sekitar 2000 hingga 3000 rupiah saja.

2. Otak-otak Bandeng Khas Sidoarjo

Makanan Khas Sidoarjo Yang Enak dan Paling Populer
foto instagram/@lynulin

Selanjutnya kamu akan menjumpai makanan khas yang berbahan dasar ikan bandeng, yaitu otak-otak bandeng. Sidoarjo memang terkenal dengan berbagai olahan makanan khas yang berbahan dasar kan bandeng.

Otak-otak bandeng memiliki citarasa gurih dan maknyus di lidah. Dijamin deh, sekali kamu mencicipi otak-otak bandeng kamu akan ketagihan untuk mencicipinya kembali. Ya karena memang nagih.

Kamu bisa menemukan otak-otak bandeng di Otak-otak Bu Suci yang berada Jalan KH. Swaifi Tengah Kalanganyar Kulon Sidoarjo.

Baca juga: Makanan Khas Ponorogo

3. Petis Udang Khas Sidoarjo

Makanan Khas Sidoarjo Yang Enak dan Paling Populer
foto instagram/@antonius.wibowo

Pernah nyobain petis nggak? Nah, di Sidoarjo ini ada makanan khas berupa petis yang terbuat dari udang. Petis sendiri merupakan cairan sisa dari perebusan ikan. Nah untuk yang ada di Sidoarjo petis ini berasal dari cairan sisa perebusan undang.

Selanjutnya cairan tersebut diolah lagi menjadi lebih kental. Dan terakhir jadilah petis yang bisa disantap bersama dengan berbagai makanan. Bisa kamu buat rujak petis, bisa kamu jadikan sambal petis dan lain sebagainya.

Jika kamu penasaran dengan petis udang, kamu bisa mendatangi Petis Udang Barokah yang berada di kawasan Sekardangan Sidoarjo.

4. Krupuk Udang Khas Sidoarjo

Makanan Khas Sidoarjo Yang Enak dan Paling Populer
foto instagram/@ruzicamilanovic

Selanjutnya kamu akan menemukan makanan khas Sidoarjo yang masih berbahan dasar udang, yaitu krupuk udang. Krupuk udang sendiri dibuat dari bahan dasar tepung tapioka, dan tentunya dipadu udang.

Selanjutnya tepung dan undang dicampur menjadi satu menjadi adonan lembut yang sudah dibumbui dengan aneka bumbu dan rempah yang khas. Adonan krupuk udang lalu dikukus hingga matang. Setelah matang diiris tipis-tipis dan dijemur hingga kering dan terakhir digoreng hingga matang.

Kamu bisa menjadikan krupuk udang sebagai buah tangan untuk kerabat atau teman dekatmu di rumah.

5. Telur Asin Khas Sidoarjo

Makanan Khas Sidoarjo Yang Enak dan Paling Populer
foto instagram/@sukamakansurabaya

Tak hanya daerah Brebes saja yang memiliki makanan khas berupa telur asin. Ternyata di Sidoarjo juga memiliki makanan khas telur asin juga loh! Dan tentu saja telur asin dari Sidoarjo memiliki cirri khas tersendiri yang membuatnya lebih menarik.

Nah, jika telur asin Brebes hanya memiliki satu rasa, maka di Sidoarjo telur asinnya memiliki ciri khas telur asin dengan berbagai macam rasa. Mulai dari rasa kepiting, rasa udang, bahkan ada pula telur asin rasa ikan salmon. Unik, kan?

Kalau kamu mampir Sidoarjo, jangan lupa untuk membeli telur asin ini, ya. Dijamin rasanya maknyuss deh!

6. Bandeng Presto Khas Sidoarjo

Makanan Khas Sidoarjo Yang Enak dan Paling Populer
foto instagram/@cateringbubudy

Seperti yang pernah disinggung sedikit pada poin sebelumnya, bawa banyak olahan makanan kha dari Sidoarjo yang bahan dasar pengolahannya adalah bandeng. Selain otak-otak bandeng, ternyata ada olahan bandeng lain yaitu bandeng presto.

Bandeng presto sendiri merupakan ikan bandeng yang diolah dengan cara dipresto dan sehingga duri bandengnya pun bisa juga dimakan karena sudah lunak setelah dipresto.

Kamu bisa menjadikan bandeng presto sebagai buah tangan yang bisa kamu bawa pulang untuk orang-orang rumah. Kamu bisa membeli bandeng presto di Bandeng Presto Kelapa Singa yang sudah terkenal akan kelezatannya.

Baca juga: Makanan Khas Probolinggo

7. Lontong Kupang Khas Sidoarjo

Makanan Khas Sidoarjo Yang Enak dan Paling Populer
foto instagram/@sandi_maulana_full

Kuliner khas Sidoarjo selanjutnya berupa kuliner lezat, yaitu lontong kupang. Lontong kupang sendiri adalah lontong yang berasal dari Jawa Timur yang disajikan bersama dengan sat kerang. Akan lebih segar lagi jika ditemani minuman es kelapa muda.

Kamu bisa menjumpai lontong kupang di Kupang Lontong Cak Slamet yang ada di Jalan Raya Pasar Suko No. 6 Sidoarjo Jawa Timur.

Harganya pun ramah kantong, kok. Hanya dibandrol sekitar 8 ribu rupiah per porsi saja kamu sudah bisa menikmati kelezatan lontong kupang.

8. Wader Kriuk Khas Sidoarjo

Makanan Khas Sidoarjo Yang Enak dan Paling Populer
foto instagram/@depotcemara

Makanan terakhir ini berupa camilan yang bisa kamu bawa pulang atau kamu jadikan teman perjalanan. Yaitu wader kriuk. Sesuai dengan namanya, wader kriuk tentunya dibuat dari bahan utama ikan wader—sejenis ikan air tawar yang berukuran kecil.

Wader kriuk ini adalah wader yang diolah dengancara digoreng dengan diberi bumbu-bumbu khusus yang khas. Kriuknya yang maknyus, membuat kamu terus ingin memakannya deh.

Demikian beberapa makanan khas Sidoarjo yang unik dan populer di kalangan wisatawan. Jangan lupa mencicipinya, ya. Selamat berkuliner!

Tulisan Lainnya: Oleh-oleh Khas Sidoarjo

BERI KOMENTAR