8 Makanan Khas Sleman Terlezat Dan Banyak Dicari Wisatawan

Jika tiba di Sleman dengan perut kosong, cepat-cepat cari makanan khas Sleman yang saya ulas ini. Dijamin rasanya maknyus dan bikin nagih!

8 Makanan Khas Sleman Terlezat Dan Banyak Dicari Wisatawan

CEROBOH – Jika mendengar daerah Kabupaten Sleman, pasti orang-orang akan langsung mengingat Gunung Merapi. Cukup fenomenal sekali bukan, Gunung yang pernah meletus tahun 2010 silam?

Nah, selain terkenal dengan Gunung Merapi, Sleman juga terkenal memiliki kuliner-kuliner khas yang menggugah selera.

Bahkan ada beberapa kuliner Sleman yang citarasanya masih terbayang meski sudah sampai rumah.

Jika kamu kini sedang berwisata di Yogyakarta, sebaiknya kamu juga mampir di kabupaten yang berada di paling utara Yogyakarta ini.

Sebab, jika kamu tak mampir, akan sayang sekali kamu melewatkan lezatnya makanan-makanan Sleman.

Lalu, apa saja makanan khas Sleman yang bikin lidahmu bergoyang-goyang?

Berikut ini adalah makanan khas daerah Sleman paling lezat yang wajib kamu nikmati:

Sate Kelinci Kaliurang Sleman

Makanan Khas Sleman Terlezat Dan Banyak Dicari Wisatawan
instagram/@fooddiscoverer

Makanan khas Sleman pertama yang harus kamu cicipi kelezatannya yaitu sate kelinci kaliurang. Sesuai dengan namanya, tentu saja bahan utamanya adalah daging kelinci.

Sate kelinci disajikan bersama dengan sambal bumbu kacang yang menciptakan rasa gurih dan maknyus jika sudah dikunyah di mulut.

Apalagi jika disantap di malam hari di dekat sejuknya Gunung Merapi, makin mantep!

Kamu bisa membeli sate kelinci dengan harga yang dibandrol sekitar 15 ribu-an per porsinya. Jangan lupa nyobain, ya.

Baca juga: Makanan Khas Kulon Progo

Entok Slenget Khas Sleman

Makanan Khas Sleman Terlezat Dan Banyak Dicari Wisatawan
instagram/@rosalya_ika

Selanjutnya masih makanan khas Sleman berupa kuliner. Dilihat dari namanya, tentu saja bahan dasar entok slenget adalah daging entok.

Soto slenget dimasak dengan cara, daging entok pertama diungkep terlebih dahulu dengan bumbu khas. Dan inilah yang sebenarnya membuat daging entok alih-alih alot, justru malah jadi empuk.

Jika kamu ingin mencicipi kuliner lezat satu ini, kamu bisa berkunjung ke Warung Entok Slenget milik Kang Tahir. Tepatnya berada di Jalan Pakem, daerah Turi.

Jadah Tempe Khas Sleman

Makanan Khas Sleman Terlezat Dan Banyak Dicari Wisatawan
instagram/@omamuda

Belum puas nyobain entok slenget dan sate kelinci, kamu bisa mencicipi hidangan camilan berat dari Sleman berupa jadah tempe. Jadah tempe merupakan campuran dari ketan dan tempe.

Namun sebelum dimasak menjadi jadah, tempe terlebih dahulu diolah dengan cara dibacem. Selanjutnya dicampur dengan ketan yang kemudian dibentuk menjadi bulat.

Harga jadah tempe murah kok. Hanya sekitar 10 ribu-an saja. Terjangkau, kan? Kalau penasaran rasanya, kamu bisa menjumpai jadah tempe di tempat wisata alam Gunung Merapi.

Pepes Belut Godean Sleman

Makanan Khas Sleman Terlezat Dan Banyak Dicari Wisatawan
instagram/@warunge_inyong

Makanan khas Sleman yang satu ini sangat cocok buat kamu yang sangat menyukai makanan belut. Apalagi belut ini dimasak dengan cara dipepes. Tentu saja rasa gurihnya bikin lidahmu nagih.

Seperti pepes pada umumnya, belut diolah dengan cara belut dibungkus di daun pisang dan dicampur rempah-rempah tradisional khas serta dibubuhi juga parutan kelapa. Setelah itu barulah dikukus hingga bau harumnya menguar.

Kenapa sih, disebut pepes belut godean? Nah, ini dikarenakan kamu hanya akan menemukan pepes belut di daerah Godean saja. Buruan cobain lezatnya yuk!

Selanjutnya masih dengan makanan khas berupa kuliner. Ayam kremes kalasan merupakan ayam goreng yang biasa disajika

Lihat juga: Makanan Khas Gunungkidul

Ayam Kremes Kalasan Khas Sleman

Makanan Khas Sleman Terlezat Dan Banyak Dicari Wisatawan
instagram/@warung.makan.bawon

Selanjutnya masih dengan makanan khas berupa kuliner. Ayam kremes kalasan merupakan ayam goreng yang biasa disajikam dengan ditambah kremes yang super renyah.

Apalagi ayamnya yang empuk dan sambalnya yang nagih di lidah, tentu saja akan membuat kamu ingin mencobanya lagi dan lagi. Juga lalapannya yang segar dan mantap.

Kamu bisa menemukan ayam kremes kalsan di daerah Jalan Solo Kalasan Sleman. Biasanya harga per porsi dibandrol paling murah sekitar 10 ribu-an saja.

Sate Jaran Khas Sleman

Makanan Khas Sleman Terlezat Dan Banyak Dicari Wisatawan
instagram/@lezatonikmato

Selain terkenal dengan sate kelinci yang dagingnya menghangatkan badan. Di daerah Sleman juga ada sate jaran atau sate kuda. Unik bukan?

Nah, berbeda dengan sate kambing yang dagingnya kadang-kadang alot, sate jaran justru memiliki tekstur daging yang empuk. Aromanya yang khas dan minim bau amis membuat sate ini digemari banyak lapisan masyarakat.

Selain lezat, sate ini memiliki khasiat tersendiri bagi tubuh. Yaitu bisa membuat stamina tubuh meningkat. Jangan lupa cobain sate jaran jika mampir Sleman, ya!

Salak Pondoh Khas Sleman

Makanan Khas Sleman Terlezat Dan Banyak Dicari Wisatawan
instagram/@feiryca.roemahsalak

Selanjutnya ada makanan khas Sleman oleh-oleh khas berupa buah, yaitu salak pondoh. Tentu saja salak pondok khas Sleman memiliki rasa yang berbeda dari salah pondoh di daerah lain.

Salah pondoh Sleman dibandrol dengan harga cukup murah. Hanya sekitar 3 ribu hingga 7 ribu rupiah saja per kilonya. Terjangkau, kan?

Kamu bisa menjumpai salak pondoh asli Sleman di daerah Turi dan Tempel serta daerah sekitarnya. Jangan lupa beli salak pondoh Sleman untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

Lihat juga: Makanan Khas Bantul

Tengkleng Gajah Khas Sleman

Makanan Khas Sleman Terlezat Dan Banyak Dicari Wisatawan
instagram/@jajanandemen

Berikutnya kamu bisa mencoba kuliner khas Sleman berupa tengkleng gajah. Kaget ya, gajah dibikin tengkleng? Tenang, yang diolah bukan beneran daging gajah, kok.

Tengkleng gajah sebenernya terbuat dari bahan utama daging kambing. Disebut tengkleng gajah, dikarenakan potongan-potongan tulangnya berukuran besar dan porsi sajiannya juga besar.

Biasanya harga tengkleng gajah per porsinya sekitar 35 ribu. Tentu saja ini murah karena porsinya yang besar. Kamu bisa menikmati tengkleng gajah di daerah Kaliurang tepatnya di Jl. Gantalan Ngaglik, Sleman.

Demikian beberapa makanan khas Sleman yang sebaiknya tak kamu lewatkan kelezatannya. Ini dikarenakan, selain harga-harganya terjangkau, rasanya pun khas dan berkualitas.  Jangan lupa untuk mencoba salah satunya, ya. Selamat berkuliner di Yogyakarta!

BERI KOMENTAR