9 Makanan Khas Solo Terpopuler Dan Enak Rasanya

Sudah makan apa saja selama di Solo? Ah, jangan sampe tertinggal juga beberapa makanan khas Solo yang saya ulas ini, ya. Kamu harus mencicipinya.

9 Makanan Khas Solo Terpopuler Dan Enak Rasanya

CEROBOH – Kalian semua pasti sudah tak asing dengan kota satu ini. Kota yang terkenal dengan keratonnya. Pula, kota di Jawa Tengahbmendapat julukan Kota Batik.

Banyak sekali tempat wisata di Solo yang kini bisa kamu kunjungi bersama keluargamu. Tak lengkap rasanya jika kamu tak mencicipi makanan-makanan khas yang berasal dari Solo.

Sebab, menikmati makanan Solo seperti sebuah kewajiban. Yang jika dilewatkan, kamu akan menyesal. Ini karena kekhasan makanannya yang tak bisa ditemukan di daerah lain.

Lalu, apa saja sih kuliner khas Solo yang bisa bisa menggugah selera makan?

Nah, buat kamu yang ingin mampir untuk berwisata kuliner di Solo, berikut ini adalah makanan khas di sana yang bisa kamu nikmati kemantapan rasanya:

1. Serabi Khas Solo

Makanan Khas Solo Terpopuler Dan Enak Rasanya
Instagram/@aurelgallery

Makanan khas Solo pertama yang bisa kamu cicipi adalah serabi khas Solo. Memang, hampir setiap daerah di Indonesia ada yang menjual makanan serabi ini.

Namun perlu dicatat. Serabi asli adalah serabi yang berasal dari Solo. Dan tentu, yang paling terkenal adalah Serabi Notosuman. Tidak asing lagi kan, dengan nama ini?

Serabi Notosuman bahkan sudah berdiri sejak 1920-an. Rasanya yang manis, gurih dan teksturnya yang lembut yang membuat Serabi Notosuman bertahan hingga sekarang.

Kamu bisa menemukan Serabi Notosuman di daerah Jayengan tepatnya di Jalan Muh. Yamin Solo. Tapi siap-siap antri, ya. Sebab peminatnya banyak sekali.

2. Timlo Khas Kota Solo

Makanan Khas Solo Terpopuler Dan Enak Rasanya
Instagram/@kursuskuemasakan_sylvia

Makanan khas selanjutnya kamu bisa mencoba kelezatan timlo khas Kota Solo. Timlo adalah makanan berupa sop daging tapi yang beradal dari Solo sendiri.

Timlo didominasi daging ayam, telur, sosis dan kemudian dimakan selagi hangat bersama dengan nasi putih yang juga hangat.

Rekomendasi timlo lezat ada di Timlo Kwali Mangkunegaran di daerah Banjarsari. Jika di sana habis, kamu bisa mencicipinya di Warung Timlo Solo Santro di Pasar Gedhe

Lihat juga: Makanan Khas Purworejo

3. Bakso Khas Solo

Makanan Khas Solo Terpopuler Dan Enak Rasanya
Instagram/@madjangmarket

Hampir semua orang suka dengan bakso. Makanya, jika mampir Solo namun tak mencicipi bakso khasnya, serasa ada yang kurang sempurna deh—kalau tidak mencicipi makanan khas Solo yang satu ini.

Kalau kamu perhatikan, hampir di seluruh daerah di Solo tersebar penjual-penjual bakso. Jadi wajar jika Solo sampe dijuluki Kota Bakso.

Jadi, buat kamu yang kebetulan lewat Solo, jangan lupa mampir dan mencicipi bakso khasnya, ya!

4. Tengkleng Kambing Khas Solo

Makanan Khas Solo Terpopuler Dan Enak Rasanya
Instagram/@santika.catering

Tengkleng adalah makanan yang mirip dengan gulai. Namun tentu agak berbeda. Jika kamu adalah penyuka daging kambing, tak ada salahnya kamu mencoba tengkleng khas Solo ini.

Sebab, tekstur dagingnya yang empuk akan membuat lidahmu bergoyang-goyang. Bahkan kamu ketagihan untuk mencobanya lagi.

Kamu bisa mencoba tengkleng Solo di Warung Tengkleng Klewer Bu Edi yang ada di sekitar Pasar Klewer.

5. Brambang Asem Solo

Makanan Khas Solo Terpopuler Dan Enak Rasanya
Instagram/@dapursoraya

Makanan khas yang ada di Solo selanjutnya adalah brambang asem Solo. Brambang asem dibuat dari bahan utama ubi jalar yang direbus. Lalu diberi sambal dengan aroma khas antara campuran pedas dan gurih.

Kamu bisa menyantap brambang asem dengan ditemani tempe gembus. Jika kamu ingin mencicipinya, tak perlu bingung. Kamu tinggal pergi saja ke daerah Pasar Gede. Di sana kamu akan menemukan banyak penjual brambang asem.

6. Tahok Khas Solo

Makanan Khas Solo Terpopuler Dan Enak Rasanya
Instagram/@hiyzy_fooddiary

Tahok adalah makanan khas Solo yang hampir sama dengan kuliner kembang tahu yang ada di daerah Singkawang.

Makanan ini merupakan kuliner tradisional Tionghoa. Yang kemudian dijadikan salah satu makanan khas yang ada di Kota Solo.

Tekstur tahok lembut, mirip seperti puding. Rasanya manis. Dan sangat nikmat jika disantap selagi hangat.

Apalagi daun kandungan daun pandan, daun sereh jahe dan juga gula merah yang bercampur jadi satu. Tiada banding seh, citarasa yang dimiliki.

Harganya pun terjangkau. Hanya sekitar 4 ribu rupiah per porsinya. Kamu bisa mencoba Tahok Pak Citro di daerah Kepatihan Wetan. Tepatnya di Jalan Suryopranoto  Jebres, Surakarta.

7. Sate Buntel Khas Solo

Makanan Khas Solo Terpopuler Dan Enak Rasanya
Instagram/@sbykulinerinfo

Sate buntel termasuk kuliner yang digemari Presiden Joko Widodo, loh. Mantan presiden Soeharto juga menfavoritkan kuliner lezat satu ini. Karena itulah, kuliner sate buntel bukan sembarang kuliner.

Sate buntel dibuat dari bahan utama daging kambing yang dicacah-cacah. Lalu cacahan daging tersebut kemudian dibungkus dengan lapisan lemak. Baru deh, dibakar.

Lemak tipis pembungkus inilah yang membuat aromanya wangi, sedap dan ingin segera mencicipinya. Coba deh, cicipi sate favorit presiden-presiden kita ini. Kamu akan mengetahui alasan mengapa mereka menfavoritkannya.

Kamu bisa mencoba Sate Buntel Mbok Galak yang ada di daerah Banjarsari tepatnya di Jalan Mangun Sarkoro Surakarta.

8. Soto Gading Khas Solo

Makanan Khas Solo Terpopuler Dan Enak Rasanya
Instagram/@amlee138

Berbeda dengan soto di daerah lain, soto Gading merupakan makanan khas Solo berupa soto dengan kaldu yang sangat kental. Dan sebaiknya kamu juga mencobanya.

Apalagi rasa rempahnya yang kuat. Ini yang juga menjadi keunikan soto gading tersendiri. Jangan lupa mencicipinya, ya!

Baca juga: Makanan Khas Purbalingga

9. Cambuk Rambak Solo

Makanan Khas Solo Terpopuler Dan Enak Rasanya
Instagram/@pelangimultimedia2267

Terakhir, kamu bisa mencoba makanan khas berupa cambuk rambak. Cambuk rambak ini biasa dijadikan camilan ketika makan siang, ketika sarapan atau disantap di malam hari. Intinya bisa dimakan kapanpun, deh!

Biasanya, cambuk rambak disajikan di daun pisang yang dipincuk. Kamu bisa menjumpai cambuk rambak di daerah Stadion Manahan ketika pagi hari.

Itulah beberapa makanan khas Solo yang mungkin dapat kamu nikmati kelezatannya. Jika sekarang kamu sedang kulineran di daerah Solo, jangan lupa mampir dan mencicipi salah satu makanan khas di kota ini. Selamat berkuliner!

BERI KOMENTAR