5 Makanan Khas Sragen Yang Lezatnya Tiada Banding

Abis capek muter-muter di Kabupaten Sragen, enaknya ngisi perut yang lapar dengan mencicipi aneka makanan khas Sragen berikut!

Ceroboh.com – Halo, Cer! Masih semangat buat jalan-jalannya ke daerah Jawa Tengah? Hehehe …. Semangat dong! Karena kali ini, Saya akan mencoba memaparkan tentang beberapa makanan khas yang ada di salah satu kota yang bersejarah di daerah Jawa Tengah ini.

Tahukah kamu Museum Manusia Purba Sangiran yang melegenda dan penuh sejarah itu? Yups! Museum tersebut berada di Kota Sragen tepatnya di daerah Sangiran. Tentu tidak asing lagi bukan dengan museum satu ini?

Nah, selain Sragen terkenal dengan wisata Museum Manusia Purba tersebut, tentunya makanan khas yang ada di sini juga tidak kalah terkenalnya, loh. Udah terkenal, lezat dan unik lagi. Mau tahu apa saja makanan yang ada di Kabupaten Sragen yang wajib kamu cicipi kalau kamu berkunjung di daerah ini? Simak uraian berikut ini, ya.

Berikut ini adalah aneka makanan khas Sragen yang kelezatannya tiada tanding deh, pokoknya:

Bothok Mercon Khas Sragen

Makanan Khas Sragen Yang Lezatnya Tiada Banding
Bothok Mercon Sragen

Sesuai dengan namanya, mercon, bothok ini merupakan jenis makanan pedas yang wajib kamu cicipi ketika pertama kali menginjakkan kaki di Kota Sragen. Sensasi pedas dan gurihnya yang sangat mantap di lidah, justru membuatmu ingin mencicipi makanan ini lagi dan lagi.

Apalagi dipadu dengan kelezatan ikan patin yang membuat keunikanya semakin terasa. Untuk masalah minuman, sangat direkomendasikan lebih baik minuman teh panas supaya sensasi kepedasannya bisa dinetralisir oleh teh panasnya.

Tidak perlu khawatir soal harga, ya. Dijamin harga bothok mercon ini sangat ramah kantong. Hanya berkisar sekitar 3500 rupiah saja kamu sudah bisa menikmati makanan ini.

Murah banget kan?  Untuk bisa menjumpai makanan bothok mercon, kamu bisa berkunjung ke tempat bothok mercon yang sudah terkenal di Sragen yaitu di depan jembatan nggawan yang bertempat di Desa Nglombo Kecamatan Sidaharja.

Lihat juga : Makanan Khas Karanganyar

Walangan Makanan Khas Sragen

Makanan Khas Sragen Yang Lezatnya Tiada Banding
Walangan Khas Sragen

Tahukah kamu bahwa makanan walangan ini bukan belalang tapi makanan khas yang bahan utamanya terbuat dari singkong yang telah diparut lembut? Hehehe ….

Walangan termasuk makanan khas tradisional dari Sragen. Rasanya jangan ditanya lagi, tidak kalah jauh deh, dengan makanan tradisional yang lainnya. Rasa legit, manis campur renyah akan membuat lidahmu terasa ketagihan.

Sebelum makanan ini dicampur dengan cairan gula, terlebih dahulu dibiarkan dulu selama satu malam. Kamu bisa menemukan walangan di tempat penjual makanan-makanan khas yang ada di Sragen. Jangan menyesal karena tidak mencicipi kelezatan makanan satu ini!

Soto Girin Khas Sragen

Makanan Khas Sragen Yang Lezatnya Tiada Banding
Soto Girin Segar

Seperti daerah-daerah lain yang ada di Jawa Tengah, Sragen juga memiliki makanan khas berupa soto. Rasa kelezatan tiada tara dijamin akan membangkitkan selera makanmu. Soto ini dinamakan soto girin dikarenakan yang menciptakan adalah bernama Mbah Girin. Usaha soto ini konon telah dirintis sejak tahun 1954, loh. Sangat legendsekali ya!

Kenapa soto girin begitu legendaris dan sangat terjaga kekhasannya secara turun temurun? Karena pemiliknya begitu kuat dalam mempertahankan cara masaknya yang masih tradisional. Soto girin dimasak dengan cara tradisional dengan kuahnya yang masih dimasak di atas tungku kayu bakar dan bumbu pilihannya juga tidak kalah lezat karena merupakan bumbu rahasia yang turun temurun.

Isi dari soto girin sebenarnya tidak berbeda jauh dengan soto pada umumnya, yaitu seledri, kecambah, suwiran daging ayam dan bawang goreng. Tapi kuahnya yang kental karena kaldu dengan warna kuning kecoklatan yang membuat soto girin lebih unik dari soto di daerah lain.

Untuk bisa mencicipi soto ini, kamu kalau sedang berkunjung bersama kerabat kamu bisa mengunjungi daerah Sragen Kulon yang tepatnya berada di kawasan Jalan Brigjen Soekamto. Jangan lupa mencicipi sebelum menyesal telah melewatkannya!

Baca juga : Makanan Khas Demak

Bakso Rusuk Palur di Sragen

Makanan Khas Sragen Yang Lezatnya Tiada Banding
Bakso Rusuk Palur Enak

Bagi kamu pecinta kuliner berupa bakso, kamu wajib banget mencicipi makanan khas Sragen berupa bakso ini. Namanya adalah bakso rusuk palur. Bakso rusuk palur disajikan bersama dengan beberapa bakso yang kemudian ditambah dengan tulang rusuk iga sapi yang akan membuat santapan baksomu semakin maknyus dan terasa nikmat tak terkira.

Apalagi ditambah dengan kentalnya kuah serta tekstur daging empuk. Dijamin akan membuatmu selalu terbayang-bayang meski sudah balik ke rumah. Untuk bisa mencicipi makanan satu ini, kamu bisa datang di kawasan Sine tepatnya di Jalan Sukowati dengan harga yang tentu sebanding lah ya, dengan kelezatannya.

Lainnya : Makanan Khas Kebumen

Gathot Makanan Khas Sragen

Makanan Khas Sragen Yang Lezatnya Tiada Banding
Gathot Yang Enak

Gathot adalah makanan tradisional khas Sragen yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Karena kelezatan gathot tidak kalah jauh dengan makanan lainnya. Makanan ini bahkan sekarang memiliki banyak varian rasa karena permintaan pasar. Seperti rasa original, rasa nangka dan rasa pisang.

Supaya lebih gurih, gathot diberi gula merah dan sedikit garam lalu ditaburi dengan parutan kepala. Bahan utama gathot adalah singkong yang dibuat gaplek. Gaplek yang sudah jadi kemudian direndam dengan air lalu dicuci berkali-kali. Setelah dicuci, maka gathot dipotong-potong dan terakhir dikukus. Penasaran ingin mencoba rasanya kayak gimana? Ayo buruan sebelum menyesal.

Itulah  makanan khas dari Sragen yang bisa kami uraikan. Jika kamu sekarang ini sedang berkunjung ke Sragen, jangan lupa untuk mencicipi beberapa makanan khas di atas. Semoga menambah pengetahuan tentang makanan khas Sragen, ya. Selamat berlibur!