9 Makanan Khas Subang Terpopuler, Bisa Bikin Ketagihan

Makanan khas Subang yang paling populer dan mudah ditemukan di pinggir jalan adalah nanas simadu. Selain itu, simak beberapa ulasan berikut!

9 Makanan Khas Subang Terpopuler, Bisa Bikin Ketagihan

Ceroboh.com – Setelah membahas mengenai makanan khas yang ada di daerah Sumedang, masih dengan Provinsi yang sama sekarang saya akan membahas mengenai makanan khas yang ada di daerah Subang.

Subang merupakan salah satu provinsi di Jawa Barat yang menghasilkan banyak jenis buah-buah segar. Selain terkenal dengan hasil buahnya yang melimpah, Subang juga terkenal dengan keunikan makanan khas yang tak kalah lezat dibanding daerah lain.

Buat para pecinta kuliner rasanya belum lengkap kalau mampir di daerah Subang. Namun belum mencicipi beberapa jenis makanannya yang lezat dan bikin ketagihan.

Lalu, apa saja ya makanan khas dari Subang yang menggugah selera?

Yuk simak penjelasan di bawah ini tentang makanan khas Subang yang akan bikin lidahmu ketagihan:

1. Dodol Nanas Khas Subang

9 Makanan Khas Subang Terpopuler, Bisa Bikin Ketagihan
foto instagram/@kalsareater

Makanan khas dari Subang yang pertama mungkin kamu bisa nyobain dodol nanas khas Subang. Kita tahu, kan. Subang meruoakan daerah yang tanahnya sangat cocok untuk ditanami nanas.

Nah, dodol nanas inilah salah satu olahan nanas yang ada di Subang. Dodol nanas yang legit dan lembut di mulut sangat cocok dimakan dimakan ketika sore hari bersama teh hangat.

Jika kamu mampir di daerah Subang, kamu bisa membawanya sebagai oleh-oleh untuk kerabat, tetangga atau teman dekat.

2. Nanas Madu Khas Subang

9 Makanan Khas Subang Terpopuler, Bisa Bikin Ketagihan
foto instagram/@nanassimadu

Nah, inilah buah khas Subang yang sangat populer di kalangan masyarakat. Kamu akan menemukan banyak sekali nanas simadu melimpah ruah di berbagai daerah Subang.

Jika dibandingkan dengan nanas-nanas lain, buah nanas simadu rasanya lebih manis dan khas. Itulah kenapa buah ini banyak diburu para wisatawan yang berkunjung ke Subang.

Selain dijual dalam bentuk buah langsung, nanas simadu juga diolah menjadi makanan khas seperti dodol, kripik, nasi goreng nanas atau nanas coklat.

Lihat juga: Makanan Khas Sumedang

3. Bubuy Hayam Khas Subang

9 Makanan Khas Subang Terpopuler, Bisa Bikin Ketagihan
foto instagram/@yantisrimuryanti

Selanjutnya beralih ke makanan khas Subang berupa kuliner. Nah, kuliner ini sekarang sedang hits dan populer di daerah Subang. Namanya bubuy hayam Sumedang.

Sesuai dengan namanya, bubuy hayam tentu saja diolah dari bahan utama daging ayam. Tepatnya daging ayam kampung. Daging ini dibumbui dan dibungjus daun pisang. Kemudian diolah dengan cara dibubuy (dimasukkan dalam bara sekam selama beberapa jam).

Kamu bisa menjumpai bubuy hayam kamung di Warung Bubuy Hayam Mak Atik. Aromanya yang khas membuat bubuy hayam selalu dipadati para wisatawan ketika berkunjung warung ini.

4. Nasi Goreng Nanas Subang

9 Makanan Khas Subang Terpopuler, Bisa Bikin Ketagihan
foto instagram/@renata_widianto

Selanjutnya kamu mungkin bisa mencicipi nasi goreng nanas khas Subang. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa Subang merupakan daerah penghasil nanas yang sangat melimpah ruah.

Nah, kali ini nanas madu diolah dalam bentuk nasi goreng nanas. Cita rasa nasi goreng  nanas bercampur antara gurih, segar dan juga ada manisnya.

Biasanya kamu akan menjumpai nasi goreng nanas pada hidangan-hidangan yang disajikan di hotel-hotel yang ada di wilayah Subang.

5. Ikan Lapan Krispi Subang

9 Makanan Khas Subang Terpopuler, Bisa Bikin Ketagihan
foto instagram/@helloibubudi

Beralih ke makanan khas Subang berupa camilan ringan, yaitu ikan lapan krispi. Jika ada orang dari luar kota yang mampir di Subang, biasanya menyempatkan mampir untuk membeli camilan ringan satu ini.

Selain kriuk dan gurih karena juga bisa dijadikan camilan ketika perjalanan, makanan ini juga terjangkau. Varian rasanya pun banyak. Mulai dari balado, original, barbeque hingga rasa keju.

Mudah, kok, menemukan ikan lapan krispi ini. Kamu bisa menjumpainya di kelompok Mina Jaya. Jangan lupa cobain kriuk khasnya, ya!

6. Delipel Khas Subang

9 Makanan Khas Subang Terpopuler, Bisa Bikin Ketagihan
foto instagram/@miss_kuliner

Mungkin agak sedikit asing nama makanan khas dari Subang satu ini. Sebut saja namanya delipel. Delipel sendiri merupakan kependekan dari Delicious Pinapple.

Sebenarnya delipel ini awalnya produksi rumahan, yang kemudian dijadikan makanan khas. Nah, usaha rumahan ini kemudian juga membuat toko yang berada di pusat kota Subang. Namanya Wisma Karya.

Wisma Karya memproduksi berbagai macam olahan nanas. Yang paling laris dan paling diburu pelancong adalah delipel pie. Jangan lupa mampir dan cobain, ya!

7. Kerupuk Miskin Khas Subang

9 Makanan Khas Subang Terpopuler, Bisa Bikin Ketagihan
foto instagram/@kerupuk.jayamulya

Makanan khas Subang selanjutnya kamu bisa menjumpai camilan ringan berupa kerupuk miskin. Kerupuk miskin juga banyak diburu pelancong loh.

Dinamakan kerupuk miskin dikarenakan media yang dipakai untuk menggoreng bukan dengan minyak goreng, namun dengan pasir. Agar menarik, kerupuk ini biasanya dibuat dengan warna merah dan kuning.

Renyah dan nikmatnya kerupuk miskin akan membuat mulutmu tak henti nyemilnya deh. Kamu juga bisa menjadikan kerupuk miskin sebagai teman saat kamu makan nasi.

8. Nasi Liwet Khas Subang

9 Makanan Khas Subang Terpopuler, Bisa Bikin Ketagihan
foto instagram/@butiktumpeng

Nasi liwet menjadi memang menjadi makanan khas di beberapa daerah di Indonesia. Tak terkecuali di daerah Subang. Biasanya nasi liwet Subang disajikan bersama sambal terasi dan nila goreng.

Kamu bisa menyantap nasi liwet Subang dalam keadaan hangat. Sebab, cuaca Subang yang dingin sangat mendukung sekali.

Rasanya yang maknyus akan membuat kamu ketagihan dan ingin nambah lagi deh. Jangan lupa cobain, ya.

Lihat juga: Makanan Khas Kuningan

9. Abon Jantung Pisang Subang

9 Makanan Khas Subang Terpopuler, Bisa Bikin Ketagihan
foto instagram/@lenidenyra

Terakhir kamu mungkin bisa nyoba makanan khas berupa abon jantung pisang yang berasal dari Subang. Jika daerah lain mengolah lele atau ikan nila menjadi abon, maka Subang mengolah abin jantung pisang menjadi abon.

Buat kamu yang tak menyukai abon daging, kamu bisa mencoba abon yang berbahan dasar sayur ini. Para wisatawan pun banyak yang memburu abon jantung pisang sebagai oleh-oleh untuk orang-orang rumah.

Jika mampir ke Subang, jangan sampai menyesal karena tak membeli abon jantung pisang ini!

Demikian beberapa makanan khas Subang yang bisa kamu cicipi kelezatannya. Mungkin kamu juga bisa membawanya sebagai oleh-oleh untuk orang rumah. Selamat menikmati kuliner!

BERI KOMENTAR