8 Makanan Khas Sukabumi Paling Populer Kelezatannya

Banyak pilihan makanan khas Sukabumi dengan rasa yang lezat. Kali ini saya mengulas delapan makanan paling populer yang ada di Sukabumi.

8 Makanan Khas Sukabumi Paling Populer Kelezatannya

Ceroboh.com – Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki makanan-makanan khas yang citarasanya selalu unik dan tak bisa ditemukan di daerah lain. Tak terkecuali Sukabumi.

Sukabumi merupakan salah satu kota kecil yang ada di daerah Jawa Barat. Sukabumi memiliki cuaca iklim yang sejuk dan segar. Mungkin karena itulah Sukabumi banyak dijadikan tempat melepas penat bagi mereka yang tinggal di kota yang ramai dan terlalu panas.

Sukabumi memiliki banyak sekali kekayaan kuliner khas yang akan membuat lidah para pencicipnya ketagihan.

Lalu apa saja sih, makanan khas Sukabumi yang bikin lidah ketagihan?

Yuk simak beberapa makanan khas dari Kota Sukabumi yang dijamin akan membuat kamu ketagihan ini:

1. Nasi Uduk Ungu Sukabumi

8 Makanan Khas Sukabumi Paling Populer Kelezatannya
foto instagram/@lysa_tangkulung

Makanan khas Kota Sukabumi pertama yang bisa kamu cobain yaitu nasi uduk ungu khas Sukabumi. Bisa dibilang nasi uduk ini adalah makanan khas yang sangat unik.

Warna ungu yang dihasilan dari olahan nasi uduk ini berasal dari ubi ungu (taro). Nah, nasi uduk ungu ini biasanya disajikan bersama dengan telur dadar, tempe dan tahu serta sambal dan lalapan.

Biasanyanya telur dadar dibentuk tipis dan dijadikan alas nasinya. Penasaran kan dengan kuliner Sukabumi satu ini? Jadi jangan lupa cobain kalau mampir.

2. Sekoteng Singapore Khas Sukabumi

8 Makanan Khas Sukabumi Paling Populer Kelezatannya
foto instagram/@mencla_mencle

Beberapa dari kamu pasti ada yang bertanya. Ini sebenarnya sekoteng dari Singapure atau dari Sukabumi sih? Hehehe.

Sebenarnya makanan khas Sukabumi ini adalah minuman tradisional asli Indonesia. Sekoteng singapure terdiri dari kacang hijau, kacang tanah, agar-agar pacar cina dan juga roti yang dipotong-potong.

Selain itu, sekoteng singapure juga ditambah dengan segarnya buah kelengkeng serta biskuit yang akan membuat sekoteng semakin terasa mantap.

Lihat juga: Makanan Khas Subang

3. Mochi Lampion Sukabumi

8 Makanan Khas Sukabumi Paling Populer Kelezatannya
foto instagram/@lupilupi.sale

Beralih ke minuman khas, kamu bisa menjumpai minuman khas Sukabumi berupa mochi lampion. Bisa dikatakan, mochi lampion merupakan makanan khas yang legendaris.

Sebab, mochi ini berdiri sejak tahun 1983 loh. Lama banget kan? Semakin hari, variasi rasa mochi juga semakin banyak.

Kamu bisa menjadikan mochi lampion ini sebagai buah tangan untuk kerabat dan tetanggamu. Atau mungkin juga teman dekatmu. Jangan lupa mampir dan beli, ya!

4. Roti Priangan Sukabumi

8 Makanan Khas Sukabumi Paling Populer Kelezatannya
foto instagram/@gurilaps

Selain mochi, makanan khas Sukabumi lain yag juga masuk dalam kategori makanan legendaris yaitu roti priangan. Sebab, roti priangan ini sudah eksis sejak tahun 1943 yang dibuat dan dipopulerkan oleh Oey Tjiang Lie.

Roti priangan memiliki tekstur yang lembut. Jika sudah berada di mulut, tentunya akan membuat lidahmu ketagihan deh.

Kamu juga bisa menjadikannya oleh-oleh untuk kerabatmu di rumah. Jangan sampai menyesal karena nggak jadi beli, ya!

5. Kue Jahe Khas Sukabumi

8 Makanan Khas Sukabumi Paling Populer Kelezatannya
foto instagram/@asriistiqomah

Selanjutnya kamu akan menjumpai makanan Kebumen berupa camilan. Camilan ini berasal dari jahe yang kemudian dibuat kue kering.

Kue jahe diolah dengan cara jahe diparut dan kemudian dipadukan dengan gula. Semakin zaman berkembang, kini kue jahe memiliki banyak varian rasa dan juga bentuk yang makin unyu-unyu.

Nah, jika kamu bingung mau membeli oleh-oleh apa ketika berkunjung ke Sukabumi, kamu bisa membeli kue jahe ini.

6. Bubur Ayam Sukabumi

8 Makanan Khas Sukabumi Paling Populer Kelezatannya
foto instagram/@eriscafuji

Di Sukabumi, kamu akan menemukan makanan khas Sukabumi berupa bubur ayam. Memang sih, bubur ayam adalah makanan yang sudah biasa di kalangan masyarakat.

Namun tentu saja bubur ayam Sukabumi memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri. Yang membedakan dengan bubur ayam lain adalah bubur ayam Sukabumi dicampur dengan suwiran ayam kampung dan juga potongan risol.

Kamu bisa menjumpai bubur ayam ini di tempat Bubur Ayam Bu Nut. Rasanya yang gurih dijamin akan menggugah selera makanmu, deh!

7. Surabi Khas Sukabumi

8 Makanan Khas Sukabumi Paling Populer Kelezatannya
foto instagram/@irma_chimotz

Kalau di daerah Karawang kamu menemukan surabi hijau, di daerah Sukabumi kamu juga akan menemukan makanan surabi khas Sukabumi juga.

Nah, yang membedakan surabi Sukabumi dengan surabi lainnya adalah bahwa surabi Sukabumi dibuat dari durian. Jadi, sangat cocok buat kamu yang suka banget dengan buah durian.

Surabi ini juga banyak diburu oleh para wisatawan luar kota yang berkunjung ke Sukabumi. Gimana, penasaran dengan surabi durian Sukabumi?

Lihat juga: Makanan Khas Sumedang

8. Sagon Bakar Ciaul

8 Makanan Khas Sukabumi Paling Populer Kelezatannya
foto instagram/@onasih_abilcake

Makanan khas Sukabumi berikutnya berupa camilan. Nama kuliner tersebut yaitu sagon bakar ciaul. Pernah mendengarnya nggak?

Sagon bakar dibuat dari bahan utama aci dan kelapa. Varian rasanya juga banyak. Seperti rasa coklat dan rasa keju.

Kamu bisa menjadikan sagon bakar sebagai oleh-oleh dari Sukabumi. Jangan lupa beli sagon, ya!

Demikian adalah beberapa makanan khas Sukabumi yang akan membuat lidahmu menari-nari. Kamu bisa menjadikan beberapa makanan khasnya sebagai oleh-oleh untuk orang rumah. Selamat berkuliner, ya!

BERI KOMENTAR