10 Makanan Khas Sulawesi Yang Populer Kelezatannya

Banyak banget pilihan makanan khas Sulawesi yang enak-enak rasanya. Dijamin bakal bikin kamu ketagihan ketika mencicipinya.

10 Makanan Khas Sulawesi Yang Populer Kelezatannya

Ceroboh.com – Makanan yang ada di Sulawesi tak kalah enak dengan makanan khas daerah lainnya, loh. Karena Sulawesi memiliki banyak sekali makanan khas yang bisa kamu jumpai.

Selain jumlahnya yang beraneka ragam, makanan di kota ini tak kalah dari segi rasa yang lezat dan bisa memanjakan lidah serta mulut para penikmatnya. Dan tentunya beberapa ada yang memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi.

Ketika berkunjung ke Sulawesi, jangan lupa untuk menikmati salah satu makanan khasnya yang menjadi buruan para wisatawan ketika berkunjung ke Sulawesi. Jangan sampai kamu menyesal, ke Sulawesi hanya lewat saja tanpa tahu rasa dari makanan khasnya. Nantinya bisa nyesal, loh!

Bagi kamu yang sudah pernah ke Sulawesi, tentunya sudah mencicipi salah satu dari makanan khas Sulawesi. Namun berbeda dengan kamu yang baru kali pertama mengunjungi Sulawesi, pasti kebanyakannya belum tahu sama sekali apa saja yang menjadi makanan khas di sana.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini Saya akan berbagi informasi mengenai makanan khas asli dari Sulawesi yang paling populer di sana. Agar kamu tahu apa saja yang menjadi makanan khas daerah Sulawesi ini.

Berikut ini 10 makanan khas Sulawesi yang harus kamu cicipi ketika berkunjung ke Sulawesi.

Jalangkote Khas Sulawesi

10 Makanan Khas Sulawesi Yang Populer Kelezatannya
Jalangkote Sulawesi

Jalangkote adalah salah satu makanan khas yang paling populer dan enak di daerah ini. Makanan khas Sulawesi yang satu ini bentuknya hampir sama dengan pastel. Namun keduanya tidak sama, karena kulit pada jangkote lebih tipis dari pastel, dan isinyapun tidak sama dengan pastel yang biasa sering kita lihat.

Jalangkote yang satu ini, memiliki isi yang lebih banyak jika dibandingkan dengan pastel, isi bagian dalamnya, biasanya campuran potongan kentang dan wortel yang dipotong berbentuk dadu, kemudian ada toge dan soun. Semua bahan itu ditumis dengan campuran bawang putih, bawang merah, merica dan diberi garam penyedap rasa.

Jalangkote ini sangat cocok disajikan menggunakan saus tomat. Pada saat bulan puasa, Jalangkote biasa dihidangkan sebagai menu pembuka puasa.

Baca juga : Makanan Khas Bangka Belitung

Nasu Palekko Khas Sulawesi

10 Makanan Khas Sulawesi Yang Populer Kelezatannya
Nasu Palekko

Bagi para pecinta daging, Nasu Palekko adalah makanan khas yang enak dan bisa memberikan kenikmatan tersendiri bagi yang mencobanya. Makanan ini bahan dasarnya adalah daging sapi, sehingga buat kamu para pecinta daging harus segera mencicipi Nasu Palekko. Makanan khas Sulawesi yang satu berbumbu santan yang hampir sama dengan coto.

Meskipin Nasu Palekko berbahan daging sapi sangat enak, Nasu Palekko berbahan baku daging bebek lebih populer lagi. Daging bebek yang digunakan bukan daging bebek sembarangan, melainkan daging bebek dengan kualitas tinggi dan masih bertekstur lembut.

Bagian yang paling digemari oleh pemburu kuliner adalah bagian leher bebek yang memiliki rasa yang kuat dan enak. Tentu saja, kamu harus merasakan kelezatan nasu palekko yang satu ini. Akan lebih enak jika dimakan bersama keluarga.

Coto Makasar Khas Sulawesi

10 Makanan Khas Sulawesi Yang Populer Kelezatannya
Coto Makasar

Tak kalah populer dengan Jalangkote, makanan khas yang selanjutnya adalah Coto Makasar. Makanan khas daerah Makasar ini sudah terkenal kemana-mana, bahkan sudah dikenal di tingkat mancanegara. Hampir sama populer dengan warung masakan padang yang ada diselurh Indonesia.

Di Sulawesi, warung dan restoran yang menjual menu Coto Makasar juga sangat banyak, sehingga ketika kamu main ke Sulawesi, sangat dengan mudahnya mendapatkan makanan enak yang satu ini. Bahkan tanpa main ke Makasarpun, kamu bisa menikmati Coto Makasar, karena bahkan di tempat dekat rumah kamu juga ada yang menjualnya. Tapi, tentunya akan berbeda sensasi rasanya ketika kamu menikmatinya langsung dari Sulawesi.

Karena makanan khas Sulawesi yang satu ini terbuat dari bahan baku jeroan daging sapi, kamu yang vegetarian alias tidak memakan daging tentunya sangat disayangkan tidak bisa menikmatinya.

Coto Makasar dibuat dengan cara yang unik, yaitu dengan merebus bahan bakunya pada waktu yang sangat lama di dalam air cucian beras. Lalu ditambah juga kacang tanah yang telah dihaluskan. Wahhhh, unik kan??

Coto Makasar sebagai makanan khas yang bisa dijumpai di Sulawesi dibuat menggunakan campuran bumbu rempah-rempah asli Nusnatara seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, kemiri, dan jinten yang di sangrai.

Coto Makasar sangat mantap dinikmati dengan buras atau ketupat. Kebayang deh, kenikmatan dari makanan Sulawesi ini. Pokoknya buat kamu yang belum pernah merasakannya, harus cepat-cepat mencoba kenikmatannya. Segera cek, di daerah kamu ada yang jual makanan khas ini nggak?

Burasa/Buras Buatan Sulawesi

10 Makanan Khas Sulawesi Yang Populer Kelezatannya
Burasa

Buras, atau biasa disebut Burasa juga merupakan salah satu makanan khas Sulawesi. Buras/Burasa jika dilihat sekilas, hampir sama dengan lemper. Namun berbeda, karena lemper merupakan makanan khas dari daerah Jawa.

Kemudian dari segi bahan baku juga beda, kalau lemper dibuat dari bahan baku ketan, sedangkan buras berbahan baku beras. Adapun kesamaan dari keduanya, yaitu pembungkusnya menggunakan daun pisang.

Burasa ini mempunyai keunikan pada cara menikmatinya. Yaitu dengan cara mencelupkannya pada bumbu yang dibuat dari campuran bumbu kelapa kering yang sudah di campur dengan gula, cabai dan garam. Burasa akan sangat nikmat jika dihidangkan dan dinikmati pada waktu sore hari, sebagai teman minum teh atau kopi.

Pada setiap acara syukuran, biasanya burasa ini selalu saja dihidangkan, bahkan pada saat acara pernikahan, dan juga hari raya lebaran. Ketika berkunjung ke Sulawesi, pastinya kurang lengkap kalo kamu tidak menikmati makanan khas yang satu ini.

Lihat juga: Makanan Khas Garut

Bubur Manado Khas Sulawesi

10 Makanan Khas Sulawesi Yang Populer Kelezatannya
Bubur Manado

Selanjutnya, khas Sulawesi yang harus kamu rasakan adalah Bubur Manado. Makanan khas yang satu ini digemari banyak orang, tidak hanya oleh warga Sulawesi saja. Melainkan orang-orang yang luar selain dari Sulawesi juga gemar menikmatinya. Termasuk penduduk warga Jawa.

Cara membuat Bubur Manado ini sangatlah mudah. Kemudian, kamu juga harus tahu bahwa memiliki banyak kandungan gizi yang cukup tinggi.

Cara pembuatannya tak jauh beda dengan bubur pada umumnya, berbahan baku beras dan air yang diaduk dalam sebuah wadah hingga masak mengental. Diberi campuran bumbu seperti merica, garam, dan bawang putih.

Namun berbeda dengan bubur biasanya, bubur manado ini bisa ditambahkan campuran labu kuning, kangkung, bayam, serta daun kemangi sesaat sebelum bubur benar-benar matang. Bisa juga diberi campuran ubi jalar merah, atau jagung manis yang telah dipipil.

Untuk kamu yang vegetarian, tentunya bubur ini sangat cocok dinikmati, terlebih sebagai pelengkap sarapan di pagi hari. Pada umumnya, makanan khas ini disajikan bersama ikan asin yang digoreng kering dan sambal sebagai pelengkap.

Pisang Epe Khas Sulawesi

10 Makanan Khas Sulawesi Yang Populer Kelezatannya
Pisang Epe

Makanan manis yang menjadi makanan khas Sulawesi adalah Pisang Epe. Bagi kamu pencinta makanan manis, tentunya harus mencoba makanan khas yang satu ini.

Namanya juga Pisang Epe, tentu saja makanan ini terbuat dari bahan baku pisang yang belum terlalu matang dan sebelumnya dipipihkan. Pisang Epe memiliki keunikan saat membuatnya, yaitu dibakar sampai sedikit kosong. Cara paling nikmat untuk menyantap pisang epe adalah dengan cara mencelupkan pisang tadi ke dalam saus gula merah.

Kalo kamu berkunjung ke Pantai Losari, tentu itu akan menjadi waktu yang paling tepat untuk menikmati Pisang Epe. Keindahan pemandangan Makasar, bersama suara deburan ombak dan pemandangan sunsetnya, akan sangat mendukung jika ditemani dengan pisang yang satu ini.

Mie Titi Khas Sulawesi

10 Makanan Khas Sulawesi Yang Populer Kelezatannya
Mie Titi

Mie Titi menjadi makanan khas yang paling unik dan paling bersejarah. Kenapa demikian? Karena makanan ini sudah ada sejak tahun 70-an dan sudah populer sejak saat itu. Mie Titi memiliki ciri khas pada bentuknya, memiliki tekstur yang lebih tipis jika dibandingkan dengan mie pada umumnya.

Menurut cerita, mie titi ini pertama kali dibuat oleh Ang Kho Tjau. Dia adalah seorang pemilik kedai keturunan asal Tionghoa/China. Dan kepada generasi berikutnya, beliau menurunkan kemampuan membuat mie yang tipis ini kepada anak cucunya.

Karena sudah lama sekali keberadaannya, Mie Titi sudah beberapa kali mengalami inovasi pada rasa dan cara penyajiannya. Biasanya Mie Titi disajikan menggunakan kuah kental yang sudah dicampuri dengan irisan jamur, daging ayam, hati, udang dan cumi.

Dan sebagai pelengkap, bisa ditaburi bawang goreng. mie titi ini sangat cocok dinikmati malam hari, apalagi kalo setelah turun hujan. Wahhhh, mantap pastinya menikmati hangatnya Mie Titi saat suasana sejuk.

Kasoami Khas Sulawesi

10 Makanan Khas Sulawesi Yang Populer Kelezatannya
Kasoami

Makanan yang berikutnya sering disebut Kosoami. Namun sebutan ini bagi sebagian besar warga Sulawesi Tenggara yang tak asing. Kosami biasa dikenal dengan sebutan Soami, makanan khas yang satu ini terbuat dari bahan baku ubi.

Bagi orang Sulawesi yang sudah biasa, tentu saja sangat mudah untuk membuat makanan ini. Tapi bagi para pemula, sepertinya akan menjadi tantangan tersendiri untuk membuat Kasoami. Karena untuk membuatnya, dibutuhkan kesabaran yang lebih.

Untuk pembuatannya yaitu dengan cara memarut ubi sampai halus, yang tentunya ubi tersebut sebelumnya dibersihkan dahulu. Selanjutnya ubi di peras hingga kering dengan menggunakan peralatan khusus. Alat itu berfungsi untuk mempercepat proses pengeringan. Kaosoami sangat enak jika dinikmati bersama ikan asin.

Lapa-lapa Khas Sulawesi

10 Makanan Khas Sulawesi Yang Populer Kelezatannya
foto ksmtour.com

Tahukah kamu, kalo Lapa-lapa adalah makanan khas Sulawesi Tenggara? Rasa dari makanan khas ini gurih dan nikmat, pastinya sangat nyaman di lidah. Apalagi kalo disantap bersama ikan asin, tentu saja ini bisa menambah selera makan kamu.

Jika di Jawa, lapa-lapa ini hampir mirip dengan Leupeut/Lepat. Namun pembedanya ada pada cara memasaknya, Lapa-lapa dimasak bersama campuran air santan hingga setengah matang dan langsung diangkat lalu didinginkan. Kemudian setelah itu, dibungkus menggunakan janur dan direbus kembali hingga benar-benar matang dalam waktu yang lama.

Baca juga: Makanan Khas Banyumas

Kapurung Khas Sulawesi

10 Makanan Khas Sulawesi Yang Populer Kelezatannya
Kapurung

Terakhir, ada yang namanya Kapurung. Di daerah Luwu, makanan ini sangatlah populer. Sepintas, Kapurung hampir sama dengan Bubur Manado karena keduanya sama-sama memakai sayuran sebagai campurannya.

Namun, keduanya berbeda, Kapurung terbuat dari tepung sagu yang diberi bumbu halus dengan bahan perasan jeruk nipis, cabe rawit dan air. Sebagai topingnya, ada daging ayam rebus yang di suwir-suwir kemudian ditambah kangkung, potongan terong ungu, daun katuk atau daun pakis. Makanan khas Sulawesi ini sanga nikmat jika disantap di malam hari.

Di Kepulauan Maluku, Kapurung dikenal dengan nama yang berbeda, disana sering disebut Pepeda. Kapurung banyak digemari masyarakat diluar Sulawesi karena memiliki rasa yang  lezat dan enak, serta mempunyai kandungan gizi yang tinggi.

Ini terlihat dari banyaknya restoran populer yang menyediakan menu kapurung. Tentunya, bagi kamu yang belum pernah memakannya, harus mencicipi makanan Sulawesi yang satu ini.

Demikianlah beberapa makanan khas Sulawesi yang paling populer dan enak yang harus kamu ketahui, kemudian kamu juga harus menikmati sensasi kenikmatan rasanya. Jangan sampai menyesal, ketika berkunjung ke Sulawesi tidak mencicipi salah satu dari sekian banyaknya.

Segera kunjungi tempat-tempat yang menyediakan makanan khas Sulawesi, ini bisa menjadi alternatif jika kamu tidak sedang berkunjung ke Sulawesi tapi ingin menikmati makanan khas daerah ini.

BERI KOMENTAR