9 Makanan Khas Sumedang Paling Enak Yang Melegenda

Makanan khas Sumedang yang paling populer dan paling melegenda adalah tahu Sumedang. Namun, selain itu ternyata masih banyak lagi yang lezat.

9 Makanan Khas Sumedang Paling Enak Yang Melegenda

Ceroboh.com – Biasanya, kalau mendengar kata Sumedang pasti akan terbesit makanan khas berupa tahu Sumedang. Makanan ini seperti sudah terkenal di seantero Nusantara.

Namun tentu saja selain tahu Sumedang, Kota Sumedang sendiri masih memiliki banyak sekali kekayaan kuliner yang akan menggugah selera makanmu.

Banyak jenis-jenis kuliner unik yang kelezatannya tak akan diragukan lagi. Jadi, kalau kamu singgah dan mampir ke Sumedang kamu akan menyesal jika tak mencicipi makanan khasnya.

Nah, lalu apa saja sih makanan khas dari Sumedang yang lezat dan akan membuat selera makanmu tergugah?

Berikut ini 9 makanan khas Sumedang yang paling populer dengan rasa yang super lezat:

1. Soto Bongko Khas Sumedang

9 Makanan Khas Sumedang Paling Enak Yang Melegenda
foto instagram/@humas_jabar

Makanan khas pertama dari Sumedang yang harus kamu coba yaitu soto bongko Sumedang. Tak lengkap dong, jika sebuah daerah tak memiliki makanan khas berupa soto yakan?

Penyajian soto bongko biasanya menggunakan lontong yang dipotong kecil-kecil dalam sebuah bungkusan agar besar. Soto kemudian dicampur dengan tahu dan tauge. Terakhir disiram dengan kuah kari santan yang gurih dan segar.

Biasanya dalam kuah kari tersebut ada potongan-potongan kepala ayam, ceker atau sayap. Inilah yang membuat soto bongko khas. Makanya tak heran jika soto ini dicari banyak wisatawan ketika berkunjung ke Sumedang.

2. Ubi Cilembu Khas Sumedang

9 Makanan Khas Sumedang Paling Enak Yang Melegenda
foto instagram/@andarwansyah

Selanjutnya kamu akan menemukan makanan khas Sumedang berupa ubi cilembu. Cilembu sendiri berasal dari daerah tempat ubi ditanam, yaitu daerah Cilembu Tanjungsari.

Ubi cilembu banyak diburu para wisatawan luar kota. Mereka bahkan sengaja mampir ke Sumedang hanya untuk membeli ubi cilembu. Pasalnya, rasa manis dari ubi ini sangat berbeda dengan ubi jenis lain.

Kamu bisa mengolah ubi cilembu dengan cara dibakar atau dipanggang di dalam oven. Jadi tunggu apalagi? Hayuk cobain ubi cilembu!

Lihat juga: Makanan Khas Banjarnegara

3. Sawo Citali Khas Sumedang

9 Makanan Khas Sumedang Paling Enak Yang Melegenda
foto instagram/@nikmahulfaa

Masih dengan makanan khas Sumedang berupa oleh-oleh yang bisa dibawa pulang. Makanan selanjutnya berupa buah sawo citali. Sebagian orang menyebutnya sawo sukatali karena berasal dari daerah Sukatali Situraja.

Kalau sawo citali sudah masuk ke mulut, manis dan segarnya sangat terasa. Dan tentu saja berbeda dari sawo jenis lain. Ini dikarenakan, daging dari sawo citali memiliki tekstur yang lembut dan maknyus di mulut.

Kamu bisa menemukan sawo citali di outlet-outlet berjajar di sepanjang jalan Situraja. Jangan lupa mampir, ya!

4. Peuyeum Singkong Sumedang

9 Makanan Khas Sumedang Paling Enak Yang Melegenda
foto instagram/@yue_cooking

Jika di daerah Kuningan ada peuyeum ketan yang sangat lezat, di daerah Sumedang kamu akan menemukan peuyeum singkong yang tak kalah menggiurkan.

Meski memang banyak daerah-daerah di Jawa Barat yang produksi peuyeum tentunya peyeum Sumedang memiliki kekhasan tersendiri. Pasalnya, singkong yang digunakan adalah singkong mentega berkualitas tinggi.

Kamu juga bisa menemukan peuyem sampeu (peuyeum singkong) di sepanjang jalan di daerah Sumedang.

5. Lahang Khas Sumedang

9 Makanan Khas Sumedang Paling Enak Yang Melegenda
foto instagram/@kaka.yun.

Beralih ke makanan khas Sumedang berupa minuman. Nama minuman ini yaitu lahang. Tahu nggak sih, kalau lahang adalah minuman isotonik alami yang tak mengandung zat berbahaya?

Dalam Bahasa Sunda sendiri, lahang berarti aren. Yups! Lahang adalah minuman manis dan menyegarkan. Lahang bermanfaat bagi tubuh karena bisa menambah energi.

Selain membuat tubuhmu bugar, harga yang ditawarkan pun tak mahal. Cobain yuk!

6. Salak Bongkok Khas Sumedang

9 Makanan Khas Sumedang Paling Enak Yang Melegenda
foto instagram/@nunnurfajriah

Makanan khas selanjutnya kembali ke makanan khas berupa oleh-oleh buah. Jika kamu berkunjung ke Sumedang namun bingung mau membeli oleh-oleh, kamu bisa nyobain beli salak bongkok saja.

Harganya yang terjangkau membuat salah bongkok juga diburu banyak wisatawan luar kota yang berkunjung.

Bongkok sendiri berasal dari nama daerah yang memroduksi salaknya. Tepatnya di Bongkok Paseh Sumedang.

7. Bandrek Khas Sumedang

9 Makanan Khas Sumedang Paling Enak Yang Melegenda
foto instagram/@bang_nhoer

Selanjutnya kamu akan menjumpai minuman khas Sumedang berupa bandrek. Hampir mirip dengan minuman penghangat–kalau di daerah Jateng biasa disebut dengan sekoteng atau wedang ronde.

Badrek terdiri dari jahe, gula merah, garam, serai, daun pandan, susu dan air yang sebelumnya diolah sedemikian rupa. Biasanya bandrek cocok diminum saat hujan-hujan atau malam hari sebagai penghangat tubuh.

Kamu bisa menemukan penjual bandrek pinggir-pinggir jalan Kota Sumedang. Harganya berkisar antara 5 ribu hingga 10 ribu rupiah saja.

8. Kadedemes Khas Sumedang

9 Makanan Khas Sumedang Paling Enak Yang Melegenda
foto instagram/@andreniagiawati9041

Mungkin sebagian orang masih asing dengan nama makanan khas Sumedang satu ini. Kadedemes merupakan makanan dari Sumedang yang berasal dari kulit singkong bagian dalam.

Kulit singkong biasanya diolah dengan cara dioseng dengan bumbu-bumbu khas Sumedang. Tentu saja rasanya tak kalah lezat dibanding dengan kuliner-kuliner lain.

Lihat juga: Makanan Khas Kuningan

9. Tahu Khas Sumedang

9 Makanan Khas Sumedang Paling Enak Yang Melegenda
foto instagram/@tahusumedangbunancy

Terakhir tentunya tak ketinggalan dong, makanan khas Sumedang berupa tahu Sumedang. Sebab tahu Sumedang adalah kuliner makanan khas paling terkenal seantero Nusantara.

Tahu Sumedang memiliki tasa yang gurih, lembut dan sangat maknyus digigit di lidah. Tahu Sumedang sangat enak jika dinikmati bersama dengan cabai rawit.

Kamu bisa menemukan tahu Sumedang di sepanjang jalan Sumedang.

Demikian beberapa makanan khas Sumedang yang bisa kamu cicipi langsung atau kamu bawa untuk oleh-oleh untuk kerabat atau teman dekatmu. Selamat berkuliner, ya!

BERI KOMENTAR