8 Makanan Khas Surabaya Paling Mantap Kelezatannya

Makanan khas Surabaya banyak sekali pilihannya, pada tulisan ini saya rekomendasikan 8 kuliner khas Surabaya yang paling lezat dan populer.

CEROBOH – Surabaya merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia. Berkunjung ke Surabaya rasanya kurang lengkap jika tak mencicipi makanan khasnya yang beragam.

Pasalnya, wisata kulineran di Surabaya tak akan membuatmu bosan. Bahkan jika kamu mencoba satu menu makanan khas berkali-kali pun, kamu tak akan bosan dan justru ketagihan mencicipinya.

Apa saja sih kuliner khas Surabaya yang paling lezat?

Well. Berikut ini adalah ulasan mengenai beberapa makanan khas Surabaya yang lezat dan bikin kamu ketagihan untuk mencicipinya:

1. Rawon Kalkulator Khas Surabaya

foto instagram/@original.kuliner

Makanan pertama yang wajib kamu coba ketika mampir ke Surabaya yaitu rawon kalkulator.

Dinamakan rawon kalkulator dikarenakan kasir yang menghitung total harga sangat cepat seperti kalkulator.

Tak hanya sekadar kecepatan kasir yang berhitung cepat, namun memang citarasa rawon kalkulator ini tak bisa dipungkiri kelezatannya.

Dagingnya yang empuk dipadu kuah hitam pekatnya yang sedap, dijamin membuatmu ketagihan dan ingin mencobanya lagi. Harga yang ditawarkan pun cukup 20 ribu saja per porsi. Murah, kan?

2. Soto Gubeng Khas Surabaya

foto instagram/@jajannyadevina

Selain rawon kalkulator, makanan khas selanjutnya yang wajib kamu cicipi yaitu soto gubeng. Banyak para wisatawan luar kota yang menggemari soto gubeng.

Dinamakan soto gubeng dikarenakan, gubeng merupakan salah satu kecamatan di Surabaya yang juga memiliki sebuah stasiun bernama Stasiun Gubeng.

Jangan lupa untuk mencicipi kelezatan soto gubeng yang bikin nagih, ya!

Baca juga: Makanan Khas Batu

3. Lontong Balap Khas Surabaya

foto instagram/@acarkiyut

Memang unik-unik sih, nama-nama makanan khas di Surabaya. Ada rawon kalkulator, ada juga lontong balap. Bukan berarti lontongnya balap-balapan, ya. Hehe.

Konon, disebut dengan lontong balap dikarenakan dulu penjual lontong balap biasa menjajakan lontongnya dengan wadah sejenis gentong dengan cara dipikul.

Nah, supaya penjual tak ketinggalan pembeli jadinya penjual lontong menjajakannya dengan cara berjalan cepat alias setengah berlari. jadi seolah terkesan saling balapan. Unik, bukan?

Lontong balap sendiri biasa disajikan dengan potongan lontong, lentho, tahu goreng, kecap dan bawang goreng. Selanjutnya lontong balap disiram dengan kuah khas yang lezat.

4. Sate Klopo Khas Surabaya

foto instagram/@wakacauw

Makanan khas Surabaya selanjutnya yaitu satw klopo. Dalam Bahasa Jawa, klopo artinya kelapa. Jadi, sate klopo adalah sate yang dibuat dengan dicampur parutan kelapa. Bukan sate yang berbahan dasar kelapa. Hehehe.

Sate kelapa sendiri merupakan sate yang dibuat dari daging sapi. Yang kemudian diiris tipis-tipis.

Jadi jika sate lain biasanya setelah diiris dibalur kecap dan bumbu sate pada umumnya. Nah, sate klopo dibalur terlebih dahulu dengan parutan kelapa.

5. Rujak Cingur Khas Surabaya

foto instagram/@arilukman

Rujak cingur sangat cocok buat kamu penggemar rujak level tinggi. Jangan khawatir. Rujak cingur di Surabaya ternyata memiliki dua variasi penyajian.

Ada rujak cingur variasi buah. Yang terdiri dari aneka buah-buahan rujak. Ada pula rujak cingur variasi matang/matengan. Biasanya terdiri dari lontong yang dipadu dengan sayuran matang.

Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmati rujak cingur ini. Kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar 20 ribu-an saja. Murah, kan?

6. Sego Sambel Khas Surabaya

foto instagram/@cecekuliner

Katanya, kurang lengkap kalau ke Surabaya belum nyobain sego sambel. Kuliner dari Surabaya satu ini sangat cocok buat kamu pecinta makanan pedas.

Sego sambel terdiri dari nasi hangat yang dilengkapi dengan sambal dan juga aneka lauk seperti telur, ayam goreng dan sebagainya

Banyak sekali wisatawan yang berdatangan dari luar Surabaya sengaja berburu dan menyantap makanan sego sambel.

7. Tahu Campur Kalasan Surabaya

foto instagram/@adopsilemak

Kuliner khas Surabaya berikutnya yaitu tahu campur kalasan. Tahu campur kalasan terdiri dari lontong yang dicampur dengan tahu.

Lalu tahu dan lontong disiram dengan kuah sup yang berisi daging sapi. Selain itu, tahu campur akan dipadukan dengan mie, tauge, selada dan kerupuk serta bawang goreng.

Jika kamu penasaran, kamu bisa berkunjung ke Tahu Kalasan Haji Mahfud dengan harga 20 ribu per porsinya.

Baca juga: Kuliner Khas Situbondo

8. Sate Ayam Lisidu Surabaya

foto instagram/@lisidu_jr

Terakhir, makanan khas dari Surabaya yang mesti kamu cobain adalah sate ayam lisidu.

Kekhasan dari sate ayam lisidu ini yaitu, irisan dagingnya tipis. Jadi tentu bumbunya lebih cepat meresap.

Jangan sampai menyesal ya, karena melewatkan sate ayam lisidu yang lezat ini!

Demikianlah ulasan saya mengenai beberapa makanan khas Surabaya yang populer dan terkenal. Jangan sampe menyesal karena melewatkannya. Selamat berkuliner!

BERI KOMENTAR