8 Makanan Khas Tasikmalaya Paling Populer dan Wajib Dinikmati

Makanan khas Tasikmalaya banyak sekali ragamnya. Berikut ini saya rangkum menjadi 8 kuliner khas Tasikmalaya yang wajib dinikmati.

Makanan Khas Tasikmalaya Paling Populer dan Wajib Dinikmati

CEROBOH – Kalau ngomongin Kota Tasik, pasti ngomongin soal kulinernya yang beragam dan lezat-lezat. Apalagi Kota Tasik menjadi kota yang paling sering dikunjungi para wisatawan dari berbagai kota.

Jika kamu adalah orang luar Sunda, kamu bisa jadi akan terpikat dengan makanan-makanan khas yang unik serta lezat di kawasan Tasik ini. Dijamin deh, sekali mencicipi, kamu akan ketagihan untuk mencicipinya lagi.

Apakah sekarang kamu sedang lewat atau sengaja berkunjung ke Tasikmalaya?

Kira-kira, kuliner khas Tasikmalaya apa ya, yang paling enak rasanya?

Berikut ini adalah 8 makanan khas Tasikmalaya yang paling populer dan wajib kamu cobain:

1. Kupat Tahu Tasikmalaya

Makanan Khas Tasikmalaya Paling Populer dan Wajib Dinikmati
foto instagram/@jajanditasikyuk

Makanan khas Tasik pertama yang wajib kamu cicipi kelezatannya yaitu kupat tahu khas Tasik. Biasanya kamu akan menemukan kupat tahu klasik di pedagang-pedagang kali lima pinggir jalan.

Memang sih, jika dilihat sekilas, kamu akan memandang kupat tahu ini mirip dengan kupat tahu biasanya. Namun jangan salah. Kupat tahu Tasik tentunya menggunakan bumbu khas Tasik sendiri yang tak ada di daerah lain.

Jangan lupa untuk nyobain kuliner kupat tahu ini kalau mampir Tasik, ya!

2. Nasi Cikur Tasikmalaya

Makanan Khas Tasikmalaya Paling Populer dan Wajib Dinikmati
foto instagram/@jajanditasikyuk

Selanjutnya masih dengan makanan khas Tasikmalaya berupa kuliner yang mengenyangkan. Nama kuliner tersebut yaitu nasi cikur Tasik. Selain mengenyangkan, tentunya kelezatan nasi cikur tak diragukan lagi.

Harganya yang murah meriah, membuat nasi cikur banyak diburu orang-orang dan para wisatawan luar kota untuk santapan makan siang atau sarapan mereka.

Kamu bisa menemukan nasi cikur di  Jalan Penyerutan Tasikmalaya. Tepatnya berada di pertigaan dekatnya.

Baca juga: Makanan Khas Jember

3. Sale Pisang Tasimalaya

Makanan Khas Tasikmalaya Paling Populer dan Wajib Dinikmati
foto instagram/@fridajoincoffee

Makanan khas berikutnya dari Tasik kamu bisa mencicipi sale pisang khas Tasik. Sesuai namanya, sale pisang Tasik dibuat dari bahan utama pisang. Sale disisir dengan ketebalan yang sedang, kemudian dijemur di bawah sinar matahari.

Setelah kering sale kemudian digoreng dengan terlebih dahulu dilumuri dengan tepung. Rasanya yang manis dengan dicamput gurih dijamin akan menggoyang lidahmu.

Buat kamu yang tertarik dengan sale pisang Tasik, kamu bisa menjumpainya di Toko Sale Manis Urang Tasik.

4. Nasi Tutug Oncom Tasikmalaya

Makanan Khas Tasikmalaya Paling Populer dan Wajib Dinikmati
foto instagram/@vi.vi1606

Kembali lagi ke makanan khas Tasikmalaya berupa kuliner yang membuat perut keronconganmu akan kenyang dan terisi penuh dengan kelezatan nasi satu ini. Jika kamu bukan orang Sunda, mungkin oncom adalah kata asing di telingamu.

Biasanya nasi tutug oncom diolah dari bahan utama nasi yang dipadu dengan oncom yang dipanggang. Untuk menambah aroma harumnya, nasi tutug oncom dicampur dengan cikur (kencur).

Penyajiannya dicampir dengan gorengan ayam, lalapan, tahu dan sambal. Jangan lupa cicipi makanan khas tutug oncom ini, ya!

5. Kemplang Khas Tasikmalaya

Makanan Khas Tasikmalaya Paling Populer dan Wajib Dinikmati
foto instagram/@ladymarind46

Sekilas kemplang ini mirip dengan opak khas Majalengka. Namun jika opak dibuat dari ketan saja, kemplang dibuat dari beras ketan dan juga kelapa.

Kemplang biasa dinikmati bersama soto dan bakso. Sebab, rasa gurihnya yang khas membuat membuat hudangan bakso atau sotomu semakin segar.

Jika kamu tertarik untuk menjadikan kemplang sebagai oleh-oleh, kamu bisa menemukan kemplang di banyak tempat di Tasikmalaya.

6. Kolontong Khas Tasikmalaya

Makanan Khas Tasikmalaya Paling Populer dan Wajib Dinikmati
foto instagram/@lurudinikasari

Masih dengan makanan khas Tasikmalaya berupa camilan ringan, berikutnya kamu bisa mencoba makanan khas berupa kelontong. Makanan ini dibuat dari bahan utama beras ketan, sama seperti opak dan kemplang.

Namun cara pembuatannya tentunya berbeda. Jadi, rasanya pun berbeda. Biasanya kelontong dijadikan para wisatawan sebagai oleh-oleh khas dari Tasik. Apalagi harganya yang tak begitu mahal.

Rasanya yang gurih dipadu kriuk, akan membuat lidahmu bergetar-getar dan ketagihan jika mencicipinya.

7. Tahu Bulat Khas Tasikmalaya

Makanan Khas Tasikmalaya Paling Populer dan Wajib Dinikmati
foto instagram/@samuelvalen14

Buat kamu yang suka jajanan tahu bulat, tentunya kamu tak asing lagi dong. Makanan yang dijual-jual dengan cara digoreng dadakan seharga limaratusan ini di atas mobil pick-up sangat masyhur di semua kalangan.

Tahu nggak sih bahwa sebenarnya tahu bulat ini berasal dari Jawa Barat terutama daerah Tasik. Nah, tahu bulat mulai populer sejak tahun 2013 lalu.

Rasa gurih dari tahu bulat, dengan tambahan cocolan sambal akan membuatmu ketagihan deh. Jangan lupa mencicipinya, ya!

Lihat juga: Makanan Khas Cimahi

8. Soto Khas Tasikmalaya

Makanan Khas Tasikmalaya Paling Populer dan Wajib Dinikmati
foto instagram/@aylin.marlina

Jika diperhatikan soto ini juga sangat terkenal di seantero Tasikmalaya. Makanan khas Tasikmalaya ini selain gurih, membuat segar juga karena kuahnya.

Jika kamu mampir di daerah Tasik, kamu bisa mencicipi makanan ini untuk mengisi perut kosongmu.

Demikian beberapa makanan khas Tasikmalaya yang wajib kamu cobain. Jangan lupa cicipi salah satu hingga tiga makanan khasnya, ya. Selamat berkuliner!

BERI KOMENTAR