8 Makanan Khas Tegal Yang Banyak Dicari Wisatawan

Main ke Tegal yuk? Dan jangan lupa jika sudah sampai di Kota ini untuk berburu kulinernya. Dijamin, makanan khas tegal berikut bikin kamu ketagihan.

Ceroboh.com – Indonesia adalah satu negara besar yang memiliki ragam budaya, makanan khas serta tempat-tempat wisata yang sungguh tak terhitung. Apalagi sekarang ada 34 provinsi yang menyebar di seluruh Nusantara.

Kebayang dong, kalau satu provinsi memiliki rata-rata 20 kabupaten dan setiap kabupatennya memiliki 10 jenis makanan khas, tempat wisata ataupun ragam budaya unik di dalamnya? Tentu saja sangat bingung jika harus memilih mana saja yang harus dinikmati dahulu. Iya, kan?

Nah, supaya tidak bingung, kali ini Saya akan menjelaskan beberapa makanan khas dari salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang terkenal dengan makanan khas warteg yang telah populer dan menyebar luas di seluruh Indonesia. Yaitu Kabupaten Tegal.

Berikut ini merupakan makanan khas dari Tegal yang tidak boleh kamu lewatkan kelezatannya ketika kamu berkunjung di daerah satu ini:

Rujak Teplak Khas Tegal

Makanan Khas Tegal Yang Banyak Dicari Wisatawan
Rujak Teplak di Tegal

Umumnya, rujak adalah makanan dengan irisan buah dengan disiram sambal yang berbahan gula jawa, asam dan atau bisa jadi ditambah kacang tanah, garam dan kemudian diberi cabe sesuai selera kepedasan. Akan tetapi rujak di daerah Tegal ini berbeda, loh!

Rujak teplak dibuat dari daun ubi, kangkung, kol, irisan ketimun dan tauge yang dikukus kemudian ditempatkan di daun yang dipincuk layaknya pincuk pecel Blora, terakhir disiram sambal. Nah, sambalnya ini yang bikin berbeda dari rujak lain.

Sambal dari rujak teplak ditambah dengan rebusan singkong yang diuleg bersama dengan sambal rujak pada umumnya. Rujak ini akan terasa lebih lezat lagi jika dimakan bersama dengan kerupuk. Kamu penasaran ingin mencoba, kan?

Lihat juga : Makanan Khas Karanganyar

Kupat Gabled Khas Tegal

Makanan Khas Tegal Yang Banyak Dicari Wisatawan
Kupat Gabled Enak

Kupat gabled merupakan makanan khas Tegal yang disajikan dengan irisan ketupat yang kemudian disiram dengan kuah berwarna kuning khas Tegal. Bahan dan bumbu dari kuah kuning diracik dari santan, maizena, garam serta kunyit. Nah, kunyit inilah yang membuat kuahnya menjadi berwarna kuning.

Kalau kamu ingin mencicipi makanan khas Tegal satu ini, kamu harus mendatangi sendiri Kota Tegal. Karena dijamin deh, kamu akan kesulitan menemukan kupat gabled di daerah lain selain di Tegal sendiri.

Dan jika kamu sekarang sedang berkunjung ke Tegal dan ingin mencicipinya, kamu bisa menemukan makanan khas satu ini di depan stasiun atau di kawasan sekitar alun-alun kota Tegal. Buruan cicipi sebelum menyesal karena sudah pulang ke rumah! Hehehe ….

Sate Kambing Muda Balibul Dan Batibul

Makanan Khas Tegal Yang Banyak Dicari Wisatawan
Sate Kambing Muda Hangat

Terdengar aneh nggak sih, namanya? Hahaha. Sebenarnya balibul dan batibul merupakan kependekan dari umur kambing yang dibuat sate tersebut. Balibul kependekan dari bawah lima bulan dan batibul kependekan dari bawah tiga bulan.

Kota Tegal memang terkenal dengan sate kambing mudanya yang sangat khas dan lezat. Mungkin alasan masyarakat Tegal membuat sate dari kambing muda konon dikarenakan semakin muda kambing semakin empuk tekstur dagingnya.

Oh iya, jika kamu berkunjung ke kota Tegal, kamu juga direkomendasikan mencicipi sate ini di kawasan Jalan Kapten Sudibyo tepatnya di Warung Sate Sari Mendo. Cus cobain!

Gemblong Ocar-acir Khas Tegal

Makanan Khas Tegal Yang Banyak Dicari Wisatawan
Gemblong Ocar-acir Khas Tegal

Kamu tahu gemblong, kan? Bagi masyarakat daerah Jawa Tengah, nama gemblong mungkin tidak asing lagi. Makanan tradisional satu ini bisa kamu temukan di kawasan pasar tradisional Kota Tegal.

Gemblong ocar-acir dibuat dari singkong yang dikukus lalu diuleni agar teksturnya lebih lembut , kemudian dibentuk lalu diiris kecil-kecil. Disajikan di atas daun pisang yang kemudian ditaburi kelapa. Jangan cemas. Harganya sangat terjangkau, kok.

Kalau kamu sedang berkunjung di Tegal, coba deh mampir di pasar tradisional Kota Tegal dan cicipi jajanan tradisional berupa gemblong ocar-acir.

Lihat juga : Tempat Wisata Kuliner di Cimahi

Teh Poci Khas Tegal

Makanan Khas Tegal Yang Banyak Dicari Wisatawan
Teh Poci Khas Tegal

Oh, tentu saja Tegal punya cara sendiri dalam menyajikan teh. Kegiatan menyeduh teh poci di daerah Tegal biasa disebut dengan istilah tradisi moci. Moci dilakukan dengan menyeduh teh dalam sebuah gerabah poci dengan air panas. Sedangkan gula yang dicampur ke dalam teh berupa gula batu.

Nah, yang membuat teh ini menjadi khas adalah, gerabah poci yang disiram air panas tersebut yang menimbulkan tehnya beraroma khas dan unik di hidung. Penasaran dengan moci dan teh poci? Jangan lewatkan minuman khas satu ini, ya!

Es Lontrong Khas Tegal

Makanan Khas Tegal Yang Banyak Dicari Wisatawan
Es Lontrong Segar

Setelah minuman hangat berupa teh, minuman khas Tegal selanjutnya berupa es segar. Cocok sekali buat diminum di siang hari. Apalagi kalau cuacanya sedang panas-panasnya dan butuh yang dingin-dingin. Tepat sekali jika memilih es lontrong.

Isi dari es lontrong terdiri dari cincau dan kacang hijau. Akan semakin segar karena ditambah dengan santan segar dan gula jawa atau sirup merah. Lalu terakhir diberi es batu yang sudah dihancurkan kecil-kecil.

Kamu bisa menjumpai minuman khas Tegal satu ini di kawasan Jalan Mayjen Sutoyo dekat Telkom yang tepatnya berada di Kecamatan Slawi. Ayo mampir ke sini!

Blendung Khas Tegal

Makanan Khas Tegal Yang Banyak Dicari Wisatawan
Blendung Asli Tegal

Sama halnya seperti gemblong khas Tegal, makanan khas berupa jajanan tradisional ini bisa ditemukan juga di pasar tradisional yang menyebar di kota Tegal. Harganyapun tidak mahal.

Cara penyajian blendung yaitu, jagung yang sudah di-upili kemudian di rebus hingga benar-benar medok dan lunak serta mekar. Setelah itu, ditaruh di piring atau daun pisang lalu dicampur rata dengan parutan kelapa muda. Yang membuat blendung semakin khas adalah, rasa manis dari jagungnya yang terasa unik dan sedap di lidah.

Baca juga : Makanan Khas Magelang

Glothak Makanan Khas Tegal

Makanan Khas Tegal Yang Banyak Dicari Wisatawan
Glothak Khas Tegal

Makanan satu ini disebut glothak karena pada saat dibuat, ia menimbulkan suara glothak-glothak yang berasal dari tulang ayam saat diaduk-aduk di atas panci saat memasaknya.

Bahan utama dari glothak adalah tulang ayam dan tempe embus atau gembus. Yaitu ampas dari tempe. Jangan tanya rasanya. Sangat lezat dan khas deh, pokoknya!

Apalagi bumbu rempah pilihannya yang diracik pas serta ditambah cabe rawit dan kaldu tulang ayamnya yang mantap dilidah. Dijamin ketagihan jika sekali mencoba.

Nah, itulah 8 makanan khas Tegal yang wajib kamu coba jika kamu berkunjung di Tegal. Semoga menambah wawasan tentang makanan khas kota yang terkenal dengan wartegnya ini, ya! Selamat berkuliner!