10 Makanan Khas Temanggung Paling Populer Dan Lezat

Kurang lengkap jika main ke Temanggung tidak menikmati kelezatan kulinernya. Yuk! rasakan makanan khas Temanggung yang enak ini.

10 Makanan Khas Temanggung Paling Populer Dan Lezat

CEROBOH – Mencoba makanan khas jika mampir ke suatu daerah memang menjadi kesenangan tersendiri bagi setiap orang. Tak terkecuali ketika mampir di Temanggung. Salah satu kota di Jawa Tengah.

Temanggung terkenal sekali dengan obyek wisata yang seru. Di sisi lain, makanan di Temanggung juga tak kalah seru dan terkenal. Jadi, tak salah jika banyak wisatawan yang menyempatkan mampir untuk mencicipi makanan-makanan khasnya.

Nah, sebenarnya apa saja sih kuliner khas Temanggung yang rasanya lezat?

Berikut ini adalah makanan khas Temanggung yang memiliki rasa paling enak:

1. Coro Bikang Khas Temanggung

Makanan Khas Temanggung Paling Populer Dan Lezat
Instagram/@uutsalim

Makanan khas pertama di Temanggung yang mungkin bisa kamu coba adalah kue basah bernama kue coro bikang. Rasa manis campur gurih karena campuran santannya akan membuatmu ketagihan, deh.

Kue coro bikang dibuat dari bahan utama tepung beras yang dicampur dengan santan, juga gula. Inilah yang menciptakan citarasa legit dan gurih menjadi satu. Biasanya coro bikang akan diberi warna agar lebih menarik.

Kamu bisa menjumpai coro bikang di pasar-pasar tradisional. Harganya jangan tanya. Tentu masih terjangkau.

Baca juga: Makanan Khas Solo

2. Bajingan Khas Temanggung

Makanan Khas Temanggung Paling Populer Dan Lezat
Foto cookpad.com

Kaget ya, mendengar nama makanan khas Temanggung satu ini? Ada-ada saja memang cara promosi setiap daerah. Tahu nggak sih, kalau bajingan adalah sejenis camilan manis?

Bajingan dibuat dari bahan utama singkong yang kemudian dipotong-potong kecil. Nantinya potongan singkong tersebut direbus dalam waktu tertentu. Terakhir dilumuri santan dan gula merah.

Kalau di daerah Blora, jajanan ini disebut juga tatak kriyak. Karena agak keras. Namun manis dan gurihnya bikin nagih, dong tentunya.

3. Empis-Empis Temanggung

Makanan Khas Temanggung Paling Populer Dan Lezat
Instagram/@nisa_setyadin

Di daerah Wonogiri, ada yang menyebut menu makanan ini dengan sebutan jangan lombok ijo. Bedanya, biasanya bahan olahan jangan lombok menggunakan irisan tempe.

Nah, kalau di Temanggung disebut juga empis-empis. Empis-empis ini sejenis sayur berkuah santan yang berwarna kuning. Ada empis-empis tahu, tempe, teri dan sebagainya.

4. Ndas Borok Khas Temanggung

Makanan Khas Temanggung Paling Populer Dan Lezat
Instagram/@dwisunuaja

Dalam Bahasa Jawa, ndas borok berarti borok kepala. Cukup terdengar weird di telinga memang. Namun jangan salah, ya. Rasa legit bercampur gurih bersatu bikin lidah kita nagih.

Masih dengan bahan utama singkong, ndas borok diolah dengan cara dikukus. Sebelum dikukus, bagian atasnya dicampur dengan gula jawa dan gula aren. Jadi pas dikukus, gula tersebut meleleh dan menguarkan aroma wangi gula.

Kamu bisa menjadikanya oleh-oleh untuk kerabat dan sanak saudara di rumah. Jangan lupa untuk mencicipi di Temanggung langsung juga, ya!

Lihat juga: Makanan Khas Purworejo

5. Mendut Khas Temanggung

Makanan Khas Temanggung Paling Populer Dan Lezat
Instagram/@masakan_bu_pon

Makanan khas Temanggung selanjutnya berupa kue yang rasanya manis. Mendut terbuat dari bahan dasar beras ketan. Kemudian di dalamnya diisi dengan gula merah.

Biasanya disajikan di atas daun pisang dan kemudian disiram dengan kuah santan yang gurih dan sedikit asin. Jika kamu mencobanya, kamu akan merasakan sensasi legit dari cairan gula merah yang pecah dari dalam.

Kamu bisa membeli mendut berbagai pusat oleh-oleh Temanggung dengan harga paling murah sekitar 20 ribu-an saja.

6. Sego Gono Temanggung

Makanan Khas Temanggung Paling Populer Dan Lezat
Instagram/@ibun_indahapsari

Sego gono adalah makanan tradisional yang sangat khas dari Temanggung. Konon, makanan ini dulu biasa disajikan ketika wiwitan (awal panen padi). Kadang juga dijual untuk anak-anak sekolah karena bahannya yang murah meriah.

Sego gono dibuat dari nasi, lembayung, garam, ikan teri serta kelapa parut yang dicampur menjadi satu. Dengan bahan yang ada, rasanya pasti sudah bisa ditebak.

Mulai dari asin, gurih dan sedap yang bercampur menjadi satu. Yang akan membuat lidah menari-nari. Harganya juga terjangkau. Cukup dari 5 ribu-an saja, kamu sudah bisa menikmatinya!

7. Balung Kuwuk Temanggung

Makanan Khas Temanggung Paling Populer Dan Lezat
Instagram/@rumah__bunee

Makanan selanjutnya beralih kembali ke camilan. Nama camilannya adalah balung kuwuk. Balung kuwuk berasal dari bahan utama singkong.

Nah, singkong tersebut kemudian diiris-iris tipis dan selanjutnya dijemur di bawah sinar matahari. Jika kering, kemudian diangkat dan digoreng. Biasanya balung kuwuk diberi variasi rasa seperti saus tomat atau gula jawa.

8. Kue Carang Gesing Temanggung

Makanan Khas Temanggung Paling Populer Dan Lezat
Instagram/@ririnhd

Makanan khas Temanggung selanjutnya berupa kue gesing. Beberapa orang menyebutnya kue carang gesing. Bahan utamanya berasal dari pisang.

Kue carang gesing diolah dengan cara dikukus dengan daun pisang. Tak lupa, diberi santan dan juga daun pandan.

Untuk citarasa, kue carang gesing sangat lezat dan mantap. Apalagi wangi daun pandan yang membuat rasa tradisionalnya masih terasa kuat.

9. Entho Cothot Temanggung

Makanan Khas Temanggung Paling Populer Dan Lezat
Instagram/@zippersmada

Masih dengan nama yang unik, nama makanan khas Temanggung selanjutnya adalah entho cothot. Tak jauh beda dengan jajanan khas lain dari Temanggung, entho cothot dibuat dari bahan utama singkong.

Rasa yang dihasilkan tak kalah gurih dengan jajanan lain. Apalagi krispy-nya yang sangat memanjakan lidah. Rugi deh, jika melewatkan makanan Temanggung satu ini!

Baca juga: Makanan Khas Purbalingga

10. Ketan Gudig Temanggung

Makanan Khas Temanggung Paling Populer Dan Lezat
Foto temanggungkuliner.blogspot.com

Tahukah kamu kenapa ketan satu ini diberi nama ketan gudig? Sebab, di antara ketan putih yang mulus tersebut ada polkadot-polkadot seperti gudig yang berwarna kecoklatan. Polkadot itu berasal dari kacang gelandang.

Kamu bisa menemukan ketan gudig di acara-acara hajatan atau pesta-pesta. Tapi jika kamu ingin mencicipinya, kamu bisa menjumpainya di pusat oleh-oleh Temanggung.

Itulah beberapa makanan khas Temanggung yang bisa kamu cicipi. Kamu bisa mencicipinya beberapa atau semua juga boleh. Selamat berkuliner!

BERI KOMENTAR