8 Makanan Khas Tuban Paling Enak dan Terkenal

Makanan khas Tuban banyak sekali aneka ragamnya. Berikut ini saya akan membahas beberapa kuliner khas Tuban paling enak dan populer.

Makanan Khas Tuban

CEROBOH.COM – Kali ini akan dibahas mengenai kuliner dan berbagai buah tangan yang ada di daerah Tuban. Tuban merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang lokasinya berada di pesisir pantura.

Banyak sekali tempat wisata di Tuban yang akan memanjakanmu. Selain wisata, ada juga makanan-makanan khas yang lezat dan tentunya akan membuat lidahmu menari-nari saking lezatnya.

Lantas, apa saja sih makanan khas dari Tuban yang populer dan bisa membuat lidahmu menari-nari?

Di bawah ini akan disajikan beberapa ulasan mengenai makanan khas Tuban yang populer dan terkenal akan kelezatannya:

1. Becek Menthok Khas Tuban

Makanan Khas Tuban
Foto dari Instagram/@latare.mbokjum

Makanan khas pertama dari Tuban yang musti kamu cicipi kelezatannya yaitu becek menthok. Menthok sendiri adalah itik manila atau enthok.

Jika dilihat sekilas, becek menthok mirip dengan kare. Namun tekstur kuah dari becek menthok lebih kental. Bumbu-bumbu khas dari olahannya bikin lidahmu ketagihan deh.

Kalau mampir Tuban, jangan lupa ya, nyobain becek menthok.

2. Belut Pedas Khas Tuban

Makanan Khas Tuban
Foto dari Instagram/@yusuffardachannel

Masih seputar makanan khas berupa kuliner lezat yang menggugah selera. Sesuai dengan namanya, belut pedas tentu saja diolah dari belut.

Memang, makanan-makanan dari Tuban terkenal akan kepedesannya. Termasuk belut ini, juga diolah dengan bumbu pedas.

Belut pedas sangat nikmat jika disantap ditemani dengan nasi hangat, dengan minuman segelas es teh yang menyegarkan.

3. Serabi Selong Khas Tuban

Makanan Khas Tuban
Foto dari Instagram/@rosslinna80

Jika di Solo ada serabi notosuman, maka di Tuban ada serabi selong. Serabi selong dibuat dari tepung beras. Kemudian untuk penyajiannya menggunakan kuah santan yang gurih.

Pembuatan serabi selong yang masih menggunakan cara tradisional dengan memanfaatkan tungku membuat citarasa ketradisionalannya masih kental.

Serabi selong cocok dimakan ketika hangat di pagi hari. Kadang-kadang warga Tuban menjadikan serabi selong sebagai pengganti sarapan pagi.

4. Ampo Khas Tuban

Makanan Khas Tuban
Foto dari Instagram/@ilovetuban

Makanan khas Tuban selanjutnya berupa jajanan tradisional berupa ampo. Ampo sendiri merupakan makanan yang dibuat dari tanah liat. Unik, bukan?

Dijamin, kamu akan sangat kesulitan mencari ampo selain di Tuban. Meski aneh, namun ternyata ampo banyak diburu oleh masyarakat. Baik penduduk lokal maupun wisatawan luar kota.

Ampo bisa kamu dapatkan di pasar-pasar tradisional. Nah, kalau kamu penasaran kamu bisa mendatangi pasar tradisional yang tersebar di Tuban.

5. Es Bubur Sumsum Tuban

Makanan Khas Tuban
Foto dari Instagram/@dapur.kay

Selanjutnya kamu akan menemukan kuliner berupa es bubur sumsum. Jika di beberapa daerah bubur sum-sum dijadikan makanan, maka di Tuban bubur sumsum dijadikan minuman.

Es bubur sumsum memiliki tekstur yang lembut. Jadi tidak jeran kalau es ini mudah  dimakan dan ditelan.

Es bubur sumsum sangat cocok disantap ketika matahari sedang terik-teriknya. Dijamin endeus di mulut!

6. Rajungan Khas Tuban

Makanan Khas Tuban
Foto dari Instagram/@caecillia_h

Karena Tuban berada di pesisir pantai utara, maka wajar jika makanan khasnya berupa rajungan. Rajungan sendiri merupakan binatang laut yang hampir sama dengan kepiting. Tapi tentu saja beda.

Nah, rajungan sangat cocok untuk kamu para penggemar seafood. Pengolahannya yang menggunakan bumbu khusus membuat rajungan semakin mantap citarasanya.

Jangan sampai menyesal jika mampir Tuban tapi tak mencicipi rajungan.

7. Garang Asem Khas Tuban

Makanan Khas Tuban

Makanan khas Tuban berikutnya yaitu garang asem. Beberapa orang mungkin masih asing dengan garang asem.

Garang asem sendiri merupakan daging ayam yang diolah dengan diberi kuah santan dan bumbu-bumbu khas. Selanjutnya garang asem dibungkus dengan daun pisang.

Garang asem sangat cocok disantap di siang hari ditemani nasi hangat dan es teh. Kelezatannya tiada banding deh pokoknya!

8. Dumbeg Khas Tuban

Makanan Khas Tuban
Foto dari Instagram/@syfoodies

Terakhir adalah makanan khas berupa jajanan tradisional, yaitu dumbeg. Dumbeg sendiri merupakan makanan khas yang diolah dari tepung beras yang dicampur santan dan gula merah.

Selanjutnya adonan dumbeg dituangkan ke dalam tempat dari daun kelapa yang berbentuk terompet.

Jangan lupa buat nyobain dumbeg khas Tuban, ya!

Demikianlah ulasan saya mengenai beberapa makanan khas Tuban yang populer dan terkenal. Jangan lupa cobain, ya. Selamat berkuliner!

BERI KOMENTAR