7 Makanan Khas Yogyakarta Paling Populer Dan Lezat

Makanan khas Yogyakarta sebenarnya banyak banget, pada bahasan ini, saya rangkum menjadi 7 makanan yang paling populer dan banyak diminati.

7 Makanan Khas Yogyakarta Paling Populer Dan Lezat

CEROBOH – Kata orang-orang, Yogyakarta adalah kota yang penuh dengan kerinduan. Tak salah jika para wisatawan yang mampir ke Kota Pelajar ini meninggalkan jejak-jejak kenangan setelah pulang. Wajar saja.

Selain banyaknya destinasi-destinasi wisata alam dan wisata non alam, ternyata Yogyakarta juga menyimpan banyak sekali kuliner-kuliner dan makanan khas yang tak kalah lezat dibanding dengan daerah lain di Indonesia–bahkan luar negeri.

Tentu, ada banyak sekali makanan-makanan khas Yogya yang menggugah selera makanmu. Bahkan kamu masih sempat terbayang-bayang meski sudah pulang ke rumah.

Jika kamu hanya mengenal gudeg Yogya, sebaiknya kamu mencicipi makanan khas lainnya juga deh.

Nah, lalu apa saja sih makanan-makanan khas Yogya yang wajib dicicipi?

Berikut ini adalah makanan khas Yogyakarta yang wajib sayang jika tak kamu cicipi:

Bakpia Pathok Yogyakarta

Makanan Khas Yogyakarta Paling Populer Dan Lezat
instagram/@chefeddry

Tak lengkap rasanya jika bepergian ke Yogya namun tak membeli makanan khas satu ini. Pasalnya, bakpia pathuk seperti makanan wajib yang harus dibeli.

Bakpia pathuk merupakan sejenis makanan yang berbentuk bulat dengan varian isi macam-macam. Mulai dari kacang, coklat dan masih banyak lagi.

Tak sulit menemukan bakpia pathuk. Toko bakpia di Yogya sudah tersebar rata di mana-mana. Nah, kalau mampir Yogya jangan lupa cobain, ya!

Sup Merah Khas Yogyakarta

Makanan Khas Yogyakarta Paling Populer Dan Lezat
instagram/@dapurbekal

Selanjutnya makanan khas berupa kuliner segar berkuah. Yaitu sup merah khas Yogya. Seperti gudeg, sup merah juga menjadi incaran para wisatawan jika mereka berkunjung ke Yogya.

Kamu bisa menjumpai sup merah di warung penjual sup merah yang sudah melegenda. Tepatnya Warung Sup Merah Bu Asih. Jangan lupa mencicipi kuliner segar ini, ya!

Kue Geplak Khas Yogyakarta

Makanan Khas Yogyakarta Paling Populer Dan Lezat
instagram/@rahsha_rie

Kue geplak juga termasuk salah satu makanan khas yang menjadi ikon makanan dari Yogya. Selain kue bakpia dan kuliner Gudeg.

Kue ini bahkan menjadi incaran para wisatawan dalam dan luar negeri jika mereka berkunjung berwisata ke Yogya. Legit dan lembutnya kue geplak memang membuat lidah kita ketagihan.

Jadi, jika kamu bepergian ke Yogya kamu jangan lupa untuk mencicipi kue geplak, ya!

Yangko Khas Yogyakarta

Makanan Khas Yogyakarta Paling Populer Dan Lezat
instagram/@dapoersikoko

Jika kamu masih asing dengan makanan khas Yogyakarta satu ini, kamu mungkin bisa membeli dan mencobanya. Sekaligus membawanya pulang juga untuk kerabat di rumah.

Yangki merupakan jajanan kue khas Yogya yang berbahan dasar tepung ketan, yang bentuknya kotak. Nah, luarnya juga dibalur dengan tepung ketan juga.

Tak beda jauh dengan moci, yangko juga diisi dengan kacang. Bedanya yangko lebih kenyal sedangkan moci lembut dan lembek.

Oseng-oseng Mercon Khas Yogyakarta

Makanan Khas Yogyakarta Paling Populer Dan Lezat
instagram/@sambelndoerrjogja

Oseng mercon terbuat dari bahan utama daging sapti yang diiris kotak kecil-kecil, kemudian dicampur dengan sambal khas yang pedasnya menggugah selera.

Jika kamu pecinta kuliner yang menfavoritkan makanan-makanan pedas, kamu bisa mencoba oseng-oseng mercon Yogya. Karena oseng ini pedasnya sangat masyhur di kalangan wisatawan.

Namun, kini ada pula oseng-oseng mercon yang tanpa cabai. Jadi, kalau kamu tak suka pedas bisa memesan tanpa cabai.

Kripik Belut Khas Yogyakarta

Makanan Khas Yogyakarta Paling Populer Dan Lezat
instagram/@kripik.budarsono

Selain pepes belut, ada juga belut olahan lain yang diolah dalam bentuk kripik. Karena bentuknya kripik, tentunya kamu bisa menjadikannya oleh-oleh khas Yogya untuk orang-orang di rumah.

Kamu bisa menemukan kripik belut di daerah Pasar Godean. Jangan lupa cobain, ya. Sebab, kripik belut sungguh kriuk sekali di mulutmu

Sate Kere Khas Yogyakarta

Makanan Khas Yogyakarta Paling Populer Dan Lezat
instagram/@nuzulafirdausi

Tak lengkap pula rasanya jika jalan-jalan bepergian ke Yogyakarta, namun tak mencoba sate kere. Orang-orang juga menyebut sate kere dengan nama sate rakyat.

Sate kere dibuat dari bahan utama jeroan sapi dan juga daging sapi. Banyak sekali sate kere yang tersebar di sekitar Kota Yogya. Dijamin tidak akan menyesal.

Sebenarnya masih banyak makanan-makanan khas Yogyakarta yang bisa dicoba. Nah, kamu bisa membacanya pada tulisan berikut ini:

  1. Makanan Khas Sleman
  2. Makanan Khas Kulon Progo
  3. Makanan Khas Gunungkidul
  4. Makanan Khas Bantul

Demikian beberapa makanan khas Yogyakarta yang bisa kamu coba jika kamu jalan-jalan ke kota ini.  Jangan lupa untuk mencoba satu hingga tiga makanan khasnya, ya. Selamat jalan-jalan di Yogyakarta!

BERI KOMENTAR