7 Manfaat Emas Di Berbagai Sektor Kehidupan Manusia

Manfaat emas banyak sekali, beberapa diantaranya adalah untuk dunia kedokteran, elektronik dan untuk lebih jelas baja artikel berikut ini.

Manfaat Emas Di Berbagai Sektor Kehidupan Manusia
ilustrasi freepik/@valadzionak-volha

CEROBOH – Kadang-kadang, ada beberapa orang yang bertanya. Kenapa sih, emas begitu dielu-elukan dan harganya sangat mahal? Kenapa semua orang mengagumi emas?

Jika ditelisik lebih dalam lagi, emas ternyata memang suatu logam yang memiliki kualitas baik. Keindahan kemilaunya yang memukau, membuat semua orang terpana. Banyak sekali keunggulan emas yang tak dimiliki oleh logam jenis lain.

Misalnya saja. Emas tak sulit jika dipadukan dengan logam lain. Komposisi emas juga sangat terlihat kuat. Bahkan emas sangat mudah untuk dipecah-pecah menjadi bentuk kabel atau bentuk lembaran.

Maka dari itu, emas dijadikan perhiasan untuk para wanita. Seperti gelang, kalung, cincin ataupun anting emas. Ada logam mulia atau emas batangan, yang kini mulai marak dijadikan sebagai investasi karena memiliki keunggulan tertentu.

Apa saja kegunaan emas, terutama dalam kehidupan sehari-hari kita?

Nah, berikut ini uraian saya mengenai beberapa manfaat emas terutama dalam kehidupan:

1. Emas Digunakan Sebagai Perhiasan

Manfaat Emas Di Berbagai Sektor Kehidupan Manusia
foto instagram/@teddy_macan

Fungsi emas yang pertama, kita semua tentu mengetahuinya. Oleh sebab kemilau indahnya, emas digunakan sebagai perhiasan. Terutama bagi para kaum hawa.

Bahkan, hampir 80 persen emas di dunia ini, memang diolah sedemikian rupa menjadi wujud perhiasan. Seperti kalung, gelang, anting hingga cincin.

Bagi sebagian besar orang, emas melambangkan kemakmuran dan kesuksesan hidup yang telah dicapai. Apalagi warga Indonesia.

Pasti kamu pernah kan, menemukan ibu-ibu yang ketika kondangan, arisan atau acara tertentu sengaja memakai gelang dan cincin emasnya untuk menunjukkan bahwa dia makmur, keren, sukses.

2. Dalam Dunia Kedokteran, Emas Berguna Sebagai Pengganti Gigi Asli

Manfaat Emas Di Berbagai Sektor Kehidupan Manusia
foto instagram/@super__jeweler

Emas merupakan logam mulia yang tidak memilki reaksi oksidasi sebagaimana logam lain seperti besi, seng dan sebagainya. Artinya, bahwa emas tidak akan berkarat.

Apalagi emas termasuk logam yang mudah dibentuk dan dipecah-pecah menjadi bentuk kabel atau lembaran-lembaran. Hal inilah yang membuat emas dianggap sebagai logam terbaik untuk mengisi rongga dan peralatan ortondik.

Jadi tak salah jika emas dimanfaatkan oleh dunia kedokteran untuk melapisi gigi palsu yang dipasang di dalam mulut. Untuk menggantikan gigi asli.

Baca juga: Kesalahan Membeli Emas

3. Emas Dijadikan Sebagai Nilai Tukar Berabad-abad Lamanya

Manfaat Emas Di Berbagai Sektor Kehidupan Manusia
foto instagram/@bestgradebills

Sejak berabad-abad lamanya, emas dulu sempat dijadikan sebagai nilai tukar untuk berbagai transaksi dan kegiatan berdagang.

Akan tetapi, karena keberadaan emas semakin langka akhirnya emas tak lagi dijadikan nilai tukar untuk keperluan transaksi.

4. Emas Digunakan Untuk Investasi

Manfaat Emas Di Berbagai Sektor Kehidupan Manusia
foto instagram/@pegadaian_jakarta_com

Kini seiring perkembangan zaman yang semakin maju. Meskipun emas tak lagi dijadikan sebagai nilai tukar utama dalam transaksi jual beli. Namun, emas dijadikan sebagai investasi yang memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi.

Bahkan beberapa waktu terakhir ini, emas mulai dijadikan sebagai investasi yang diminati banyak orang. Bahkan mulai marak di kalangan kaum-kaum muda seperti kaum milenial, misalnya.

Mereka menginvestasikan emas dalam berbagai bentuk. Mulai dari berinvestasi emas dengan trading, membelikan emas dalam bentuk perhiasan. Atau mungkin in investasi emas dalam bentuk logam mulia (emas batangan).

5. Emas Dijadikan Sebagai Medali

Manfaat Emas Di Berbagai Sektor Kehidupan Manusia
foto instagram/@dinosyarif_10

Dalam dunia kejuaraan turnamen tertentu, kita mengetahui bahwa juara satu, dua atau tiga biasanya mendapatkan medali perunggu, perak dan juga emas.

Dalam penghargaan-penghargaan bergengsi dunia, emas juga dijadikan sebagai medali penghargaan. Nah, di sinilah kegunaan emas yang dijadikan sebagai medali.

Hal ini dikarenakan, emas dianggap sebagai  barang berharga yang memiliki dedikasi tinggi. Jadi sangat pas jika dijadikan sebagai lambang kejuaraan dan penghargaan.

6. Emas Dijadikan Sebagai Patung

Manfaat Emas Di Berbagai Sektor Kehidupan Manusia
foto instagram/@rakeanantik

Dalam beberapa agama tertentu, selain dijadikan sebagai medali emas juga dijadikan sebagai patung dan berhala untuk dalam kepentingan agama mereka.

Bagi penganut agama Buddha dan Hindu, emas dianggap sebagai hal suci yang melambangkan sebuah keagungan. Bahkan di Thailad ada patung Buddha yang dibuat dari emas.

Lihat juga: Model Gelang Emas Terbaru

7. Emas Digunakan Dalam Dunia Elektronik

Manfaat Emas Di Berbagai Sektor Kehidupan Manusia

Manfaat emas selanjutnya yaitu emas dimanfaatkan orang dalam dunia elektronik. Karena emas adalah logam penghantar terbaik dan sekaligus tahan akan korosif, maka bahan pembuatan komponen elektronik terefektif adalah emas.

Jika kamu telisik lebih jauh, dalam prosesor komputer, radio hingga USB connector mengandung lapisan emas di komponen yang membentuknya. Meski memang kandungan emasnya hanya sekitar1/1000 gram saja.

Bahkan ada beberapa model barang elektronik sejenis HP yang sengaja dilapisi emas untuk membuat impresi bahwa barang tersebut mewah.

Emas memang berguna sekali ya, dalam berbagai sektor. Mulai dari sektor ekonomi hingga sektor elektronik. Sekarang sudah tahu, kan, apa saja manfaat emas selain sebagai perhiasan?

BERI KOMENTAR