7 Manfaat Media Sosial Bagi Remaja Millenial dan Gen Z

Ternyata banyak sekali manfaat media sosial bagi remaja, khususnya generasi millenial dan generasi Z, ayo simak penjelasannya!

Manfaat Media Sosial Bagi Remaja

CEROBOH – Pengguna media sosial kian hari semakin banyak saja. Setiap media sosial punya penikmatnya masing-masing. Terlebih dari itu, pengguna media sosial saat ini didominasi oleh kalangan remaja.

Para remaja banyak yang menggunakan media sosial untuk mempublikasikan kegiatan sehari-harinya. Mulai dari postingan yang berbentuk foto, video atau live storie.

Ada juga remaja yang menggunakan media sosial hanya untuk menikmati konten orang lain saja. Sehingga ia tak pernah update, hanya melihat-lihat halaman beranda media sosial miliknya.

Apapun kegunaannya media sosial memiliki manfaat tersendiri bagi kalangan remaja.

Apa saja sih manfaat yang bisa dirasakan remaja ketika menggunakan media sosial?

Berikut ini akan saya jelaskan 7 manfaat media sosial bagi remaja yang harus kamu ketahui:

1. Sarana Untuk Berinteraksi

Manfaat media sosial yang pertama, bagi para remaja adalah sebagai sarana untuk berinteraksi.

Dengan adanya media sosial, semua orang yang menggunakannya jadi bisa saling terhubung. Dan ini tanpa batasan wilayah. Dimanapun dan dengan siapapun semuanya bisa saling berinteraksi, asalkan ada kuota untuk terhubung ke internet.

Banyak sekali interaksi yang bisa dilakukan menggunakan media sosial. Diantaranya adalah mengirim pesan melalui inbox, berkomentar atau memberikan like pada postingan.

Bahkan saat ini, bisa menelpon dan video call dengan bantuan akun media sosial.

Dan yang sedang tren adalah melakukan interaksi dengan mengadakan seminar online—menggunakan media sosial. Salah satunya menggunakan akun Instagram.

Baca juga: Alasan Kenapa Memilih Promosi Melalui Media Sosial

2. Membuat Grup Komunitas

Manfaat media sosial berikutnya untuk para remaja yaitu bisa membuat sebuah grup atau komunitas.

Biasanya grup dibuat atas berdasarkan kesamaan. Baik kesamaan hobi, kesamaan domisili, bahkan kesamaan minat.

Dengan membuat sebuah komunitas, kamu bisa saling berinteraksi dan menukar informasi-informasi penting. Atau saling mengomentari atas postingan.

3. Sebagai Ekspresi Diri

Manfaat media sosial bagi remaja berikutnya adalah sebagai media untuk mengekspresikan diri.

Dengan menggunakan media sosial kamu bisa leluasa mempublikasikan konten sebagai sarana ekspresi diri.

Misalnya saja membagikan kegiatan harian yang bermanfaat, sehingga bisa ditiru banyak orang. Atau membagikan tips-tips bermanfaat yang kamu ketahui.

Hal semaca ini bisa bermanfaat untuk dirimu, juga untuk orang lain yang melihatnya.

4. Media Untuk Berkarya

Nah, jika kamu gemar berkarya, maka media sosial bisa menjadi sarana untuk berkarya. Misalnya saja jika kamu menyukai fotogfi, maka hasil dari jepretanmu bisa dipangpang di galeri Instagram. Hal ini juga bisa menjadi sebuah portfolio.

Banyak karya yang bisa kamu hasilkan, kemudian dibagikan kepada publik. Dengan bantuan media sosial, karyamu bisa dinikmati banyak orang.

Sehingga besar kemungkinan, ada yang tertarik untuk membelinya, atau menggunakan jasamu. Hal semacam ini tentu jauh lebih bermanfaat. Jika dibanding hanya menggunakan media sosial untuk scroll-scroll saja.

5. Untuk Mengembangkan Bisnis

Bagia sebagian yang sudah menggeluti jualan online, maka manfaat media sosial bagi remaja yang satu ini sudah tidak asing lagi.

Dengan bantuan media sosial, kamu bisa melakukan promosi dan mengenalkan produk kepada banyak audience. Nah, ini sangat berpotensi untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan banyak pelanggan.

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca tulisan berikut ini: Manfaat media sosial untuk bisnis.

6. Sumber Informasi Penting

Di media sosial, banyak juga yang menyebarkan informasi-informasi penting yang bermanfaat. Nah, jika kamu memaksimalkan media sosial dengan baik, maka hal ini bisa menambah pengetahuanmu terhadap informasi kekinian.

Cobalah sedikit peka, jika ada teman yang membagikan informasi penting, kamu sebisa mungkin membacanya hingga tuntas. Usahakan tidak membaca informasi setengah-setengah, agar tidak salah paham atau salah arti.

Kemudian, sebelum menyebarkan informasi tersebut, pastikan kamu sudah melakukan ferivikasi tentang fakta kebenarannya.

Sehingga informasi yang didapat bukanlah informasi hoax.

Pelajari juga: Cara Mengelola Media Sosial Untuk Sebuah Bisnis

7. Media Pembelajaran

Terakhir, media sosial juga bisa digunakan sebagai forum pembelajaran. Ada beberapa akun media sosial yang bisa kamu manfaatkan untuk mnecari pengetahuan baru.

Biasanya pembelajaran dikemas dengan menggunakan metode seminar online. Nah, kamu bisa mengikuti seminar-seminar tersebut agar pengetahuanmu bertambah.

Bagaimana, sudahkah memahami manfaat media sosial bagi remaja? Jika saat ini kamu hanya menggunakan media sosial untuk kepoin seseorang saja, maka mulai sudah waktunya memanfaatkan media sosial untuk hal-hal yang bermanfaat. Sebagaimana yang sudah saya jelaskan pada tulisan ini.

BERI KOMENTAR