Fungsi dan Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis

Sebelum lebih jauh mempelajari media sosial marketing, alangkah baiknya mempelajari dulu fungsi dan manfaat media sosial untuk bisnis.

fungsi dan manfaat media sosial untuk bisnis

CEROBOH – Media sosial merupakan salah satu platform yang paling banyak digunakan oleh orang-orang. Sebab, dengan bantuan media sosial, semua orang bisa saling terhubung dan melakukan interaksi.

Mulai dari saling berkomentar, memposting ulasan, membagikan foto, membagikan video bahkan membuat grup untuk sebuah komunitas.

Hal ini menjadi wadah baru untuk melakukan aktifitas sosial. Di lain sisi, juga menjadi peluang baru untuk mengembangkan sebuah bisnis.

Sebelumnya saya sudah membahas tentang hal ini, kamu bisa membacanya pada tulisan: Alasan kenapa media sosial penting untuk bisnis.

Pada intinya ada dua fungsi dari media sosial ketika digunakan untuk sebuah bisnis. Pertama, yaitu untuk berpromosi. Dan yang ke dua adalah sebagai media komunikasi dengan pelanggan.

Lalu apa saja fungsi media sosial lainnya ketika digunakan untuk sebuah bisnis?

Berikut ini akan saya jelaskan tentang manfaat media sosial untuk bisnis yang sedang dijalani:

1. Sebagai Media Promosi

Manfaat yang pertama adalah sebagai media untuk promosi. Dengan menggunakan media sosial, promosi akan semakin mudah dilakukan.

Sebab, media sosial memiliki fitur promosi yang sangat mumpuni. Baik itu promosi secara gratis alias manual. Ataupun promosi dengan menggukan iklan berbayar.

Kamu bisa menggunakan keduanya, sesuai kebutuhan dan budget yang dimiliki.

A. Promosi Iklan Gratis

Promosi iklan gratis bisa dilakukan dengan menggunakan media sosial. Kamu cukup memposting produk di halaman media sosial yang kamu gunakan. Maka produkmu bisa ditemukan oleh audience.

Banyak metode promosi gratis yang bisa kamu lakukan, misalnya saja dengan memberikan diskon. Atau program-program menarik lainnya, seperti membeli dua gratis satu.

Untuk itu, kamu harus memiliki followers yang banyak, agar iklan gratis semakin berdampak terhadap penjualan.

Untuk memdapatkan followers banyak di media sosial, kamu bisa membaca artikel berikut ini:

Cara Menambah Followers Media Sosial Secara Profesional

B. Promosi Iklan Berbayar

Iklan berbayar bisa menjangkau audience lebih banyak dari iklan grastis. Selain itu, kita bisa menargetkan audience yang related dengan produk milik kita.

Hampir semua media sosial, saat ini memiliki fitur iklan berbayar. Diantaranya:

Nah, melalui fitur-fitur ini, kamu bisa memperluas jangkauan pasar dengan menggunakan akun media sosial. Sehingga bisa meningkatkan penjualan hanya dengan menggunakan media sosial.

2. Sebagai Media Komunikasi

Manfaat media sosial untuk bisnis berikutnya adalah sebagai media komunikasi dengan para pelanggan. Dengan adanya komunikasi yang baik, ini sangat berguna untuk mendapatkan loyalitas pelanggan.

Ketika pelanggan sudah loyal terhadap pelayanan yang diberikan, mereka akan lebih nyaman menggunakan produk milik kita. Bahkan bisa menjadi pelanggan tetap.

Selain itu, komunikasi yang baik bisa menciptakan Brand Awareness di media sosial.

Berikut ini adalah beberapa komunikasi yang bisa dilakukan menggunakan media sosial.

A. Menyampaikan Infornasi Penting

Dengan menggunakan media sosial, kamu bisa menyampaikan informasi penting terkait produk kepada para pelanggan.

Misalnya saja informasi tanggal promo, informasi manfaat produk, atau informasi bermanfaat lainnya.

Media sosial bisa membantu semua itu. Sehingga memiliki media sosial sangatlah penting untuk kebutuhan sebuah bisnis.

B. Menerima Keluhan Pelanggan

Selanjutnya, media sosial bisa menjadi pelantara para pelanggan untuk menyampaikan keluhan terhadap produk yang mereka gunakan.

Ini sudah lumrah, tidak ada produk yang sempurna, maka dari itu—menerima keluhan pelanggan merupakan sebuah strategi agar mereka tidak beralih menggunakan produk lain.

Sehingga pelanggan akan terus nyaman dan puas dengan produk milik kita. Pastinya, keuntungan akan terus mengalir dari hari ke hari.

C. Media Penampung Aspirasi

Selain bisa menerima keluhan pelanggan, media sosial juga berfungsi untuk penampung aspirasi.

Aspirasi merupakan masukan-masukan positif dari pelanggan, yang gunanya adalah untuk memperaiki kualiatas produk dan kualitas pelayanan.

Dengan adanya aspirasi, sebuah bisnis bisa berkembang dengan cepat, karena selalu melakukan perbaikan dan update. Tentu, ini sangat disukai oleh para pelanggan.

Demikianlah penjelasan tentang manfaat media sosial untuk bisnis yang bisa dirasakan langsung. Tentu, dengan menggunakan media sosial bisnismu bisa jauh lebih berkembang.

Baca juga: Alasan Kenapa Media Sosial Penting untuk Bisnis

BERI KOMENTAR