Manfaat Membaca Buku Novel Yang Jarang Diketahui

Manfaat membaca buku novel ternyata banyak juga loh, yuk simak penjelasan yang sudah saya paparkan ini. Mulai dari pon pertama, ya.

Manfaat Membaca Buku Novel Yang Jarang Diketahui
ilustrasi freepik/@freepik

CEROBOH – Novel merupakan karangan yang berbentuk prosa panjang. Biasanya berisi mengenai cerita hidup seseorang sejak dia lahir hingga dia meninggal.

Atau sejak dia berusia tertentu hingga beberapa tahun kemudian. Nah. Orang yang menulis novel biasa disebut dengan novelis.

Meski kadang novel berisi cerita karangan, namun tentunya yang menulis novel perlu banyak riset agae terlihat nyata.

Dan tahukah kamu? Bahwa membaca novel ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk pembacanya. Mulai dari menambah pengalaman hingga bisa memberikan inspirasi untuk pembaca.

Lalu sebenarnya apa saja sih, manfaat akan kita dapatkan ketika kita membaca novel?

Berikut ini akan saya jelaskan mengenai manfaat membaca buku novel:

1. Membaca Novel Memberikan Inspirasi

Manfaat Membaca Buku Novel Yang Jarang Diketahui
foto instagram/@gabriellaacatanzaro

Di awal sudah dibahas mengenai apa itu novel. Bahwa novel merupakan kisah hidup seseorang yang panjang. Artinya di dalam novel terdapat alur, cerita, lokasi hingga kumpulan kejadian.

Dengan membaca novel, kamu tentu akan mendapatkan banyak hikmah yang tersebar di setiap bab, setiap paragraf bahkan setiap kalimatnya.

Hal ini berarti bahwa manfaat yang kamu dapatkan ketika membaca novel kamu akan mendapatkan banyak inspirasi

2. Membaca Novel Menambah Pengetahuan

Manfaat Membaca Buku Novel Yang Jarang Diketahui
foto instagram/@lea_azleeya

Hal ini sudah tidak terbantahkan lagi. Bahwa manfaat yang kita dapat dari membaca tentunya akan menambah pengetahuan untuk kita.

Apalagi di dalam novel pasti ada unsur-unsur novel seperti lokasi, waktu, tempat-tempat tertentu, tokoh tertentu, suasana tertentu hingga bahkan alam semesta.

Semisal sebuah novel berlatar belakang Rusia, novelis pasti bercerita mengenai musim di Rusia, penduduknya hingga adat-adat yang ada. Meski kita belum pernah ke Rusia, pengetahuan mengenai Rusia akan kita dapatkan dari novel tersebut.

Baca juga: Cara Menerbitkan Buku Sendiri

3. Membaca Novel Menambah Kosakata

Manfaat Membaca Buku Novel Yang Jarang Diketahui
foto instagram/@meemseenpk

Manfaat membaca novel selanjutnya selain menambah pengetahuan yaitu kamu akan mendapatkan banyak tambahan kosakata.

Kita tahu, novel terdiri dari dialog-dialog, cerita-cerita panjang hingga kalimat-kalimat yang banyak. Dengan begitu kamu akan mendapatkan banyak sekali kosakata dari dalam novel yang kamu baca.

4. Membaca Novel Mengurangi Jenuh Dan Bosan

Manfaat Membaca Buku Novel Yang Jarang Diketahui
foto instagram/@minisbirkitapci

Manfaat membaca novel berikutnya yaitu akan mengurangi rasa jenuh dan bosan. Tak dipungkiri, orang-orang yang memiliki banyak waktu luang akan diserang rasa bosan.

Buat yang hobi membaca dan sedang punya banyak waktu luang, membaca novel menjadi keseruan tersendiri. Sehingga akan mengurangi kebosanan yang menyerang.

5. Membaca Novel Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat Membaca Buku Novel Yang Jarang Diketahui
foto instagram/@nature.s.lover

Tak seperti membaca dongeng ataupun membaca cerpen, membaca novel tentu membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Sebab, kita harus mencerna setiap kata dan kalimat yang terangkai.

Kamu juga harus memahami setiap karakter para tokoh yang bertebaran di setiap bab dan setiap subbabnya. Nah, hal inilah yang akan membuat konsentrasimu menjadi naik dan meningkat.

6. Membaca Novel Menambah Kepekaan

Manfaat Membaca Buku Novel Yang Jarang Diketahui
foto instagram/@novel __mister_ti

Ketika kamu membaca sebuah novel, perasaanmu akan diaduk-aduk dengan alur cerita yang macam-macam. Mulai dari perasaan sedih, lalu sebentar kemudian perasaan bahagia atau mungkin tiba-tiba perasaan khawatir atau kaget.

Dengan banyaknya alur ini, maka secara otomatis emosi dalam dirimu akan berubah-ubah. Sehingga kepekaan sosialmu akan bertambah.

7. Membaca Novel Meningkatkan Kreatifitas

Manfaat Membaca Buku Novel Yang Jarang Diketahui
foto instagram/@mayyy__25

Manfaat membaca buku novel selanjutnya yaitu bahwa membaca novel akan membuat kekreatifitasanmu akan meningkat.

Hal ini dikarenakan, berbagai cerita unik dan di luar dugaan yang ada pada novel akan membuat kamu lebih kreatif. Baik itu dalam membuat karya, ataupun melakukan kebaikan-kebaikan di sekitar kita.

Baca juga: Kado Ulang Tahun Untuk Kakak Perempuan

8. Membaca Novel Menemukan Bahasa Baru

Manfaat Membaca Buku Novel Yang Jarang Diketahui
foto instagram/@stefanolabbia

Kita tahu, novelis-novelis yang ada biasanya akan membuat novel dengan mencampurnya dengan bahasa khas dari daerah mereka sendiri.

Misalnya saja. Jika seorang novelis berasal dari Sunda, maka kamu akan menemukan beberapa kosakata Bahasa Sunda dalam percakapan di novelnya.

Dengan begitu, kamu akan menemukan bahasa baru melalui novel yang kamu baca tersebut.

Demikian ulasan singkat saya mengenai manfaat membaca buku novel yang akan kita dapatkan. Apakah kamu termasuk salah satu orang yang hobi membaca novel?

BERI KOMENTAR