Manfaat Membawa Buku Saat Perjalanan

Ceroboh.com – Apakah kamu termasuk orang yang sering atau suka sekali melakukan perjalanan? Bahkan harus bolak-balik PP dari satu kota ke kota lain? Atau setiap minggu atau setiap bulannya?

Kerapkali, kita yang suka baca buku, selain melakukan rutinitas membaca buku ketika mau tidur, kita juga pasti melakukan rutinitas ini ketika dalam perjalanan di kereta, di bus atau bahkan di pesawat. Dan tentu orang-orang seperti ini memiliki alasan tersendiri, dong.

Seperti pengalaman yang pernah saya alami sendiri, membaca buku ketika perjalanan itu banyak untungnya loh, bagi saya pribadi. Lalu apa saja alasan yang membuat para book worm seperti saya nekat membawa buku ketika melakukan perjalanan? Inilah 6 alasan yang akan saya coba ulas satu per satu.

Membawa Buku Saat Perjalanan
Membawa Buku Saat Perjalanan

Buku Membuat Kita Lebih Cepat Tidur

Biasanya, hal paling mungkin yang dilakukan orang ketika melakukan perjalanan jauh yang bahkan sampai hitungan belasan jam, ya tidur. Tapi sayang sekali, tidur di atas kendaraan bagi sebagian orang adalah hal sulit karena ramainya suasana, tidak nyamannya keadaan dan ya, tidak bisa bebas seperti tidur di atas kasur, iya kan?

Nah, bagi saya pribadi, saya termasuk orang yang sulit tidur jika dalam perjalanan. Seringnya sih, kalau sulit tidur, saya mencoba untuk melihat pemandangan di atas jendela sambil mencari ide-ide untuk dituangkan dalam tulisan.  Nah, supaya cepat tidur, jadinya saya membaca buku karena mempercepat proses ngantuk. Alhasil memang itu berhasil. Hehehe ….

Buku Pasangan Terbaik Ketika Travelling

Tidak bisa dipungkiri, bagi sebagian besar orang, buku itu pacar terbaik dalam melakukan perjalanan, iya nggak? Hehehe …. Karena buku selalu bisa diajakin ngobrol kapan saja, di mana saja dan ndak pernah protes atau ngeluh. Bahkan, kadang perjalanan bersama ‘orang tercinta’ sekalipun malah ditinggal tidur, tapi buku enggak.

Dan buku-buku yang saya bawa biasanya adalah buku yang ringan. Bukan buku yang berat, baik secara teks ataupun konteks. Seperti novel fiksi atau buku-buku ilustrasi yang mudah dipahami.

Membaca Buku membantu Membunuh Waktumu

Biasanya perjalanan yang menghabiskan waktu sampai berjam-jam bahkan berbelas-belas jam akan membuat kita bosan. Tidur juga kadang sudah capek tidur. Apalagi kalau perjalanannya siang hari, rasanya lama sekali. Kalau malam, mah, emang jamnya tidur. Kalau siang, dan harus menunggu lama tanpa tidur itu bosan kadang.

So, memilih mengeluarkan buku dari ransel dan membacanya akan membuat waktu lama itu tidak begitu terasa saking nikmatnya menghabiskan waktu dalam uraian kata-kata dalam buku tersebut.

Buku Membuat Waktu Lebih Bermanfaat

Kalau kita menghabiskan waktu dalam perjalanan hanya dengan diam tanpa melakukan apa-apa, bagi saya pribadi, akan membuat waktu dalam perjalanan akan sia-sia belaka.

Ya, supaya tidak habis hanya untuk diam tanpa melakukan apa-apa, mending membaca buku saja. Dan waktu kita akan lebih bermanfaat.

Membaca Buku Akan Mengurangi Daftar Bacaan

Kamu suka membeli buku dan nggak habis-habis daftar bacanya? Membawanya dalam perjalanan dijamin akan mengurangi bacaan bukumu. Hehehe…