6 Manfaat Menabung Untuk Kehidupan Di Masa Depan

Manfaat menabung salah satunya adalah agar kehidupan lebih baik, jauh daripada itu masih banyak hal bermanfaat lainnya yang harus diketahui.

Manfaat Menabung Untuk Kehidupan Di Masa Depan

Ceroboh.com – Bagi  sebagian besar orang, menabung menjadi hal sepele dan tak dihiraukan.

Pasalnya, meskipun menabung adalah suatu hal yang sudah dikoar-koarkan oleh orang tua kepada anaknya sejak kecil, tapi tetap saja menabung seperti hal yang sulit dilakukan.

Apalagi jika kita adalah seorang karyawan yang gajinya pas-pasan ataupun pekerja freelance tingkat kecil yang penghasilannya tak menentu setiap bulannya.

Meskipun begitu, semestinya kita tetap harus bisa menyisihkan sebagian uang kita di rekening khusus tabungan, misalnya.

Supaya ketika kita membutuhkan biaya yang mendadak, kita tak perlu lagi mencari hutang sana-sini untuk menutupinya.

Sebenarnya jika kita memiliki literasi keuangan yang tinggi dan pandai dalam mengatur uang, tentu kita akan tetap bisa menabung bagaimanapun keadaan kita.

Berikut ini adalah 6 manfaat menabung yang wajib dipahami bersama:

Memberi Pilihan Lebih Banyak

Manfaat Menabung Untuk Kehidupan Di Masa Depan
foto instagram/@thebankbrasseriebar

Maksud dari memberi pilihan yang lebih banyak di sini adalah, misal kamu berhenti bekerja total karena suatu penyakit yang kamu derita.

Yang ternyata butuh ditutup dengan biaya berobat yang cukup mahal, maka kamu tak perlu khawatir membayar asuransi yang tinggi karena kamu memiliki cukup tabungan sebelumnya.

Dan tentu saja kamu tak perlu khawatir tentang mencari kerja baru dulu. sebab kesehatanmu lebih penting daripada bekerja, bukan?

Nah, dengan memiliki tabungan, kamu masih punya pilihan untuk memaksimalkan pengobatan penyakit yang kamu derita meski tak bekerja.

Bisa Menenangkan Pikiran

Manfaat Menabung Untuk Kehidupan Di Masa Depan
foto instagram/@john_loves_the_movies

Jika sewaktu-waktu kamu kehilangan pekerjaanmu, tentu saja kamu akan memikirkan uang sewa apartemen atau biaya pendidikan anak beberapa bulan ke depan, misalnya.

Hal ini tentu akan sangat membuat hatimu merasa was-was dan khawatir sebab pikiran tak tenang. Padahal sebelumnya ketika bekerja, keuangan baik-baik saja.

Nah, jika kamu memiliki tabungan untuk cadangan beberapa waktu ke depan, kamu tak akan khawatir nanti kamu akan menunggak bayar apartemen atau bayar biaya pendidikan anak.

Jika saja kamu kehilangan pekerjaanmu saat itu. Sebaiknya, menabung memang mesti dipikirkan sejak dini agar tak kelabakan di masa yang akan datang.

Lihat juga: Tips Menggunakan Dompet Digital

Tabungan Bisa Bekerja Untukmu

Manfaat Menabung Untuk Kehidupan Di Masa Depan
foto instagram/@mizsnatasha

Semisal kamu memiliki penghasilkan yang cukup tinggi akan tetapi ternyata pengeluaranmu sedikit, kamu bisa menabung uang tersebut dalam bentuk saham, emas ataupun reksa dana.

Atau bahkan real estate. Dengan begini, uangmu tak akan mengendap di rekening dengan jumlah segitu-gitu aja. Sebab uang akan bekerja untukmu dalam bentuk yang lain.

Sebaiknya, kamu memang menabungkan uangmu dalam bentuk saham ataupun emas agar tak nganggur di rekeningmu.

Mencegahmu Dari Berhutang

Manfaat Menabung Untuk Kehidupan Di Masa Depan
foto instagram/@retrofromscratch

Manfaat menabung selanjutnya adalah supaya kita terhindar dari kebiasaan berhutang.

Jika hal-hal yang tak terduga terjadi dalam hidupmu, seperti kecelakaan atau apapun itu, sering sekali hal yang paling instan cara mendapatkan biayanya adalah meminjam uang di bank tertentu.

Padahal kan, jika dipikir-pikir berhutang dari bank akan membuatmu terlilit bunga yang besar. Semakin lama membayarnya, tentu bunganya akan semakin bertambah.

Nah, jika sebelumnya sudah memiliki tabungan tentu tak akan kepikiran untuk berhutang, bukan?

Mengajarkan Kedisiplinan

Manfaat Menabung Untuk Kehidupan Di Masa Depan
foto instagram/@pyy.ngoc

Jika ditelisik lebih dalam lagi, ternyata salah satu cara efektif untuk belajar disiplin adalah menabung.

Misalnya saja, kamu sudah menetapkan berapa uang yang harus kamu tabung dalam jangka waktu tertentu misalkan perhari, perminggu ataupun perbulan. Konsisten saja.

Maka, lama-lama kamu akan belajar disiplin dari aktifitas menabungmu. Dengan begitu, kamu akan lebih pandai dalam pengelolaan uang yang kamu miliki.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Setelah Memiliki Anak

Belajar Bersabar

Manfaat Menabung Untuk Kehidupan Di Masa Depan
foto instagram/@thebankbrasseriebar

Tahu tidak, bahwa selain belajar disiplin, menabung juga mengajarkan kita untuk bersabar.

Bersabar atas apa-apa yang disebut kebutuhan, ataupun hanya sekadar keinginan.

Jika kamu terus disiplin menabung, maka kamu akan bersabar untuk menahan keinginan ini dan itu padahal harus memperhatikan skala prioritas.

Jika sudah tahu manfaat menabung, yuk, mulai sekarang lebih disiplin lagi untuk menabung. Sebab dengan menabung, ia akan membentuk dirimu menjadi kepribadian yang lebih baik dari sebelumnya. Selamat menabung!

BERI KOMENTAR