7 Alasan Kenapa Media Sosial Penting untuk Bisnis

Saat ini, media sosial penting untuk bisnis sebab dengan bantuan media sosial, bisnis akan semakin mudah dikenal khalayak. Berikut alasannya!

Alasan Kenapa Media Sosial Penting untuk Bisnis
ilustrasi envato element/@twiri

CEROBOH – Media sosial merupakan teknologi kekinian yang bisa mendekatkan sesama penggunanya. Dengan adanya media sosial setiap orang bisa berinteraksi dengan siapapun di manapun.

Mulai dari update status kegiatan sehari-hari, berkomentar, chating, hingga melakukan kegiantan promosi bisa digunakan oleh para penggunanya.

Tak aneh, jika saat ini media sosial banayak sekali yang menggunakannya. Baik itu Facebook, Instagram, Twitter dan media sosial lainnya.

Setiap orang memiliki akun media sosial sesuai dengan kenyamanannya masing masing.

Nah, hal ini menjadi sebuah peluang besar di dunia marketing. Terutama untuk bisnis yang bisa dipasarkan secara online.

Dan, akan menjadi ketinggalan zaman, ketika sebuah bisnis tidak dipasarkan melalui media sosial. Sehingga, saat ini media sosial menjadi sebuah peluang pasar yang besar bagi para pebisnis.

Mengapa sih media sosial sangat penting untuk pertumbuhan sebuah bisnis?

Berikut ini adalah penjelasan tentang 7 alasan kenapa media sosial penting untuk bisnis yang sedang dijalani:

1. Memperluas Jangkauan Audience

Memperluas Jangkauan Audience

Sebuah bisnis, sudah pasti ingin menjangkau audience dengan luas. Atau ingin dikenal oleh banyak orang.

Semakin luas jangkauan audience, semakin besar juga kemungkinan mereka membeli produk kita.

Nah, dengan bantuan media sosial ini sangat berpotensi untuk menjangkau audience yang sangat luas. Bahkan tanpa batasan wilayah. Artinya, dengan mengenalkan bisnis di media sosial, produkmu bisa dilihat oleh banyak orang.

Dengan demikian, akan semakin mudah mendapatkan pelanggan baru.

2. Lebih Dekat Dengan Pelanggan

Lebih Dekat Dengan Pelanggan

Adanya media sosial, ini juga bisa meningkatkan interaksi dengan pelanggan. Dengan adanya interaksi yang baik, tentu bisa menjadikan lebih dekat dengan pelanggan.

Semakin dekat dengan pelanggan, maka akan meningkatkan loyalitas mereka kepada kita.

Ketika loyalitas pelanggan sudah tinggi, otomatis mereka tidak akan sungkan lagi untuk menggunakan produk milik kita. Bahkan kemungkinan berlangganan semakin tinggi.

Sehingga menggunakan media sosial untuk keperluan bisnis, menjadi sebuah langkah penting untuk mendapatkan pelanggan yang loyal.

Baca juga: Cara Membuat Konten Viral Di Media Sosial

3. Sebagai Media Aspirasi

Sebagai Media Aspirasi

Alasan kenapa media sosial penting untuk bisnis yang berikutnya adalah karena bisa menjadi media aspirasi para pelanggan.

Dengan adanya media sosial pelanggan bisa memberikan masukan, memberikan saran atau melakukan komplen jika ada kekurangan.

Nah, ini juga bisa menjaga kepercayaan pelanggan. Karena mereka bisa menyampaikan aspirasinya dengan mudah.

4. Mempermudah Beriklan

Media Sosial Penting untuk Bisnis

Salah satu kegiatan marketing yang bisa dilakukan adalah dengan cara beriklan. Nah, beriklan ini bisa dilakukan di media sosial.

Kelebihan menggunakan media sosial yaitu bisa beriklan dengan berbagai metode. Kamu bisa beriklan dengan gratis atau manual. Dan jika ingin menjangkau audience yang lebih luas, maka bisa menggunakan iklan berbayar.

Adanya media sosial, bisa mempermudah mengiklankan bisnis yang sedang dijalani. Dan di zaman yang serba online ini, akan semakin tertinggal, jika tidak beriklan di media sosial.

5. Memperkuat Image Branding

Memperkuat Image Branding

Membangun image branding bisa dilakukan dengan menggunakan media sosial. Dan ini merupakan cara termudah untuk membranding sebuah bisnis.

Dengan bantuan media sosial kamu bisa membuat konten berkarakter—yang sesuai dengan branding yang diinginkan.

Sudah banyak perusahaan besar saat ini yang memanfaatkan media sosial hanya untuk memperkuat brandingnya. Coba perhatikan produk-produk yang terkenal dipasaran. Kemudian perhatikan akun media sosialnya.

Tentu mereka sangat serius dalam mengorganisir akun media sosial.

6. Sebagai Katalog Produk

Media Sosial Penting untuk Bisnis

Media sosial bisa memposting katalg produk yang kita jual, nah ini juga bisa menjadi alasan kenapa sosial media sangat berguna untuk bisnis.

Sehingga, dengan adanya media sosial, pelanggan bisa melihat-lihat produk yang ditawarkan. Dan ini merupakan sebuah terobosan untuk membantu para pelanggan.

Sehingga mereka tidak bingung untuk mencari produk yang mereka inginkan.

Selain itu, membuat katalog di media sosial—juga bisa memangkas biaya dalam pembuatan katalog. Tentu ini akan lebih ekonomis jika dibandingkan dengan membuat katalog di website atau media cetak seperti poster atau banner.

Lihat juga: Tips Media Sosial Marketing Untuk Pemula

7. Meningkatkan Penjualan

Meningkatkan Penjualan

Alasan 1-6 yang sudah dijelaskan, semuanya bertuajuan satu, yaitu “untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya”. Nah inilah alasan yang paling penting, kenapa media sosial sangat dibututhkan dalam menjalankan sebuah usaha.

Demikianlah pemabahasan saya mengenai alasan kenapa media sosial penting untuk bisnis. Mulai saat ini, jangan ragu lagi untuk menggunakan media sosial sebagai sarana promosi.

BERI KOMENTAR