7 Cara Menagih Hutang ke Saudara Tanpa Menyakiti Hatinya

Kadang bingung ketika mau menagih hutang ke saudara, takut berujung merenggangkan persaudaraan. Silahkan coba cara ini untuk menyiasatinya.

Cara Menagih Hutang ke Saudara Tanpa Menyakiti Hatinya
Ilustrasi Freepik/@macrovector

CEROBOH – Kini entah mengapa mulai banyak kasus yang marak terjadi mengenai hutang pihutang. Mulai dari teman yang ditagih justru lebih galak, hingga saudara sendiri yang putus silaturahim disebabkan hutang.

Fenomena ini memang kadang susah untuk ditangani. Jika kita ingin menagih hutang kepada saudara, semestinya kita harus sangat berhati-hati. Ini dikarenakan dengan menagih hutang pun kita harus menjaga hubungan kita tetap harmonis.

Namun kadang malah bikin ga enak hati karena saudara tak tahu diri. Hutang yang jatuh tempo tak juga dibayar-bayar padahal kita sendiri butuh. Mau kesal, tapi saudara. Didiamkan, semakin menjadi.

Lalu, bagaimana cara menagih hutang kepada saudara tanpa melukai perasaannya?

Inilah 7 cara menagih hutang ke saudara yang sulit membayar:

1. Diingatkan Melalu Chat

Cara Menagih Hutang ke Saudara Tanpa Menyakiti Hatinya

Berkembangnya media digital membuat komunikasi bisa melalui aplikasi-aplikasi chatting. Misalnya saja melalui aplikasi messager berupa Whatsapp.

Jika tak enak menagih hutang dengan tatap muka langsung, kamu bisa mengirimkan pesanmu Whatsapp.

Dengan begitu, perasaan tak enakmu bisa terminimalisir dengan tak langsung bertatap muka. Ini juga akan mengurangi rasa malu saudaramu tersebut.

Biasanya mereka akan malu karena ada orang yang langsung ke rumahnya dengan tujuan menagih hutang. Dan tetangga mendengar percakapan kalian.

Baca juga: Gaji UMR S1 Bisa untuk Apa

2. Datang Langsung Ke Rumahnya

Cara Menagih Hutang ke Saudara Tanpa Menyakiti Hatinya

Jika melalui pesan Whatsapp saudaramu masih tak kunjung membayarnya. Padahal sudah berkali-kali menagihnya. Kamu bisa mendatanginya langsung ke rumahnya.

Namun tetap harus sopan tanpa menyatakan perang dunia ketiga, ya. Dan tentunya harus berbicara pelan di antara ngobrol ringan yang dibuat sebelumnya.

Mungkin dengan mendatangi ke rumahnya dia akan nggak enak hati dan segera berusaha untuk membayar hutangmu.

3. Dengan Komunikasi yang Baik

Cara Menagih Hutang ke Saudara Tanpa Menyakiti Hatinya

Seperti yang dijelaskan sekilas sebelumnya, jangan terburu-buru menyatakan perang dunia ketiga. Datang ke rumah saudaramu dengan berapi-api dan dengan nada bicara yang tinggi. Ini bisa menjadi cara menagih hutang ke saudara yang paling mudah.

Komunikasikanlah dengan baik dan sopan. Siapa tahu saudaramu memang benar-benar belum bisa membayarnya. Dan saat itu juga sedang berusaha mencarinya. Namun tak kunjung-kunjung mendapatkannya.

Kalau kamu menagih dengan halus dan komunikasi yang baik, tentu dia akan segan dan mungkin semakin sadar bahwa kamu juga butuh uangmu yang dia pinjam.

4. Beri Tahu Kamu Sedang Membutuhkan

Cara Menagih Hutang ke Saudara Tanpa Menyakiti Hatinya

Selanjutnya tagihlah hutang saudaramu dengan menceritakan dengan baik. Bahwa kamu saat itu sedang membutuhkan uang tersebut.

Dengan begitu, mungkin dia akan sadar karena kamu juga sedang butuh. Jadi, dia akan segera melunasi hutang secepatnya.

5. Memberikan Pilihan Alternatif

Cara Menagih Hutang ke Saudara Tanpa Menyakiti Hatinya

Cara menagih hutang ke saudara agar tak sakit hati bisa dengan cara memberikan pilihan alternatif.

Misalnya. Kamu bisa memberikan pilihan bahwa minta saudaramu membayar separuh saja. Dengan alasan dia adalah saudara.

Jadi dengan begitu dia tak sakit hati karena kamu menagihnya padahal uangnya belum ada, atau bisa jadi kurang.

6. Memberi Tenggang Waktu

Cara Menagih Hutang ke Saudara Tanpa Menyakiti Hatinya

Jika kamu menagih hutang kepada saudaramu namun tak kunjung dibayar, kamu bisa memberikannya tenggang waktu sedikit lagi.

Misalnya saja. Kamu memberikan tenggang waktu seminggu lagi untuk membayarnya. Jadi, dia tak sakit hati. Mungkin saja hari itu dia memang tak ada uang dan sedang berusaha mencarinya.

Lihat juga: Produk Kebebasan Finansial

7. Tidak Memberi Hutang

Cara Menagih Hutang ke Saudara Tanpa Menyakiti Hatinya

Cara terakhir jika kamu memang kesusahan menagih hutang saudaramu. Sedangkan kamu tak ingin menyakiti saudaramu. Lalukan tindakan tegas sejak awal. Bahwa kamu tak mau memberikan hutang kepada saudaramu tersebut.

Sebenarnya itu cara yang paling efektif untuk menjaga keharmonisan antar saudara. Jadi, jika ingin tetap harmonis, pilihlah untuk tak memberikan hutang saja, ya!

Itulah bebebapa cara menagih hutang ke saudara yang bisa kamu terapkan agar tidak melukai perasaan saudaramu. Jadi, kamu sudah ada pilihan menagih dengan cara apa?

BERI KOMENTAR