10 Cara Menemukan Potensi Diri yang Masih Terpendam

Sudahkah kamu menemukan potensi diri yang masih terpendam? Jika belum, ada baiknya kamu mempelajari langkah-langkah yang saya jelaskan ini.

Cara Menemukan Potensi Diri yang Masih Terpendam
Ilustrasi Freepik/@Freepik

CEROBOH – Kamu pernah tidak, merasa bingung mengenai apa sih sebenarnya tujuan hidupmu? Kamu merasa clueless setengah mati. Rileks saja. Itu bukan berarti kamu tak memiliki potensi apa-apa dalam dirimu, kok. Hanya saja kamu belum menemukannya.

Kamu hanya perlu sedikit waktu lagi untuk bersabar. Setiap orang kan, punya jalan dan waktunya sendiri-sendiri, bukan?

Memang. Menemukan potensi yang ada di dalam diri kadang sulit. Bahkan ada orang-orang yang harus memulai dari awal lagi karena dia salah jalan sejak pertama.

Parahnya, ada jenis orang yang hingga kini tak kunjung menemukan jati dirinya dikarenakan sejak cara melangkahnya saja dia sudah bingung dan tak tahu harus memulai dari mana.

Lalu, bagaimana sih cara menemukan potensi diri yang masih terpendam?

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menggali potensi diri untuk mencapai kesuksesan:

1. Belajar Mengenali Diri Sendiri

Cara Menemukan Potensi Diri yang Masih Terpendam

Untuk membangkitkan potensi diri, yang pertama musti kamu lakukan adalah dengan belajar mengenali diri sendiri. Artinya, kamu harus menemukan keunggulan dalam dirimu, sekaligus kekurangan yang ada di dalamnya.

Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa menemukan keunggulan juga kekurangan yang ada pada diri kita? Nah, kamu bisa dengan bertanya kepada orang-orang dekatmu yang ada di sekitarmu.

Contoh saja. Sebenarnya yang tak disukai atau yang disukai dari dirimu itu apa? Jika tak suka, bagaimana aku harus memperbaikinya, misalnya.

Siapkan telinga lebar dan hati yang lapang. Jangan tersinggung dengan perkataan jujur mereka. Ke depan pasti kamu bisa lebih mengenal dirimu sendiri. Yang selanjutnya akan bisa membuatmu menemukan potensi yang ada pada dirimu.

Lihat juga: Cara Menagih Hutang ke Saudara

2. Jawab Pertanyaan: Apa yang Kamu Sukai?

Cara Menemukan Potensi Diri yang Masih Terpendam

Langkah selanjutnya untuk menemukan potensi dalam dirimu adalah dengan menjawab pertanyaan: sebenarnya apa sih, yang aku sukai selama ini?

Jawab pertanyaan tersebut di depan cermin. Renungkan dalam-dalam sembari berpikir. Misal ternyata kamu menyukai menulis, kamu bisa menggali potensi menulismu lebih dalam. Terus belajar menulis hingga segala potensi tentang bakat tersebut naik ke permukaan.

Setelah naik ke permukaan, kamu bisa mengasahnya hingga potensi menulismu semakin tajam.

3. Yakin pada Kemampuan yang Dimiliki

Cara Menemukan Potensi Diri yang Masih Terpendam

“Sing penting yakin.”

Itu yang sering diceletukkan orang-orang ketika mereka ingin memulai sesuatu. Sebab satu-satunya yang paling bisa meyakinkan diri kita ya diri kita sendiri. Orang lain hanyalah support system saja. Sebab, kita yang menjalaninya.

Jika kita meyakini kita memiliki kemampuan tentang suatu hal, kemungkinan besar potensi diri yang terpendam dalam diri akan tergali. Cara menemukan potensi diri ini bisa kamu coba.

Dalam semua hal yang ada di hidup ini, keyakinan adalah hal yang paling penting.

4. Menyingkirkan Rasa Takut Gagal

Cara Menemukan Potensi Diri yang Masih Terpendam

Jika ingin mengenali potensi diri lebih dalam, cara selanjutnya adalah kamu harus menyingkirkan rasa takut akan kegagalan ketika ingin mencoba sesuatu.

Berpikir mengenai kegagalan akan memunculkan rasa cemas dan ragu-ragu mengenai potensi diri kita sendiri. Katanya, kegagalan merupakan tangga untuk menaiki kesuksesan. Jadi, jika mengalami kegagalan buang jauh-jauh rasa takut dan cemas yang ada di pikiranmu.

Gagal itu wajar. Yang nggak wajar adalah menyerah untuk berusaha. Jadi sebaiknya jadikan kegagalan sebagai pembelajaran.

Baca juga: Gaji UMR S1 Bisa untuk Apa?

5. Buat Tujuan Hidupmu dengan Jelas

Cara Menemukan Potensi Diri yang Masih Terpendam

Sebuah tujuan yang jelas akan mengantarkan kita ke arah mana kita semestinya berlabuh. Tanpa tujuan jelas, tentu saja kamu akan bingung, arah mana yang harus kamu pilih.

Dengan mengetahui ke arah mana tempat tujuanmu, kamu akan bisa memanfaatkan potensi dirimu dengan maksimal.

Namun perlu dicatat baik-baik. Tujuan hidup yang jelas tak sekadar ingin menjadi orang sukses di masa depan, misalnya. Menjadi orang sukses pastilah dimulai dari hal kecil.

Contohnya, kamu bangun pagi, disiplin dan berpikir positif setiap hari. Mandi yang teratur agar semangat tetap terjaga. Nah, itu hal-hal kecil yang memengaruhi tujuan besar hidupmu. Agar potensi dirimu semakin tergali.

6. Memulai Langkah Pertama (Action)

Cara Menemukan Potensi Diri yang Masih Terpendam

Jika kamu sudah mengenali dirimu dengan baik, berhasil menyingkirkan rasa takut gagal serta tujuan hidupmu semakin jelas. Langkah selanjutnya untuk menemukan potensi diri berikutnya adalah mulai action.  Mulailah langkah pertamamu—dengan penuh semangat.

Tak akan ada berubah jika tak ada langkah. Tak akan ada yang berpindah jika tak memulai aksi pertama. Mengenali potensi diri haruslah dengan aksi nyata.

Tak sekadar teori. Namun praktik yang nyata adalah sebuah hal yang sangat penting. Selanjutnya, dengan keyakinan tinggi mulailah langkah pertamamu dalam menggali potensi dalam dirimu.

7. Membuat Ceklis Pencapaian

Cara Menemukan Potensi Diri yang Masih Terpendam

Jangan malas untuk membuat list atas hal-hal yang telah kamu raih selama ini. Ini akan membuatmu lebih menghargai dan mengapresiasi dirimu sendiri.

Jika di tengah jalan kamu mengalami kendala-kendala tertentu saat meraih pencapaian lain, kamu akan lebih mudah dalam menghadapi dan menanganinya.

Selain itu, kepercayaan dirimu yang sempat menciut akan mengembang lagi setelah membaca list pencapaianmu. Sebab, pencapaian besar berawal pencapaian-pencapaian kecil yang pernah dilakukan.

8. Tidak Perlu Membanding-bandingkan

Cara Menemukan Potensi Diri yang Masih Terpendam

Untuk bisa menemukan potensi dalam diri, sebaiknya kamu berhenti untuk membanding-bandingkan dan memilih untuk fokus kepada diri sendiri saja.

Jika kamu terus membandingkan dirimu dengan orang lain, kamu akan capek sendiri. Dan akibatnya kamu semakin sulit untuk menemukan potensi dirimu.

Ingat, ya. Fokus diri sendiri saja. Membandingkan dengan orang lain adalah pekerjaan yang sia-sia bahkan akan merugikanmu.

9. Carilah Lingkungan yang Produktif

Cara Menemukan Potensi Diri yang Masih Terpendam

Mencari lingkungan produktif juga sangat penting untuk mengenali potensi diri sendiri. Jika lingkunganmu adalah lingkungan yang produktif, tentu saja kamu akan ikut produktif juga.

Mengingat pepatah yang bilang bahwa berteman dengan penjual minyak wangi, kamu akan ikut wangi juga.

Jika kamu produktif, kamu akan mudah untuk menemukan potensi dari dalam dirimu yang selama ini terpendam, bahkan di tempat yang sangat dalam sekali pun.

Lihat juga: Hobi Yang Bisa Menghasilkan Uang

10. Anggaplah Masa Depan Sudah Menjadi Milikmu

Cara Menemukan Potensi Diri yang Masih Terpendam

Untuk bisa mengganggap masa depan menjadi milikmu, yang kamu butuhkan adalah rasa yakin yang tinggi.

Yakinlah bahwa di masa depan, kamu akan menjadi orang sukses. Dengan meyakini bahwa masa depan akan menjadi milikmu, ini akan memudahkanmu untuk mengenali potensi dari dalam diri.

Nah, sudah tahu kan, apa saja langkah yang perlu dilakukan untuk menemukan potensi diri? Dengan mengenali potensi diri yang terpendam, akan membuat percaya bahwa di depan, kamu akan mendapatkan kesuksesan.

BERI KOMENTAR