Inilah 6 Cara Mengoptimalkan Uang Receh

Kali ini saya akan membahas cara-cara mengoptimalkan uang receh agar lebih bermanfaat dan memiliki nilai jual. Mau tau caranya? Yuk, simak!

Cara Mengoptimalkan Uang Receh
ilustrasi freepik / @pch.vector

CEROBOH – Jika kamu memahami dengan utuh tentang arti istilah yang berbunyi, “Sedikit demi sedikit, maka lama-lama akan menjadi sebuah bukit” Kamu tentu tak akan mengecilkan keberadaan uang receh yang kamu punya.

Misalnya saja. Jika kamu mengumpulkan uang recehmu sehari 2000 rupiah saja, tentu sebulan akan mendapatkan sebanyak 60.000 rupiah. Bagaimana kalau setahun, atau dua tahun? Pasti sudah banyak, bukan?

Nah, pada sebuah kasus ada sepasang suami istri dari Majalengka yang membeli mobilnya dengan pecahan uang 500 perak dan seribu perak yang ia kumpulkan sedikit demi sedikit secara konsisten.

Bahkan uang recehnya mencapai 40 juta loh. Sisanya menggunakan uang kertas untuk membayarnya.

Namun nyatanya banyak yang masih menyepelekan keberadaan uang receh. Padahal jika penggunaannya dioptimalkan, justru bisa menjadi penyelamat di masa mendatang.

Nah. Lalu bagaimana cara memaksimalkan penggunaan uang receh?

Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara-cara mengoptimalkan uang receh agar bisa lebih bermanfaat:

1. Menjadikan Uang Receh Untuk Koleksi Pribadi

Tips Mengoptimalkan Uang Receh
Fotonya @wisesa.christian

Cara pertama untuk memaksimalkan dan menghargai uang receh adalah dengan menjadikannya koleksi pribadi. Ini dikarenakan, ternyata uang receh bernilai investasi.

Uang receh di masa depan, semakin lama umurnya akan semakin tinggi nilainya. Dan tentu, semakin tinggi harga jualnya. Kamu bisa menjualnya kepada kolektor-kolektor yang hobi mengoleksi barang kuno.

Misalnya saja. Jika kamu amati, uang 100 rupiah kertas yang dibuat tahun 1948 ternyata bisa mencapai jutaan harganya. Nggak percaya? Coba cek di marketplace-marketplace pasti ada kok.

Baca juga: Ciri Tercapainya Kebebasan Finansial

2. Anggap Uang Receh Adalah Tabunganmu

Sengaja menyisihkan uang-uang receh kemudian dimasukkan celengan memang terasa sulit. Apalagi nilainya segitu-gitu doang. Padahal istilah sedikit-sedikit menjadi bukit itu nyata. Asal konsisten.

Coba deh, kamu sehari menabung 1000 atau 500 rupiah aja sehari, sebulan kamu sudah mendapatkan lumayan loh. Jadi jangan sampai disepelekan.

Pun uang receh yang kita tabung ternyata bisa ditukar dengan uang kertas. Jadi kan saya kalau hanya dianggurin ditaruh sembarangan tempat. Sebaiknya disisihkan saja, ya.

3. Pakailah Uang Receh Untuk Kebutuhan Mendadak

Ini berlaku bagi orang-orang yang ngekos. Umumnya sih mahasiswa yang uang sakunya masih bergantung kepada kedua orang tua.

Coba deh. Jika kamu belum mendapatkan transferan uang dari orang tuamu, kamu bisa mengandalkan uang-uang receh yang kamu simpan di sakumu. Atau di laci meja belajarmu.

Bahkan jika persediaan beras dan belanjaanmu habis semua. Uang recehmu bisa kamu belikan mie instan. Lumayan bisa mengenyangkan kan, kalau mie instan?

Mie instan akan bisa mengganjal perutmu seharian meski tanpa jajan atau makan nasi.

Lihat juga: Rahasia Kebebasan Finansial

4. Jadikanlah Media Belajar Menabung Anak

Mengoptimalkan uang receh bisa digunakan untuk mengajarkan anak menabung. Ini berlaku buat kamu yang sudah memiliki anak usia dini, atau TK, misalnya. Kamu bisa menjadikan uang receh sebagai media mereka untuk belajar menabung.

Tak bisa dipungkiri. Berkat adanya uang receh, para orang tua bisa mengajari anaknya menabung dengan baik dan benar.

Biasanya para orang tua akan membelikan celengan berbentuk hewan atau mungkin kartun kesukaannya. Nah, pasti mereka senang menabungnya. Dan dia akan semakin berantusias untuk terus menabung.

Dan memang lebih efektif menggunakan uang receh kan, ketimbang uang kertas? Karena uang receh tinggal dicemplungin aja tanpa harus repot melipatnya.

5. Gunakan Receh Untuk Membayar Parkir

Uang receh yang kamu punya akan berguna sekali jika kamu berkendara dengan kendaraan pribadi. Baik menggunakan mobil maupun menggunakan motor.

Jika kamu mampir ke toko-toko seperti alfamart atau indomaret, sebagian besar pasti ada tukang parkir di sana. Meski memang ada pula yang tak ada.

Nah, dengan memiliki receh juga akan memudahkan para tukang parkir untuk memberikan kembalian (Ini kalau kamu meminta kembalian).

Baca juga: Tips Memilih Bank untuk Menabung

6. Gunakan Uang Receh Untuk Pengamen

Nah. Uang receh juga akan berguna jika kamu berada di jalan, mengendarai bis biasa (bukan bis patas). Biasa di perjalanan sampai tujuan kamu akan menemukan banyak sekali pengamen.

Jika pengamennya lebih dari tujuh, misalnya. Uang receh sangat berguna sekali untuk kamu dalam membagikannya ke mereka.

Itulah beberapa cara yang mungkin bisa diterapkan untukmu mengoptimalkan uang receh yang kamu miliki. Jadi, setelah membaca ini, jangan sampai meremehkan eksistensi uang receh lagi, ya?

Sebab uang receh ternyata memiliki banyak sekali manfaat jika kita pintar dalam memanfaatkannya.

BERI KOMENTAR