Cara Meningkatkan Motivasi Karyawan Ketika Bekerja

8 Cara Meningkatkan Motivasi Karyawan Ketika Bekerja

Meningkatkan motivasi karyawan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas kerja seorang karyawan. Ini, sangatlah penting!
Total
0
Shares

Meningkatkan motivasi karyawan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas kerja seorang karyawan. Sehingga ini merupakan hal penting di sebuah perusahaan, cobalah cara-cara ini!

Cara Meningkatkan Motivasi Karyawan Ketika Bekerja
Foto dari freepik/@senivpetro

CEROBOH.COM – Dalam kondisi-kondisi tertentu, beberapa karyawan dalam sebuah perusahaan tentunya pernah mengalami yang namanya lessmotivation. Atau biasa disebut hilangnya motivasi kerja. Dan dampaknya, hal seperti ini akan membuat perusahaan tersebut akan menurun juga kefektifitasannya.

Nah, sebagai atasan, memberikan motivasi kerja untuk para karyawan bisa dikatakan sebuah kewajiban atasan. Seperti yang sudah dikatakan, kinerja karyawan sangat berpengaruh ada efektifitas perusahaan. Bukankah setiap kita selalu bercita-cita ingin memiliki karyawan yang rajin, telaten dan hasil kerjanya memuaskan?

Jika karyawan bekerja dengan baik, tentu akan berdampak pada perusahaan yang mengalami perkembangan yang pesat, bukan?

Bagaimana sih cara meningkatkan motivasi karyawan di perusahaan?

Marilah kita simak hal-hal di bawah ini beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai atasan untuk memberikan motivasi kepada karyawan di perusahaan kita:

1. Berikan Apresiasi Atau Reward Untuk Karyawan

Cara pertama yang tentu kita lakukan untuk motivasi karyawan di perusahaan adalah dengan menerapkan program reward atau memberikan apresiasi tertentu untuk karyawan. Tentu semua orang suka reward dong! Siapa sih tidak suka reward?

Lalu caranya bagaimana? Nah, untuk memberikan reward kepada karyawan kamu bisa memberikan pujian sesekali. Semua orang suka dong kalau dipuji-puji. Selain pujian, kita juga bisa memberikan hadiah tertentu. Misalnya memberikan hadiah perbulan jika pekerjaannya bagus dan memuaskan

2. Berikan Arahan Tentang Karir Karyawan

Dengan memberikan arahan mengenai karier karyawan, tentu saja karyawan akan tidak akan ragu untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan penuh semangat. Ketahuilah potensi-potensi karyawan secara baik dan detail. Setelah mengetahui, kamu bisa memberikan arahan sesuai potensi yang dimilikinya tersebut.

Misalnya jika karyawan D pandai dalam mengolah program, kamu bisa memberikannya fasilitas mengikuti kelas programmer. Dengan begitu, dia pasti akan bersemangat untuk bekerja karena merasa didukung.

Baca juga: Cara Memilih Karyawan Secara Efektif dan Selektif

3. Jadilah Pendengar Yang Baik Untuk Karyawan

Cara meningkatkan motivasi karyawan yang berikutnya adalah menjadi pendengar yang baik untuk karyawan. Ini merupakan kemampuan yang tidak setiap atasan miliki adalah kemampuan mendengarkan karyawan. Jika kita sebagai atasan bisa mendengarkan, kita adalah atasan yang hebat. Jadi, jika karyawan memberikan pendapat maka dengarkanlah dan hargai pendapatnya tersebut.

Syukur-syukur pendapat tersebut bisa diterapkan perusahaan. Barangkali bisa membuat kontribusi berharga dan maksimal untuk perusahaan, bukan?

4. Buatlah Suasana Menyenangkan di Kantor

Selanjutnya untuk memberikan motivasi karyawan, kamu bisa membuat suasana atau atmosfer yang menyenangkan. Misalnya saja, membuat tempat kerja yang nyaman di kantor akan membuat karyawan lebih semangat untuk bekerja.

Selain suasana tempat kerja, suasana antar karyawan juga penting. Terkadang ada beberapa hal antar karyawan yang tidak bisa mereka ungkapkan satu sama lain. Jadi, mereka memilih untuk curhat dan bercerita kepada

5. Jika Karyawan Melakukan Kesalahan, Jangan Tegur di Depan Karyawan Lain

Adakalanaya seorang karyawan melakukan kesalahan. Baik itu kesalahan yang bersifat biasa, maupun kesalahan yang bersifat fatal.

Hal semacam ini merupakan sesuatu yang sudah lumrah, karena tidak ada karyawan yang 100% selalu benar. Namanya juga manusia bukan?

Ketika karyawan melakukan kesalahan, secara mental ia juga sudah menurun sehingga bisa menurunkan produktifitas kerjanya. Selaku pimpinan kamu harus bisa mengatasinya—tanpa harus menyakiti perasaan karyawan tersebut.

Cara meningkatkan motivasi karyawan pada kasus ini adalah dengan memberikan teguran atau arahan secara pribadi . Tidak menegur di depan karyawan lainnya. Dengan cara ini, akan lebih menjaga mental si karyawan. Dan ia bisa dengan mudah memperbaiki kesalahan yang sudah dibuatnya.

6. Mengadakan Acara di Luar Kantor, Seperti Gathring Keluarga

Setelah disibukan dengan banyaknya pekerjaan di kantor, berhari-hari kerja, berbulan-bulan kerja. Biasanya rutinitas kerja yang membosankan bisa menurunkan produktifitas seorang karyawan. Sehingga menurunkan motivasi kerja para karyawan.

Jika sudah di titik ini, selaku pemilik perusahaan, kamu harus bisa merangkul mereka. Agar produktifitas dan motivasi kerjanya meningkat lagi.

Nah, salah satunya agar mereka semangat lagi bekerja, perusahaan bisa mengadakan acara liburan, rekreasi atau gathering keluarga karyawan.

Hal semacam ini bisa meningkatkan motivasi karyawan. Produktifitas karyawan bisa fresh lagi. Selain itu, fasilitas liburan dari perusahaan bisa meningkatkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan.

7. Mengadakan Acara Seminar Motivasi

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, ketika karyawan mencapai titik jenuh dalam bekerja. Maka semangatnya harus dibangkitkan lagi. Selain dengan cara mengadakan gathering keluarga, perusahaan bisa mengadakan seminar motivasi.

Acara seminar motivasi karyawan ini terbukti bisa meningkatkan motivasi karyawan yang semakin menurun. Semangat seorang motivator yang membara bisa menular kepada para karyawan perusahaan yang kamu pimpin.

Baca juga: Ide Usaha Untuk Karyawan, Bisa Menambah Penghasilan!

8. Memberikan Tanggung Jawab Sesuai Job Desk/Kontrak

Terakhir, hal yang sangat fatal dan tidak disadari oleh seorang pimpinan adalah memberikan pekerjaan yang berlebih atau tidak sesuai job desk. Atau juga tidak sesuai dengan kontrak yang disepakati.

Misalnya saja, pada kontrak kerja bahwa tugas karyawan A adalah menjadi desainer grafis. Namun pada pelaksanaannya, karyawan A juga ditugaskan untuk packing kemasan produk.

Hal semacam ini, tentu sangat fatal. Karena bisa menurunkan produktifitas karyawan. Selain tidak memposisikan sesuai keahliannya, ini juga sudah melanggar kontrak yang disepakati.

Imbasnya karyawan akan bekerja secara asal-asalan, tanpa memperhatikan kualitas kerjanya. Maka dari itu, untuk meningkatkan motivasi karyawan yaitu dengan cara memanusiakan mereka. Memberikan pekerjaan sesuai job desk, atau sesuai kontrak yang disepakati.

Demikianlah beberapa cara untuk meningkatkan motivasi kerja para karyawan. Kamu bisa mencobanya dari poin pertama terlebih dahulu.

4.9/5 - (32 votes)
Leave a Reply
You May Also Like